www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Gandeng Mahasiswa UMRI dan UIR, PT Arara Abadi Bagikan Masker Pada Pengendara
Jumat, 09-08-2019 - 06:21:31 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-PT. Arara Abadi Sinarmas Group bersama-sama dengan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dan UIR hari ini Kamis (8/8/2019) membagikan 5000 masker kepada pengendara kendaraan bermotor yang melintas di lampu merah Simpang Mall SKA Pekanbaru dan persimpangan lampu merah Simpang Tiga menuju Bandara Sultan Syarif Qasim Pekanbaru.

Kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan agar masyarakat Riau terhindar dari penyakit Infeksi saluran pernapasan (ISPA) akibat musibah kabut asap yang terjadi dari kebakaran hutan dan lahan di beberapa daerah di Riau.

Humas  PT. Arara Abadi Sinarmas Forestry Herwansyah melalui Timnya Alfian mengungkapkan, perusahaan telah mempersiapkan 50 ribu masker untuk masyarakat Riau yang terdampak kabut asap Pekanbaru, Siak, Dumai, Bengkalis, Rohil dan daerah-daerah lainnya.

"Hari ini, Kamis (8/8/2019) kita bekerjasama dengan BEM UMRI dan UIR serta pihak kepolisian membagikan 5000 masker kepada pengendara kenderaan bermotor dan masyarakat di simpang lampu merah Simpang Mall SKA," Kata Alfian 

Dikatakan Alfian, sebelumnya pihak perusahaan juga telah membagikan 5000 masker kepada masyarakat atau pengendara yang melintasi Simpang lampu merah Rumbai bekerjasama dengan Mahasiswa Unilak

Kegiatan pembagian masker ini akan berkelanjutan dilaksanakan dengan bekerjsama dengan BEM sejumlah peruguruan tinggi di Pekanbaru. Perusahan berharap kepudilian pihaknya semogadapat membantu masyarakat agar terhindar dari penyakit saluran pernapasan.

Dukung Pemerintah

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mendukung penuh upaya Pemprov Riau untuk mengatasi karhutla. Di antaranya dengan kegiatan pemaparan strategi pencegahan dan menanggulangi karhutla khususnya di wilayah konsesi. Pemaparan strategi tersebut dilakukan salah satu unit forestry APP Sinar Mas.

Fire Operation Management Head PT Arara Abadi Deny Widjaya mengatakan bahwa untuk menghadapi musim kemarau 2019, perusahaan melakukan evaluasi dari kegiatan pemadaman di tahun-tahun sebelumnya. Pembelajaran tersebut kemudian diaplikasikan ke dalam sistem manajemen penanggulangan kebakaran hutan terintegrasi, yang terdiri dari empat pilar utama yakni pencegahan, persiapan, deteksi dini, dan respons cepat.

“Di tahap pencegahan, kami menyusun peta area rawan kebakaran, membentuk satgas anti kebakaran, membentuk pos pantau terpadu, serta sosialisasi kepada masyarakat melalui pemasangan papan informasi, penyebaran booklet, dan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA),” kata Denny.

Sedangkan di tahap persiapan, perusahaan menyiagakan 862 orang regu pemadam kebakaran (RPK), 505 personel masyarakat peduli api (MPA), dan peralatan di antaranya 46 unit speedboat, 5 unit airboat, 24 drone, 4 unit helikopter water-bombing serta berbagai fasilitas lainnya.

Di tahap deteksi dini, perusahaan melakukan patroli di darat, air, dan udara untuk melakukan pemantauan api melalui 32 unit kamera thermal & CCTV serta 43 menara api yang tersebar di beberapa wilayah. Penggunaan teknologi juga dilakukan melalui sistem monitoring titik panas melalui citra satelit yang langsung tersambung ke situation room. Situation room bekerja 24 jam setiap harinya untuk memantau titik panas. Setiap ada perubahan titik panas yang tidak biasa, tim disiagakan untuk melakukan pengecekan di lapangan dalam waktu kurang dari 24 jam.

Jika terbukti sebagai titik api, perusahaan langsung mengirimkan tim dari dispatch center terdekat sebagai langkah respons cepat.

Sistem penanggulangan kebakaran hutan secara terintegrasi yang dilakukan oleh perusahaan juga melibatkan peran serta masyarakat. Melalui program DMPA, PT Arara Abadi mengedukasi masyarakat di sekitar area konsesi perusahaan agar tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar. Masyarakat didukung untuk mengelola lahan dengan metode agroforestri, yakni bercocok tanam hortikultura (sayur dan buah), tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan olahan makanan untuk konsumsi sendiri atau dijual.

Sejak tahun 2016-2018, kegiatan DMPA yang dilakukan unit bisnis APP Sinar Mas di Riau telah memberikan pendampingan kepada 7.000 kepala keluarga di 142 desa. Desa-desa tersebut tersebar di wilayah Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Dumai, Bengkalis dan Pekanbaru. Tahun ini, perusahaan juga berencana menjangkau 47 lokasi DMPA baru, sehingga ditargetkan total DMPA di Riau akan berada di 189 lokasi. ***



 
Berita Lainnya :
  • Gandeng Mahasiswa UMRI dan UIR, PT Arara Abadi Bagikan Masker Pada Pengendara
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica