www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Atasi Langganan Asap, Plt Gubri Minta Semua Pihak Bersinergi Atasi Bencana Karhutla
Selasa, 15-12-2015 - 12:51:17 WIB
Melakukan koordinasi dengan cepat untuk mengurangi dampak karhutla
TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mengelimuti berbagai daerah di Riau setiap tahunnya membuat banyak kalangan prihatin. Untuk mengatasi bencana tahunan ini tidak bisa hanya dilakukan satu pihak saja, misalnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Upaya ini membutuhkan sinergi banyak  pihak, seperti kabupaten/kota, aparat keamanan, perusahaan, masyarakat dan instansi terkait lainnya.

Oleh Karena itu Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman,mengeluarkan instruksi khusus terkait Karhutla ini. Instruksi tersebut dituangkan dalam Surat dengan Nomor: 01/INT-HK/IV/2015.

"Pemprov harus mengedepankan perlindungan terhadap masyarakat dari ancaman karhutla dan kabut asap yang terjadi di hampir seluruh wilayah di Riau," ujarnya.

Andi Rahman juga meminta bupati/walikota se-Riau mengoptimalkan peran camat, kepala desa dan lurah untuk memantau, mengawasi dan mencegah terjadinya karhutla di wilayah kerja masing-masing. Para bupati dan walikota juga diminta mengawasi   aktivitas perusahaan dan masyarakat  untuk mencegah terjadinya pengrusakan ekosistem gambut yang menyebabkan karhutla di lahan Riau.

"Seluruh bupati/walikota, kepala dinas, kepala badan dan kepala biro diminta untuk cepat, tanggap dan siaga dan mengatasi karhutla dan kabut asap untuk pencegahan sedini mungkin," sebutnya.

Pada bagian lain, Andi Rachman meyebutkan peran masyarakat juga sangat menentukan dan utama dalam mencegah terjadinya karlahut yang berakibat pada terjadinya kabut asap seperti sekarang ini. Dengan tidak membakar ketika membuka lahan dan hal itu dilakukan secara bersama-sama, maka asap akibat karhutla ini menjadi tidak ada atau bisa diminimalisir meski dalam cuaca panas.

"Warga miliki andil besar, agar udara kita tidak diselimuti asap. Kembali saya ajak seluruh lapisan masyarakat di Riau agar secara bersama bisa melakukan langkah pencegahan terjadinya karhutla. Kalau sudah terjadi, dapat segera laporkan ke pihak terkait RT atau RW," jelas Andi.


Sudah Optimal
Andi Rachman, mengatakan upaya yang dilakukan Pemprov Riau dalam memadamkan karhutla sesungguhnya sudah sangat optimal. Misalnyam, salah satu upaya dilakukan Satgas Udara dengan melakukan penyemaian ratusan ton garam di awan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang bertujuan agar turun hujan.  "Semua upaya telah kita lakukan agar hujan turun. Kita juga melakukan pemadaman dengan mengikutsertakan berbagai pihak terkait. Kita sudah berusaha seoptimal mungkin," paparnya, akhir pekan ini.

Andi menambahkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Karlahut Riau baik darat maupun udara juga telah berupaya untuk memadamkan karlahut di Riau membakar sekitar 1.264 hektare lebih pada 12 kabupaten/kota dan berhasil dipadamkan sekitar 1.125 hektare.

Plt Gubri Arsyajuliandi Rahman berusahaan memadamkan api beberapa waktu lalu

Selain itu, katanya, upaya water bombing atau pengboman air mengunakan dua helikopter  jenis Sikorsky dan MI 17 yang didanai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta beberapa helikoter milik dua perusahaan kehutanan terus dilakukan. "Kami sudah berusaha. Posko sudah kita optimalkan. Pengawasan kejahatan karlahut sepenuhnya kami serahkan kepada penegakan hukum. Yang jelas kalau ada laporan-laporan, harus ditanggapi segera laporan itu," tegasnya.

Delapan 8 Instruksi Plt Gubernur Riau
Berikut delapan poin instruksi Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, kepada seluruh kepala badan, dinas, kantor, biro serta bupati, wali kota untuk menekan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla);

1. Meningkatkan koordinasi, mengerahkan segenap kemampuan dan sumber daya sesuai tugas dan kewenangannya untuk mengantisipasi timbulnya asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau.

2. Mengedepankan perlindungan terhadap masyarakat dari ancaman bencana kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan.
3. Bupati dan wali kota agar memaksimalkan camat, kepala desa, lurah untuk memantau, mengawasi, dan mencegah karhutla di wilayah masing-masing.

4. Bagi daerah kabupaten atau kota yang belum menetapkan status siaga darurat, agar segera melaksanakan rapat koordinasi untuk menentukan penetapan status daerah dengan lebih dulu mempertimbangkan masukan dan saran dari lembaga teknis dan sesuai pedoman aturan dan undang-undang yang berlaku.

5. Bupati dan walikota melaporkan pengendalian karhutla di wilayah masing-masing sesuai tugas dan kewenangannya.

6. Kepada SKPD terkait serta bupati dan wali kota se-Riau agar meningkatkan pengawasan dan pengendalian aktifitas perusahaan serta masyarakat untuk mencegah terjadinya pengrusakan ekosistem gambut yang memicu karhutla.

7. Cepat tanggap dan sigap dalam mengatasi karhutla sehingga kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah sedini mungkin.

8. Bersama-sama bertekad membuka lembaran baru dan  mewujudkan Riau Tanpa Asap. (Adv/jin)



 
Berita Lainnya :
  • Atasi Langganan Asap, Plt Gubri Minta Semua Pihak Bersinergi Atasi Bencana Karhutla
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica