www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
24 Walikota Peserta Muskomwil I APEKSI Apresiasi Perwujudan Smart City Madani di Kota Pekanbaru
Selasa, 06-02-2018 - 08:33:25 WIB
Rangkaian kegiatan Muskorwil I Apeksi yang berlangsung di Pekanbaru ditutup dengan expo yang dilaksanakan di Jl Cut Nyakdin
TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Musyawarah Komisariat Wilayah Satu (Muskomwil I) Asosiasi Pemerintah Kota Se-lndonesia) APEKSI Tahun 2018 digelar di Kota Pekanbaru selama tiga hari sejak tanggal 1 hingga 3 Februari 2018 berlangsung dengan sukses dan meriah.

Pertemuan 24 Walikota dari lima Provinsi di pulau Sumatera itu menjadi momentum bagi Walikota Pekanbaru untuk unjuk gigi dan memamerkan hasil kerjanya selama menjabat sebagai pimpinan di kota ini.

Dimulai dari pembukaan Muskomwil l APEKSI di Hotel Aryaduta Pekanbaru seluruh peserta terkesima dengan tempilan panggung yang begitu megah dan mewah. Ditambah lagi cara menekan tombol sirine pertanda Muskomwil dibuka dengan menggunakan animasi dan pencahayaan yang berkilau.

Dengan Membacakan Basmallah, tiga Walikota menekan tombol sirine animasi secara bersamaan Walikota Pekanbaru, Dr.Firdaus ST MT, Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharulla. SP dan Walikota Medan Dzuldin Eldin resmi membuka Muskomwil l APEKSI di kota Pekanbaru.


City Expo Diharapkan Membuka Peluang Ekonomi

Tidak berhenti sampai disitu saja, seluruh delegasi dari 23 kota yang hadir semakin takjup ketika Walikota Pekanbaru, Dr. Firdaus ST. MT menyampaikan pemaparannya tentang perwujudan smart citu madani di Pekanbaru.

Dijelaskan, Firdaus ada enam pilar yang wajib dimiliki sebuah pemerintah kota untuk mewujudkan kota yang smart. keenam pilar tersebut yaitu Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar, Smart People (Penduduk yang Pintar). Selain itu, Smart Economy (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar) Smart Living (kehidupan yang pintar), dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).

"Pilar-pilar ini sudah menjadi sebuah kebutuhan di Kota Pekanbaru. Makanya semua komponen harus cerdas menyikapinya, sehingga pembangunan terus meningkat di masa datang. Saat ini Pekanbaru telah mengaplikasikanya dalam bentu kartu pintar yang fungsinya sangat banyak sekali. Mulai dari alat pembayaran, alat untuk menabung, absensi, naik bus transmetro Pekanbaru dan sebagainya, " jelas Firdaus sembari mempraktekkan fungsi smart card miliknya kepada seluruh delegasi Apeksi.

Muskomwil I APEKSI tahun 2018 telah digelar dan sudah memasuki hari ketiga. Hari ini, Pawai Budaya yang diikuti oleh 9 delegasi peserta APEKSI ambil bagian didalamnya

Seluruh peserta Apeksi semakin yakin terhadap pemaparan Walikota Pekanbaru ketika mereka dibawa keliling Kota Pekanbaru melihat lihat pesatnya kemajuan infrastruktur pembangunan kota Pekanbaru. Mulai pembangunan kantor Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya, pemandangan indah ditepian sungai Siak, Teknologi canggih di ruang Command Center dan wisata belanja di Pasar bawah.

Bahkan pada penutupan APEKSI Saksikan Pemko Pekanbaru tidak henti henti nya menyajikan hal yang membuat semua orang terkagum kagum, iti karena penampilan pentas seni di lokasi Pamaren City Expo jalam Cuk Nyak Dien Pekanbaru. Dalam pentas tersebut Pemko Pekanbaru tidak hanya menampilkam ciri khas Pekanbaru saja tapi juga menampilkan keberagaman budaya dari berbagai daerah.

Atas prestasi dan keberhasilan Walikota Pekanbaru tersebut , 24 Walikota dalam Muskomwil I APEKSI sepakat menunjuk Dr. Firdaus ST MT terpilih sebagai Ketua Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Komwil I APEKSI) dan Wakil Ketua I Aceh Aminullah Usman , Wakil II Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Wakil III Sibolga Syarfi Hutauruk.

Melihat pesatnya kemajuan teknologi dan infrastruktur di Kota Pekanbaru, Walikota Padang Mahyeldi Ansharulla dengan lantang mengungkapkan bahwa Kota Pekanbaru adalah baro meter pembangunan daerah.

"Sudah seharusnya kita belajar ke Kota Pekanbaru, saya sendiri mengagumi master plan dan rancangan kinerja Pemerintah Pekanbaru yang terkoneksi dalam program Smart City. Maka dengan adanya kegiatan ini, berharap agar para kepala daerah yang hadir dapat mengadopsi keberhasilan Pemerintah Kota Pekanbaru, " paparnya.

Wali Kota Pekanbaru Dampingi Ketum Apeksi Tinjau Command Center
Wali Kota  Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT mendampingi Ketua Umum (Ketum) Apeksi Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH meninjau langsung Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru Jalan Pepaya, Jumat (2/2/2018)

Hal senada juga terucap dari mulut wanita cantik nan anggun, Walikota Tanggerang Selatan, Airin Rachmy Diany mengaku masih perlu belajar banyak dari kemajuan dan prestasi yang dicapai oleh Kota Pekanbaru.

"Semoga program-program ini bisa di contoh kota-kota lain termasuk di Tanggerang Selatan. Lanjut saya juga berharap program ini juga terutang dalam draf program - program Komisariat Wilayah serta bersinergi dengan program di Pemerintah Pusat," Pungkas Airin. (Adv/jin)



 
Berita Lainnya :
  • 24 Walikota Peserta Muskomwil I APEKSI Apresiasi Perwujudan Smart City Madani di Kota Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica