www.beritaintermezo.com
10:54 WIB - Ramadan 2024, PHR Santuni 1.000 Anak Yatim di Wilayah Blok Rokan | 08:30 WIB - PHR Kembali Gelar Lomba Karya Jurnalistik PENA Untuk Wartawan Riau | 08:27 WIB - Polda Riau-PTPN IV Regional 3 Perkuat Sinergitas Lindungi Aset Negara | 08:21 WIB - Pj Gubri SF Hariyanto Sambut Antusias Riau Tuan Rumah HPN 2025 | 14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East
PTPN V Kembalikan Lahan 2.800 Ha di Kampar ke KLHK
Sabtu, 04-05-2019 - 07:33:57 WIB
Humas PTPN V Sampe Sitorus saat memberikan jawaban atas tuntutan masyarakat beberapa waktu lalu
TERKAIT:
   
 

Jakarta (Beritaintermezo.com)-Perusahaan Perkebunan PTPN-V akan mengembalikan kebun seluas 2.800 ha yang berlokasi di Sinamanenek Kabupaten Kampar Riau kepada pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pengembalian itu sesuai dengan keputusan pemerintah terkait permasalahan di lahan konsesi.

Humas PTPN V melalui Riski kepada media ini Jumat (3/4) mengatakan, PTPN V sebagai BUMN menjunjung tinggi praktik GCG dan taat hukum, selama ini mengelola kawasan kebun yang telah ditentukan dan diberikan negara kepada perseroan memiliki landasan hukum yang kuat dan sah.

Sesuai dengan keputusan pemerintah, Manajemen PT Perkebunan Nusantara 5 (PTPN 5), menghormati dan akan melaksanakan keputusan pemerintah, terkait permasalahan tanah di lahan kebun konsesi perseroan.

Lahan seluas 2.800 hektare  tersebut akan dikembalikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebagai lembaga pemerintah yang memberikan lahan tersebut untuk dikelola PTPN 5 pada tahun 1996. Selanjutnya untuk peruntukan dan fungsi penggunaan lahan, PTPN V mengembalikan sepenuhnya kepada Negara, termasuk dalam hal pengembalian kepada masyarakat adat Kenegerian Senama Nenek.

Presiden Pesankan Untuk Rakyat

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi menyebutkan, bahwa lahan perkebunan sawit PTPN 5 seluas 2.800 hakatare sudah diputuskan Presiden Joko Widodo untuk masyarakat.

Kepusan presiden ini diungkap dalam Rapat Terbatas (Ratas) Percepatan Penyelesaian Masalah Pertanahan, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

"Pagi tadi saya bersama Bupati Kampar, Kades Sinamanenek, dan Ninik Mamak menyampaikan aspirasi masyarakat adat soal lahan. Alhamdulillah, diputuskan presiden lahan kebun sawit PTPN 5 seluas 2.800 haktare diberikan kepada masyarakat adat Sinamanenek, Kabupaten Kampar," ungkap Syamsuar.

Pada Ratas itu, ucap Syamsuar, Presiden Joko Widodo juga menyebutkan, akan mencabut izin konsesi yang dipegang perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jika tidak menyerahkan lahan masyarakat yang masuk ke dalam wilayah desa maupun kampung pada konsesi.

Keinginan kepala negara terkait masalah kosensi ini, jelas Syamsuar, karena mengedepankan rasa keadilan dan kepastian hukum harus dinomor satukan.

"Bahkan, presiden juga sempat mengatakan kalau yang diberi konsesi sulit, maka cabut konsesinya. Sudah jelas masyarakat sudah hidup lama, tinggal di situ, malah kalah dengan konsesi yang baru saja diberikan," kata Syamsuar mengulangi ucapan presiden.

Apa yang diucapkan Presiden Jokowi ini lantaran dia sering mendapat keluhan dari masyarakat saat membagikan sertifikat tanah maupun berkunjung ke daerah terkait sengketa lahan, baik dengan swasta, BUMN, maupun pemerintah.

Bahkan, Jokowi mengaku dirinya mendapatkan laporan dari masyarakat tentang sengketa tanah antara masyarakat dengan PTPN 5 , di Kabupaten Kampar, Riau. Presiden juga meyakini sengketa tanah ini tidak hanya terjadi di Kampar, tetapi juga di wilayah lainnya.***



 
Berita Lainnya :
  • PTPN V Kembalikan Lahan 2.800 Ha di Kampar ke KLHK
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica