www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Jarum Desak Kejati Usut Alih Izin HPHTI PT PSPI Ke Sinarmas
Jumat, 16-02-2018 - 14:15:00 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintetmezo.com) -Massa Aliansi Jembatan Aspirasi Rakyat Umum (Jarum) Pekanbaru Riau mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau minta pihak Kejati bekerja profesional tuntaskan Kasus adanya permainan kekuasaan PT Sinar Mas Group.

Heppy Aritonang, Koordinator Aliansi Jarum mengakui pihaknya yang tergabung dalam elemen masyarakat dan mahasiswa meminta kejaksaan tentang lahan Hak Tanaman Industri (HTI) dengan luasan 50.725 hektare di Riau.

Aliansi Jarum menilai HTI itu ada pada Keputusan Menteri Kehutanan RI No 249/KPTS-II yang semula dimiliki PT Perawang Sukses Perkasa Industri (PSPI), namun telah terjadi dugaan pemindahan izin HPHTI itu dan dikuasai perusahaan lain, katanya tadi Kamis (15/2/2018).

Dia meminta Kejati Riau untuk mengusut adanya dugaan take over izin HPHTI Menteri Kehutanan dari PSPI ke Sinar Mas Grup, meminta Kejati Riau menelusuri kepentingan Sinar Mas Group, dan menyelesaikan putusan pengadilan Kampar yang melukai hati rakyat Rokan Hulu (Rohul) karena mengambil putusan atas lahan Rohul.

"Kami mahasiswa hukum paham hukum. Pengadilan Negeri Bangkinang Kabupaten Kampar tidak berwenang mengeksekusi lahan yang locusnya (lokasinya) berada di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, karena sudah beda daerahnya," kata massa demonstran.

Aliansi Jarum juga mempertanyakan Sinar Mas Group atas lahan itu milik siapa.

"Kami menduga adanya take over izin HPHTI terhadap perkara PTPN5, PT PSPI dengan Yayasan Riau Madani," ujar Heppy.

Pihak Aliansi Jarum juga meributkan soal penanaman reboisasi dari pemerintah untuk penanaman HPHTI yang ujungnya tidak jelas dan juga soal sidang eksekusi lahan tersebut. Massa yang diterima oleh Staf Kejati Riau,  Alim di pintu gerbang Kejati Riau Jalan Sudirman Pekanbaru menyerahkan pernyataan sikap dan bukti-bukti.  Massa minta Kejati Riau mengusut serius laporan ini dan dalam seminggu ini akan dilihat perkembangannya.

Jika tak ada perkembangan,  Kejati Riau tak memprosesnya dengan serius,  maka massa akan datang lagi dalam jumlah besar membawa masyarakat dari Rohul ke Kejati Riau.

Jarum menilai telah terjadi pelanggaran pengalihan izin HPHTI ini sesuai keputusan Menteri Kehutanan No249/KPTS-II/1998, dan tanpa seizin Menteri Kehutanan.

Padahal dalam SK Menhut itu dalam poinnya disebutkan tidak dibenarkan melakukan pemindahtanganan izin HPHTI tanpa seizin Menhut RI,  dari PSPI ke Sinar Mas Group.

Saat massa datang ke Kantor PSPI grupnya PT SDG di gedung SDG Jalan Sudirman Pekanbaru Kamis siang (15/2/2018),  massa diterima Direktur Umum PT SDG Heru Subagyo.  Heru menjelaskan kepada demonstran bahwa lahan HPHTI PT PSPI itu sudah dilepas ke PT Arara Abadi (PT Indah Kiat Pulp and Paper)  group.***





 
Berita Lainnya :
  • Jarum Desak Kejati Usut Alih Izin HPHTI PT PSPI Ke Sinarmas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica