Ikan cupang yang merupakan salah satu jenis ikan hias memiliki potensi pasar yang cukup besar, beberapa daerah di Indonesia telah mengemb" />
www.beritaintermezo.com
10:43 WIB - Tak Patuhi Protokol Kesehatan, 103 Orang Terjaring Petugas | 10:22 WIB - Peduli Covid-19, LAzismu Riau Bagi-Bagi Masker Kepada Pedagang Pasar | 09:50 WIB - Bersama Ratusan Santri, Kapolres Meranti Doa Bersama untuk Pilkada Damai | 09:48 WIB - Senin, Syahroni Tua Dilantik Menjadi Anggota DPRD Riau | 21:42 WIB - Cegah Penyebaran Covid-19, Walikota Pekanbaru Larang ASN Keluar Kota Libur Akhir Bulan Oktober. | 17:39 WIB - Cabup Rohil Nomor Urut Dua Himbau Masyarakat Patuhi Disiplin Prokes Covid-19
Pemprov Bengkulu Dukung Peluang Usaha Ikan Hias
Senin, 21-09-2020 - 09:11:47 WIB

TERKAIT:
 
  • Pemprov Bengkulu Dukung Peluang Usaha Ikan Hias
  •  

    Bengkulu (Beritaintermezo.com)-Ikan cupang yang merupakan salah satu jenis ikan hias memiliki potensi pasar yang cukup besar, beberapa daerah di Indonesia telah mengembangkan peluang usaha ini. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melirik peluang ini sebagai salah satu upaya mengdongkrak pertumbuhan ekonomi di Bumi Rafflesia.

    "Ikan cupang ini memiliki pasar eksport yang cukup besar. Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi sudah memanfaatkan peluang pasar ini untuk meraih devisa negara, ini akan sangat berpotensi mengdongkrak ekonomi bila diterapkan pula di Bengkulu," ujar Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Dr. Anzori Tawakal, ST. M.Si, saat membuka Pemeran Aquatic dan Kontes Nasional Ikan Cupang 2020 yang memeperebutkan piala Gubernur Bengkulu, bertempat di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bengkulu, Sabtu (19/9).

    Beliau menambahkan, gagasan program budidaya ikan hias tidak akan sulit direalisasikan di Bengkulu mengingat letak geografis dan bentang alam yang sangat mendukung.

    "Daerah kita ini terdiri dari tujuh wilayah pesisir dan wilayah daratnya ada tiga. Kita punya laut, punya sungai dan danau semua itu berpotensi sebagai tempat pengembangan berbagai jenis ikan hias, termasuk diantaranya ikan cupang," yakin Anzori.

    Untuk diketahui, ikan dengan nama latin Betta ini memang berukuran kecil, namun mampu menarik minat pecinta ikan hias dengan karakteristiknya yang unik dan cantik, khususnya pada bagian ekor yang berbentuk seperti kipas. Dengan perawatan yang benar, ikan cupang bisa hidup 3 sampai 5 tahun. Nilai jualnya berada di kisaran Rp 50 ribu hingga jutaan rupiah perekor.

    Agung Karim, sebagai dewan juri sekaligus Sekretaris Asosiasi Betta Indonenesia memaparkan, kreteria penilaian ikan cupang terdiri dari keindahan bentuk, keunikan warna sisik dan ekor.

    "Penilaian kontes ikan ini layaknya kontes kecantikan, yang dinilai bentuk ekor, bentuk body, siripnya harus bagus, warnanya juga akan menjadi penentu apakah ikan tersebut bisa menjadi pemenang atau tidak," jelasnya.

    Kontes ikan cupang sendiri akan berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu, 19-20 September 2020 dan diikuti ratusan peserta termasuk diantaranya dari Komunitas Ikan Cupang Bumi Rafflesia (KICBR) maupun peserta dari provinsi tetangga dan luar pulau. Selain kontes, event ini juga menggelar pameran diantaranya ada ikan lohan dan aquascape.***(ertk)



     
    Berita Lainnya :
  • Pemprov Bengkulu Dukung Peluang Usaha Ikan Hias
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    6 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    7 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica