www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Buka Kemilau Sumatera dengan Tema "Pesona Batik" di Pekanbaru
Plt Gubri : Manfaatkan Mempromosikan Wisata Berbasis Budaya
Rabu, 09-12-2015 - 09:23:02 WIB
Plt Gubri Beserta Isteri hadir sekaligus Membuka Kemilau Sumatera 2015 di Mal Pekanbaru 
TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com) - Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementrian Pariwisata RI Esthy Reko Astuti membuka secara resmi kegiatan Kemilau Sumatra di Mall Pekanbaru. Acara ini diikuti seluruh perwakilan Provinsi di Pulau Sumatra dan seluruh pihak yang terkait dengan dunia Pariwisata.

Tema dalam Kemilau Sumatra kali ini mengambil tema "Pesona Batik", seluruh hasil karya batik daerah yang ada di pulau sumatra ditampilkan dalam pameran Kemilau Sumatera yang rencananya digelar selama dua hari ini yakni Senin 7 hingga Rabu 9 Desember.

"Jadi iven Kemilau Sumatera ini produk itu dipromosikan langsung ke konsumen, kita di Riau manfaatkan mempromosikan Wisata berbasis budaya di Riau," ujar Andi Rachman, kemarin.

Menurut Andi sektor pariwsata saat sedang digalakkan, pelestarian batik sebuah cara untuk menghidupkan UKM di Riau. Karena pekerja batik di Riau juga sangat banyak. "Bagaimana agar batik Riau bisa makin menguasai pasar batik di Riau dan diusahakan unggul di Sumatra," jelasnya.
















Plt Gubri Beserta Isteri hadir sekaligus Membuka Kemilau Sumatera 2015 di Mal Pekanbaru

Beragam corak batik dari 10 Provinsi di Pulau Sumatra dihadirkan dalam pameran ini, tidak terkecuali corak batik kebanggan Riau dari berbagai corak yang ada, diantaranya pucuk rebung dan corak lain.

"Cara dan metode batiknya bisa diambil, tapi dengan corak masing-masing daerah dikembangkan. Melalui kegiatan ini kita harapkan ragam corak batik yang dimiliki bisa terus dikembangkan," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementrian Pariwisata RI Esthy Reko Astuti usai membuka pameran Kemilau Sumatra 2015.

Selain itu juga menurutnya keterlibatan pihak industri dan travel, juga harus berperan. Guna memperkenalkan kekayaan alam Sumatra yang memiliki khas. Dalam kaitan dengan corak batik, dicontohkannya kekayaan tersebut seperti tampuk manggis yang bisa jadi desain sebagai motif batik.

"Agar bisa diterima, misalnya dikembangkan motif untuk padanan yang lebih casual. Jadi batik bisa masuk ke ranah kawula muda misalnya," tambah Esthy. (adv/jin)



 
Berita Lainnya :
  • Plt Gubri : Manfaatkan Mempromosikan Wisata Berbasis Budaya
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica