Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau tahun 2020 sudah disahkan pada Rabu (27/11/2019) malam sebesar Rp 10,216 tril" />
www.beritaintermezo.com
03:56 WIB - Reses Dikelurahan Bagan Kota, Anggota DPRD Riau Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Rohil | 03:54 WIB - Uniknya Cara Crew Leader Sosialisasi Karhutla di masa Pademi | 09:58 WIB - Diresmikan Wabup, Polres Rohil Launching Kampung Tangguh Nusantara | 09:51 WIB - Jauh Dari Pasien Covid-19, Kasus DBD di Pekanbaru Capai 417 Kasus | 09:45 WIB - Pulang Kampung, Danrem 031/Wira Bima Disambut Hangat Masyarakat | 09:41 WIB - Tutup Gereja HKBP Tampan, Raya Nainggolan : Walikota Tuan Firdaus Ingkar Janji dan Langgar HAM
APBD Riau 2020 Tanpa Pokir Dewan
Kamis, 28-11-2019 - 09:10:06 WIB
Asri Auzar
TERKAIT:
 
  • APBD Riau 2020 Tanpa Pokir Dewan
  •  

    Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau tahun 2020 sudah disahkan pada Rabu (27/11/2019) malam sebesar Rp 10,216 triliun namun didalamnya tidak termuat anggaran untuk  pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Riau.

    Hal itu disebabkan karena terjadi kesalahan dari awal, anggaran Pokir tidak dimasukan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

    Menanggapi hal tersebut sejumlah anggota DPRD Riau membenarkan kalau Pokir yang notabene merupakan aspirasi anggota dewan yang dituangkan dalam kegiatan fisik dan non fisik tidak termuat dalam APBD Riau tahun 2020. Diperoleh informasi kalau dana Pokir yang awalnya sudah diminta Pemprov Riau hanya terakomodir 2 persen saja dan itupun usulan dari anggota dewan periode sebelumnya, sehingga tidak mengakomodir keseluruhan anggota dewan.

    "Anggaran Pokir seharusnya dimasukan dari awal penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sebelum Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Platfon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) diserahkan ke DPRD Riau. Apalagi Pokir merupakan usulan langsung dari masyarakat kepada anggota dewan sesuai daerah pemilihannya masing-masing apakah berbentuk kegiatan fisik atau non fisik,"kata Wakil Ketua DPRD Riau Azri Auzar, Rabu (27/11/2029) sebelum dilakukan pengesahan RAPBD Riau tahun 2020 di kantor DPRD Riau.

    Terkait Pokir sendiri sambung Asri sudah diatur dalam Undang-Undang nomor 23  tahun 2014 mengenai  pengelolaan keuangan daerah dimana Pokir merupakan salah satu hak budgeting anggota dewan kepada konstituen atau daerah pemilihannya. Kegiatan Pokir didapat saat anggota dewan melaksanakan reses ketika menampung aspirasi dari masyarakat untuk kemudian diusulkan sebagai Pokir yang anggarannya dimasukan dalam APBD apakah berbentuk kegiatan fisik atau non fisik.

    Diharapkannya tahun depan anggaran pokir anggota dewan betul-betul diakomodir oleh Pemprov Riau, karena pokir adalah aspirasi dari daerah pemilihan anggota dewan yang diusulkan langsung masyarakat sekaligus sebagai hal budgeting dewan. Tahun depan anggaran pokir harus diajukan pada pembahasan awal RKPD sebelum KUA-PPAS diserahkan ke DPRD.

    "Untuk pokir sudah ada nomenklaturnya dan tidak dilarang selagi itu berbentuk kegiatan langsung kepada masyarakat. Kemudian soal pokir untuk anggota dewan yang baru pertama kali dilantik September lalu jelas tidak dapat mengusulkan pokir karena terganjal dengan RKPD yang sudah diajukan sebelum mereka dilantik serta tidak dibenarkan membuat nomenklatur baru, semoga tahun depan anggaran pokir dapat terealisasi,"pungkas Asri, yang juga ketua DPD Demokrat Riau ini. ***(int1)



     
    Berita Lainnya :
  • APBD Riau 2020 Tanpa Pokir Dewan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    4 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    5 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    6 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    7 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica