Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke 7" />
www.beritaintermezo.com
06:30 WIB - Masjid Raya Al-Ikhsan Santuni 333 Anak Yatim | 06:28 WIB - Dicoret dari Daftar CS DPD, OSO Meradang dan Kerahkan Perlawanan | 12:51 WIB - Capai 99%, Kolektabilitas Iuran JKN-KIS Terus Didongkrak | 08:42 WIB - Bupati Harapkan Seluruh Kelurahan Kampanyekan Pencegahan KDTR | 08:37 WIB - Hadiri HUT Desa Sei Kandis Ke-11 , Bupati Sukiman Apresiasi BUMDesa dan Ajak Warga Taat Bayar Pajak | 08:33 WIB - Peringati 10 Muharram, Pemkab Rohil Santuni Anak Yatim
Semarak Hari Pers Nasional 2018 Tingkat Provinsi Riau
Selasa, 27-02-2018 - 16:27:21 WIB
Foto bersama dengan Plt Gubernur Riau, para cagub, mitra kerja PWi dalam resepsi puncak HPN Riau
TERKAIT:
 
  • Semarak Hari Pers Nasional 2018 Tingkat Provinsi Riau
  •  

    Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke 72 tahun 2018. Selain melaksanakan kegiatan di Provinsi Riau, PWI Riau juga  menghadiri Puncak HPN Nasional yang dilaksanakan di Padang Sumatera Barat pada 6-9/2/2018. Puncak HPN Tingkat Provinsi Riau dilaksanakan dengan acara Resepsi  bertempat di Hotel Premiere, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Sabtu (24/02/2018) malam.

    Dihadiiri Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Forkopimda Riau, para bupati dan walikota, serta ratusan insan pers di Provinsi Riau dan Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun.

    Selain itu, juga dihadiri Calon Wakil Gubernur nomor urut 2 Hardianto dan paslon nomor urut 3 Firdaus-Rusli Effendi.

    Ketua Panitia HPN 2018 dan HUT PWI ke-72 tingkat Provinsi Riau, Anthony Harry dalam laporannya menyampaikan, dalam rangka Hari Pers Nasional tahun 2018 dan HUT PWI ke-72 ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan yakni sebagai berikut, yang pertama mengikuti dan menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, Sumatera Barat pada 7 sampai 9 Februari 2018. Puncak HPN 2018 di Sumatera Barat ini dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Yang kedua adalah Pingpong Championship Provinsi Riau. Turnamen ini disponsori oleh SKK Migas dan K3S wilayah Riau. Turnamen ini diselenggarakan pada Selasa (13/02/2018) di Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad Pekanbaru.

    Turnamen ini diikuti sebanyak 128 orang wartawan se Provinsi Riau. Yang ketiga adalah Turnamen Domino antar wartawan se Riau yang dilaksanakan pada Rabu (14/02/2018) dan Kamis (15/02/2018) 8) di Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad Pekanbaru. Turnamen domino ini diikuti ratusan se Riau. Kemudian juga ada aksi donor darah yang didukung oleh PMI Kota Pekanbaru, RS Prima Pekanbaru dan Mal SKA Pekanbaru. Kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan pada Senin (19/02/2018) ini dihadiri ratusan wartawan, Personil TNI AD dan TNI AU serta pengunjung mali.

    "Alhamdulillah target 72 kantong darah tercapai sesuai usia PWI yang ke-72," katanya.

    Selanjutnya, pada Sabtu (24/02/2018), sebut Anthony, PWI Riau juga melaksanakan kegiatan penghijauan yang bertemakan Go Green Together di Stadion Utama Riau. Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan mulai pagi.

    "PWI Riau Go Green ini bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau. Penanaman 500 bibit pohon ini juga didukung oleh PT PLN Wilayah Riau dan Kepri dan PT Arara Abadi," sebut Anthony seraya menyampaikan, HPN tingkat Provinsi Riau dilaksanakan setiap tahun. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan di ibukota kabupaten/kota di Riau. HPN ini sebagai ajang silaturahmi dan penyatuan pikiran untuk kemajuan pers, khususnya bangsa Indonesia.

    "Karena itu, HPN ini menjadi agenda paling bergengsi bagi insan pers," kata Anthony.

    Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang dalam sambutannya menyampaikan, acara resepsi HPN 2018 tingkat Provinsi Riau dan HUT PWI ke-72 ini sengaja mengundang pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2019-2024.

    "Yang menurut pandangan kawan-kawan perlu diundang. Jadi kami PWI menggelar hajatan ini bukan bermaksud untuk mengumpulkan masing-masing calon. Tapi yang terpenting bagi kami adalah bersilaturahmi," ujar Zulmanayah Sekedang mengawali kata sambutannya.

    Zulmansyah mengatakan, informasi tentang pilkada memang paling seksi saat ini. Apa saja yang dilakukan calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur memang merupakan isu-isu yang hangat dan program-program yang menurut kawan-kawan wartawan harus ditulis. Karena suatu hari akan ditagih jika terpilih sebagai kepala daerah.

    "Kita juga sudah berkonsultasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu, sejauh mengundang seluruh calon rasanya tidak ada persoalan. Karena itu akhirnya kita mengundang dan kita berharap siapapun yang menjadi gubernur dan wakil gubernur, teman-teman PWI sudah mengenal semuanya," jelas Zulmansyah.

    Pada kesempatan ini, kata Zulmansyah, PWI Riau melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Pertama dengan Komisi Informasi (KI) Riau dan kedua dengan Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru.

    "Dengan Komisi Informasi, yang menjadi salah satu poin penting kami adalah dalam rangka memberantas hoax. Agar penyajian berita-berita kita ini nanti akurat dan balance, maka kita minta support Komisi Informasi. Dimana sebagian narasumber kita ketika mau dikonfirnasi kadang-kadang suka menyembunyikan informasi. Karena itu kita kerjasama dengan Komisi Informasi. Jadi kalau sulit mendapatkan informasi, tinggal kami lapor ke Komisi Informasi. Yang kedua kami MoU dengan Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru. Salah satu poin MoU itu adalah kalau ada anak wartawan anggota PWI yang sunat rasul bisa gratis," ungkap Zulmansyah.

    Sementara itu, Sekjen PWI Pusat Hendry CH Bangun dalam sambutannya mengatakan, hingga Februari 2018 PWI Pusat mencatat, ada 15 ribu wartawan yang tergabung menjadi anggota PWI di Indonesia. Dari jumlah tersebut baru 8 ribu wartawan yang lulus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Anggota PWI dalam menjalankan tugas tetap mengacu pada tiga kesepakatan awal sejarah pembentukan PWI.

    "Terpenting saat anggota PWI menjalankan tugasnya sebagai wartawan adalah untuk menjaga persatuan dan kesatuan," kata Hendry.
     
    Hendry yang digadang-gadang akan maju menjadi calon ketua umum PWI Pusat ini menjelaskan, kalau pada tanggal 9-10 Februari tahun 1946 seluruh wartawan Indonesia berkumpul di Solo, yang saat itu sepakat mendirikan organisasi PWI.
     
    Saat mendirikan PWI, para tokoh pers nasional dari Sabang sampai Merauke menyepakati, pertama setiap wartawan dalam bekerja sesuai profesinya adalah untuk kepentingan dan kedaulatan bangsa, kedua wartawan dalam bekerja harus terus mempertahankan persatuan bangsa dan ketika wartawan harus menjaga kedaulatan bangsa.
     
    "Kesepakatan pendirian PWI ini tercatat dalam sejarah, ini saya bawa klipingan berita di koran terbitan 10 Februari 1946," ujar Hendry seraya melihatkan klipingan berita yang diambilnya dari saku bajunya.
     
    Perayaan HPN yang jatuh 9 Februari, jelas Hendry, jangan lagi dipersoalkan. Sebab bukan persoalan tanggal yang dijadikan acuan tapi roh kesepakatan atas pekerjaan wartawan untuk menjaga persatuan, kesatuan dan kedaulatan bangsa.***


    Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang disambut panitia HPN Nasional di Sumbar beberapa waktu lalu


    Bendahara PWI Oberlin Marbun menyerahkan secara simbolis hadiah pemenang juara dua Tennis Meja

    Bendahara Umum PWI Riau Oberlin Marbun dan Ketua PWi Riau Zulmansyah Sekedang ikut meramaikan pertandingan domino antar wartawan di Kantor PWI Riau

    Ketua PWI menyerahkan hadia bagi para pemenang pertandingan dalam rangka HPN 2018

    Ketua PWI Riau menerima penghargaan dari PWI Pusat yang diserahkan sekjen Hendri CH Bangun

    Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang mendonorkan darahnya dalam rangka HPN tingkat Provinsi Riau

    Melakukan Audiensi ke Kantor BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi

    Melakukan MoU dengan KI Riau dalam rangka meningkatkan jurnalistik dan keterbukaan informasi

    Melakukan Penghijauan di Stadion Utama Riau

    Melakukan Penghijauan di Stadion Utama

    Pertandingan tennis meja dalam rangka memeriahkan HPN 2018 tingkat Provinsi Riau