www.beritaintermezo.com
20:18 WIB - Lantik Sebagai Sekdakab, H Fauzi Efrizal Diminta Mampu Memberikan Warna Baru | 20:13 WIB - Eddy Yatim Minta Kasatpol PP Perkuat Koordinasi Dengan Bapenda | 20:10 WIB - M Adil-Syamsuar Berdamai? Diwarnai Potong Tumpeng | 16:07 WIB - Kunker Ke Mapolsek Kuntodarussalam, Ny Dinda Pangucap : Batasi Bermedsos   | 09:36 WIB - Pelayanan Prima Rumah Sakit Tandun PTPN V Diganjar Akreditasi Bintang Lima Paripurna | 08:29 WIB - Kadiskominfotik Rohil : Tahap Awal Kita Pasang 600 Titik
Arfina, Aplikasi Pembasmi Karhutla Inovasi Milenial PTPN V
Jumat, 02-12-2022 - 10:51:20 WIB
Arfina, salah satu inovasi Milenial PTPN V berhasil merebut juara dalam ajang lomba Planters Innovation Summit 2022 yang diselenggarakan Holding Perkebunan Nusantara III Persero.
TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com) - Salah satu inovasi yang turut berhasil menarik perhatian dewan juri dalam lomba inovasi bergengsi Holding Perkebunan Nusantara III Persero, Planters Innovation Summit 2022 adalah Arfina atau Artificial Intelligence Fire Monitoring Integrated Ground Checking Nusantara.

Hasil inovasi dua milenial PT Perkebunan Nusantara V, Yuri Sapta Indra dan Monajuwita tersebut berhasil meraih 1st Runner Up dalam PIS 2022 untuk kategori Social Innovation.

Secara sederhana, keduanya mengatakan bahwa aplikasi tersebut memanfaatkan pencitraan satelit untuk mendeteksi titik api  secara cepat dan tepat, tidak hanya jika kawasan inti perusahaan namun juga perkebunan petani mitra perusahaan.

"Alhamdulillah. Ide kami untuk memperkuat pencegahan Karhuta (kebakaran hutan dan lahan) di PTPN V mendapat apresiasi tinggi dengan lolos babak final hingga menyandang juara II ajang PIS 2022," kata Yuri di Pekanbaru, Sabtu (2/12/2022).

Ia mengatakan bahwa dukungan pimpinan perusahaan, terutama CEO PTPN V, Jatmiko Santosa kepada para karyawannya untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pengembangan dan transformasi perusahaan sangat besar.

Sehingga, dalam kesempatan itu ia menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan hingga lahir aplikasi yang diharapkan mampu mempertahankan semangat PTPN V yang berhasil menjaga areal inti perusahaan bebas api selama 26 tahun.

Sementara itu, Monajuwita menjelaskan bahwa Arfina dikembangkan dengan mengedepankan kesederhanaan sehingga mudah digunakan. Dengan aplikasi itu, wanita berkacamata tersebut mengatakan keberadaan titik api dapat terdeteksi secara tepat dan cepat.

"Cukup melalui genggaman ponsel pintar di lapangan, dengan cepat petugas mampu mendeteksi dan memetakan lokasi titik api sehingga tim dapat bergerak sigap untuk segera mengatasi titik api sebelum meluas," tegasnya.

Untuk saat ini, Arfina mampu menjangkau seluruh areal inti perusahaan dan area sekitar perusahaan atau buffer zone sejauh lima kilometer. Ke depan, ia mengatakan aplikasi tersebut dapat terus dikembangkan sehingga mampu dimanfaatkan secara luas oleh para petani sawit.

CEO PTPN V, Jatmiko Santosa menjelaskan bahwa PTPN V menyediakan keleluasaan bagi setiap minelial untuk terus berinovasi sebagai bagian dari transformasi perusahaan.

Untuk itu, ia mengaku bangga dengan hasil inovasi milenial perusahaan yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning, Riau tersebut mampu bersaing dan menjadi salah satu inovasi terbaik hingga diharapkan dapat berkontribusi positif bagi perkembangan perusahaan di masa mendatang.***



 
Berita Lainnya :
  • Arfina, Aplikasi Pembasmi Karhutla Inovasi Milenial PTPN V
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    9 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica