Riau mendapatkan 14 karya budaya yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia tahun ini. Ada pun ke-14 karya" />
www.beritaintermezo.com
09:59 WIB - Teken MoU, Disnaker Rohul Pastikan Perluasan Cakupan Peserta dan Kepatuhan | 09:53 WIB - Integrasi OSS dan portal BPJS Mudahkan Pelaku Usaha | 07:53 WIB - Datang Dengan Kekuatan Penuh Kafilah Kampar Siap Raih Juara Umum | 07:48 WIB - UIR Segera Dirikan Pusat Studi Halal Kerjasama dengan BPOM dan MUI | 07:45 WIB - Polsek Panipahan Amankan 4 Pelaku Narkotika Dilokalisasi | 07:19 WIB - Bupati Sukiman Terima Penghargaan Rokan Hulu Sebagai Kabupaten Peduli HAM
Miliki 14 Karya Budaya, Plt Gubri Terima Sertifikat WBTB dari Mendikbud
Kamis, 11-10-2018 - 07:58:32 WIB

TERKAIT:
 
  • Miliki 14 Karya Budaya, Plt Gubri Terima Sertifikat WBTB dari Mendikbud
  •  

    Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menerima sertifikat Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Indonesia dari Kemendikbud RI yang diserahkan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid di Jakarta, Rabu (10/10/18) malam.

    Riau mendapatkan 14 karya budaya yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia tahun ini. Ada pun ke-14 karya budaya WBTB 2018 yang diterima Riau tersebut. Yakni Silek Tigo Bulan (Rokan Hulu), Ratik Bosa / Ratik Togak (Rokan Hulu), Lukah Gilo Riau (Rokan Hulu), Ghatib Beghanyut (Siak), Syair Siak Sri Indrapura (Siak). 

    Kemudian Tari Gendong (Siak, Meranti, Bengkalis), Kayat Kuansing / Kayat Rantau Kuantan (Kuantan Singingi), Nandung Indragiri Hulu (Indragiri Hulu), Silat Pangean (Kuantan Singingi), Belian (Pelalawan), Basiacuong (Kampar), Pantun Atui (Kampar), Badondong (Kampar), Kotik Adat Kampar (Kampar).

    Direktur warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamuddin Ramly mewakili Mendikbud dalam sambutannya mengatakan pelestarian warisan budaya perlu diperhatikan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemangku kebudayaan. 

    Menurutnya, ada berbagai kondisi yang dihadapi oleh warisan budaya salah satunya adalah terancam punah dan warisan budaya yang ada diperbatasan rentan pengakuan negara lain. 
    Kurangnya pengawasan budaya tak benda bedampak pada hilangnya identitas sebagai bangsa yang berkebudayaan. 

    "Saya minta Gubernur, Bupati dan Walikota serta pemangku kebudayaan untuk melakukan pembinaan warisan budaya tak benda sebagai kekuatan budaya dalam pembangunan berkelanjutan" ujar Mendikbud.

    Plt Gubernur Riau mengapresiasi pengakuan pemerintah terhadap warisan budaya tak benda yang dimiliki Provinsi Riau.

    "Riau ini kaya dengan beragam budaya, dan alhamdulillah diakui oleh pemerintah. Tentu saja kita patut bersyukur atas khazanah budaya yang kita miliki," ujar Wan Thamrin Hasyim. 

    Penyerahan WBTB yang dipusatkan di Gedung Kesenian ini, dibuka dengan penampilan Syair Siak Sri Indrapura.  Penyair Winda Harniati berhasil memukau sejumlah Gubernur, Bupati dan Walikota di Indonesia yang hadir pada penyerahan sertifikat WBTB tersebut. Penampilan syair Siak menjadi promosi khasanah budaya Riau.(bic)




     
    Berita Lainnya :
  • Miliki 14 Karya Budaya, Plt Gubri Terima Sertifikat WBTB dari Mendikbud
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    3 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    4 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    5 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    6 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    7 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    8 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica