www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Ini 9 Penyakit Yang Masuk Program Rujukan Balik
Kamis, 20-06-2019 - 21:03:23 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com) – Bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang mengidap penyakit kronis, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah Program Rujuk Balik (PRB). Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Sri Kumala Dewi, dalam paparannya pada kegiatan Optimalisasi Program Rujuk Balik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Apotek pada Kamis (20/06) menjelaskan, PRB adalah program pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis. Kondisi peserta pun harus telah dipastikan dalam kondisi stabil yang masih memerlukan pengobatan secara berkala.

“Kondisi stabil berarti peserta tidak memerlukan pantauan oleh dokter spesialisnya dan memerlukan pengobatan lanjutan. PRB diberikan oleh FKTP atas rekomendasi atau rujukan balik dari dokter spesialis/sub spesialis yang merawat. Jadi, bukan didaftarkan atau direkrut mandiri oleh FKTP. Perekrutannya di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), sementara pengelolaannya di FKTP,” terang Dewi.

Lebih lanjut Dewi menyampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.02.02/MENKES/524/2015, ada 9 jenis penyakit yang menjadi cakupan PRB, yakni Diabetes Mellitus (DM), hipertensi, jantung, astma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), epilepsy, schizophrenia, stroke, dan systemic lupus erythematosus (lupus). Untuk obat PRB, mengacu pada Formularium Nasional sesuai ketentuan yang berlaku.

Sejauh ini PRB dirasa masih kurang optimal. Penyebabnya datang dari peserta, FKRTL, Apotek PRB, FKTP, hingga internal, seperti ketidakpahaman peserta akan PRB, kesengajaan tidak merujuk balik oleh FKRTL, ketidaktersediaan obat oleh Apotek, peran farmasi FKTP belum optimal hingga aplikasi monitoring yang belum integrasi. Oleh karena itu, Dewi menghimbau untuk dapat bekerja bersama, karena menurutnya bila berjalan dengan baik, banyak kemudahan yang bisa dirasakan.

Peserta kegiatan yang dihadiri oleh person in charge (PIC) PRB di FKTP se-Kota Pekanbaru dan Apotek tampak aktif. Sebagai penutup kegiatan, Dewi dan tim memberikan beberapa kuiz kepada peserta kegiatan. Saat pertanyaan apa itu pengertian PRB diajukan, Zikra, salah satu peserta mengacungkan tangan.

“PRB adalah program pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta dengan penyakit kronis yang kondisinya sudah stabil dan mendapat rekomendasi dari dokter spesialis yang merawat untuk mendapatkan pengobatan jangka panjang,” jawab Zikra dengan mantab.***



 
Berita Lainnya :
  • Ini 9 Penyakit Yang Masuk Program Rujukan Balik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica