www.beritaintermezo.com
14:01 WIB - Ini Dia Para Pemenang PTPN IV Regional III Performance League 2024 | 08:45 WIB - Dengan Aplikasi JKN, Kini Peserta JKN Bisa Pindahkan Lokasi FKTP Dengan Mudah | 08:40 WIB - BPOM Pekanbaru Sita Ribuan Kardus Kosmetik dan Obatan Ilegal | 08:23 WIB - Dibuka Pj Gubernur, Wabup Sulaiman Hadiri Pembukaan MTQ Ke XLII Provinsi Riau Tahun 2024 | 08:20 WIB - Ramai di Kunjungi, Stand Bazar Rohil Sajikan Berbagai Produk UMKM | 19:35 WIB - Soal Pilkada, Bawaslu Riau Lakukan Evaluasi dan Rekrutmen Panwascam, Catat Jadwalnya
Untuk Dibina Secara Khusus, Pemprov Riau Minta Kabupaten Kota Usulkan Desa Adat
Selasa, 15-12-2015 - 12:39:12 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU (Beritaintermezo.com)-Pemerintah Provinsi Riau meminta pemerintah kabupaten dan kota setempat mengusulkan lima desa untuk dijadikan desa adat. Desa adat itu kelak akan mendapatkan perhatian pemerintah provinsi dan Pemerintah Pusat yang dikelola secara khusus, berbeda dari desa pada umumnya.

Dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, pengusulan tersebut diharap segera dilakukan. Mengingat setelahnya masih akan dilakukan seleksi dan pemilihan desa mana-mana saja yang layak untuk dijadikan sebagai desa adat.

"Pemprov Riau dengan lembaga adat sudah melakukan pertemuan. Tinggal masyarakat untuk memfolow up Desa adat ini, karena pada tahun 2015 mendatang, APBN dan APBD masuk di desa,"ujar Plt Gubri, Senin (17/11/2014) pada pembukaan acara Perspektif UU 6 tahun 2014 dengan Kabupaten/Kota di Gedung Daerah.


Salah satu desa adat di Rokan Hulu yang menjadi pusat percontohan nasional.

Ia juga menuturkan sebagai aparat desa, masyarakat harus mempersiapkan diri agar tidak salah dalam pembentukan desa adat dalam menggunakan anggaran desa adat.

"Kita di Pemprov akan mendampingi di desa agar tidak salah menjalankan anggaran, karena perangkat desa mengikuti aturan dan mekanisme yang berlaku sesuai hukum. Agar tidak terganjal hukum, setiap desa harus aktif dengan berkonsultasi dengan pemprov,"paparnya.

Ia juga menyebutkan syarat desa yang nanti dijadikan desa adat adalah memiliki rumah adat dan masih kental tradisi adat istiadatnya. "Itu harus mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten dan kota," tambah Plt Gubri.

Ia juga mengatakan keberadaan desa adat sangat penting sebagai upaya menjaga serta melestarikan adat istiadat bahkan mendukung perkembangan pariwisata di provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning ini.

Untuk itu, lanjut dia, pengembangan desa adat menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi bahkan mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat karena melestarikan budaya Indonesia.

"Pemerintah pusat selalu mendorong semua provinsi, termasuk Riau agar segera menetapkan desa adat. Kami berharap pemerintah kabupaten/kota turut mendukung dan membantu dari segi pengusulan," kata Plt Gubri.

Ia juga  mengatakan sekarang ini pemerintah kabupaten/kota sedang menyeleksi desa mana yang layak untuk diusulkan menjadi desa adat. Setelah desa tersebut diusulkan ke Pemprov Riau, akan ditinjau dan diseleksi satu persatu sehingga didapatkan yang terbaik serta layak dijadikan desa adat. (Adv/jin)



 
Berita Lainnya :
  • Untuk Dibina Secara Khusus, Pemprov Riau Minta Kabupaten Kota Usulkan Desa Adat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica