www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
Ingat ya, Zaman Andi Rachman Sudah 1.925 Ha Kebun Kelapa di Inhil yang Direplanting
Rabu, 11-04-2018 - 08:54:24 WIB

TERKAIT:
   
 

SEIBATANG (Beritaintermezo.com) - Calon Gubernur Riau nomor urut 4, Arsyadjuliandi Rachman Andi Rachman, ternyata telah memberi perhatian lebih terhadap petani kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir. Buktinya, sudah ribuan hektare kebun kelapa yang di-replanting (peremajaan) dalam dua tahun terakhir di Negeri Seribu parit itu.

"Komitmen saya pasti bagaimana sedapat mungkin membantu masyarakat. Meningkatkan infrastruktur serta membantu petani agar bisa mudah melakukan replanting," Asryadjuliandi Rachman saat kampanye dialogis dengan warga Desa Mugomulyo, Kecamatan Sei Batang, Kabupaten Inhil, Selasa (10/4/2018).

Menurut cagub yang akrab dipanggil Andi Rachman ini, replanting penting untuk meningkatkan produksi kelapa dengan pemberian bibit unggul. Selain itu, petani juga diberikan pupuk, herbisida, dan handsprayer.

"Infrastruktur jalan juga perlu ditingkatkan agar ongkos produksi petani rendah sehingga memudahkan petani menjual hasil panennya. Apalagi, kalau jalannya baik, banyak pedagang pengepul yang akan datang sehingga harga bisa bersaing menguntungkan petani kelapa," ujarnya.

Tidak hanya replanting, pihaknya juga sudah membantu penyediaan alat berat eskavator dalam rangka mendukung program Pemerintah Kabupaten Inhil. Yakni program satu kecamatan satu eskavator. "Kalau tidak salah saya, sudah enam eskavator yang kita serahkan kepada pemerintah Inhil," tuturnya.

Eskavator ini, tutur Andi Rachman, adalah untuk mengeruk pendangkalan parit parit di kebun warga sehingga kebun tidak terendam air pasang.

Adapun rincian bantuan peremajaan kelapa dari Pemprov Riau pada zaman Andi Rachman:  pada 2016 ada empat kecamatan yakni Keritang 105 hektare, Reteh 52 hektare, Enok 293 hektare, Kempas 50 hektare. Total 500 hektare.

Ada pula bantuan peremajaan yang bersumber dari APBN seluas 200 hektare. Sehingga total provinsi dan pusat bantu peremajaan kelapa di Inhil seluas 700 hektare.

Kemudian pada 2017 Pemprov Riau meremajakan 325 hektare kelapa di Inhil dengan rinciannya Enok 200 hektare, Kulindra 75 dan Batang Tuaka 50 hektare. Sementara dari dana APBN pemerintah pusat melakukan peremajaan 900 hektare kebun kelapa rakyat.

Malah, pada tahun ini Pemprov Riau masih terus menjalankan program peremajaan kebun kelapa rakyat seluas 225 hektare. Begitupun dengan pemerintah pusat akan meremajakan kebun kelapa di Inhil seluas 500 hektare pada tahun ini.

"Jika berjalan program peremajaan dalam tahun ini, artinya ada 2.650 hektare kebun kelapa rakyat yang diremajakan. Semoga ini bisa membantu petani meningkatkan kesejahteraannya," sebut Andi Rachman. (rls)



 
Berita Lainnya :
  • Ingat ya, Zaman Andi Rachman Sudah 1.925 Ha Kebun Kelapa di Inhil yang Direplanting
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica