www.beritaintermezo.com
01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers | 01:27 WIB - Pilkada Serentak 2024, PDIP Pelalawan Buka Penjaringan Hanya Untuk Cawabup | 14:01 WIB - Ini Dia Para Pemenang PTPN IV Regional III Performance League 2024
SPS Riau Sampaikan Riau Menyapa Dunia Di Bangkok
Selasa, 18-04-2017 - 09:48:04 WIB
TERKAIT:
   
 

Beritaintermezo.com-Rombongan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau tiba di Bangkok, Thailand, Senin (17/4/2017) petang. Sampai di Bandara Internasional Dong Mueang, rombongan langsung menuju Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok. Jadwal malam tadi, langsung dijamu makan malam oleh Dubes RI di Bangkok Dr H Ahmad Rusdi bersama staf di Wisma Indonesia KBRI Bangkok.


Benar-benar terasa Indonesia. Rombongan dijamu Dubes untuk makan malam bersama dengan menu campuran, khas Indonesia dan Thailand. Suasana terasa hangat dan cair. Diskusi ringan tentang perkembangan wisata di Riau dan Indonesia secara umum, dengan bahasa Indonesia dan sesekali berbahasa Melayu, karena rombongan juga bisa berbahasa Melayu.


Santai tapi penuh makna. Ini terasa saat Dr Ahmad Rusdi tampil memberi sambutan. Ia mengaku, sangat senang bisa bertemu dengan rombongan SPS Cabang Riau. Apalagi kata dia, di KBRI Bangkok juga ada alumni Universitas Riau yang bertugas, alumni UR Fakultas Fisipol jurusan HI Agustaviano Sofyan.


Rusdi menjelaskan, dalam hal mengembangkan pariwisata memang benar-benar dapat dukungan dari pemerintah. "Semuanya didukung dan mendukung. Apa yang dikembangkan pemerintah dapat dukungan masyarakat. Jadi, banyak industri kreatif yang berkembang. Ekonomi masyarakat bisa menjadi lebih baik," jelas Rusdi.


Majunya sektor pariwisata di Thailand, karena pemerintahnya memang mempersiapkan infrastruktur yan baik, sehingga untuk mencapai destinasi wisata alam di Thailand sangat mudah dan nyaman. Masyarakat tempatannya juga diajarkan care dengan pariwisata dan diminta memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada wisatawan. "Makanya, angka kunjungan wisata mancanegara Thailand lebih dari 32 juta orang di 2016. Sementara Indonesia sekitar 10 juta saja kunjungan wismannya," kata Rusdi yang pernah menjadi protokoler di Istana Negara.


Rusdi juga menceritakan tentang pendidikan yang murah dan cukup terjangkau di Bangkok. "Lebih 800 orang mahasiswa Indonesia yang belajar di Bangkok. Umumnya biaya pendidikan di sini lebih murah. Pemerintahnya pun sudah menggratiskan sekolah bagi masyarakatnya," kata Rusdi.


Maka dari itu, Rusdi merasa senang bisa bertemu dengan para pimpinan media yang ada di Riau. Ia juga berharap hubungan baik ini bisa berlanjut, dan bila ada informasi dari kedua pihak bisa saling di-sharing.


Sementara itu, Ketua SPS Cabang Riau Zulmansyah Sekedang saat dapat giliran sambutan, menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang diberikan Dubes RI. "Menurut cerita Pak Dubes (Ahmad Rusdi, red), ketika Presiden RI Pak Jokowi datang ke KBRI Bangkok, dijamu makan juga di ruangan ini (Wisma Indonesia). Nah, sekarang kami SPS Riau juga diterima di sini. Kami merasa sangat senang dan sungguh tersanjung," kata Zulmansyah usai jamuan makan malam.


Menurut Zulmansyah, yang juga Direktur Riau Pos kehadiran para pimpinan media ke Bangkok adalah untuk belajar dan bertukar wawasan. Menurutnya, sejak tahun lalu Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, sudah meluncurkan program daerah bernama Riau Menyapa Dunia yang tujuannya untuk memajukan dunia pariwisata daerah dan menarik wisatawan mancanegara sebanyak-banyaknya.


"Makanya, SPS Riau ke Bangkok ingin diskusi dan tukar pikiran dengan teman-teman jurnalis di Bangkok, termasuk juga dengan Pak Dubes, supaya dapat ilmu dan pengalaman yang bisa di-sharing ke pemerintah Riau agar pariwisata di daerah bisa lebih maju," kata Zulmansyah.


Kedatangan ke Bangkok juga dalam rangka Studies of Management Media (SoMM) di Thai Rath Newspaper, juga silaturrahmi dan mempererat hubungan dengan Thailand Journalist Association (TJA) Bangkok dan South East Asian Press Aliance (SEAPA).


Akhir dari pertemuan ramah tamah itu dilakukan saling tukar cenderamata. Zulmansyah memberikan plakat dan Dubes Rusdi memberikan cenderamata berbentuk gambar burung garuda. Seluruh pimpinan media dan staf KBRI Bangkok foto bersama dan saling bersalaman. (rls)



 
Berita Lainnya :
  • SPS Riau Sampaikan Riau Menyapa Dunia Di Bangkok
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica