www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
Pdt Lasma ke Jemaat Gereja Oiekumene Lanud Rsn: Contohlah Cara Daud 'Mengalahkan' Goliat
Sabtu, 23-11-2019 - 07:43:16 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritiantermezo.com)-Sebagai anak Tuhan, mari kita selalu haus dan rindu untuk selalu disegarkan oleh kebenaran Firman Tuhan. Sehingga seberat apapun beban kehidupan, iman percaya kita kuat dan dimampukan Nya untuk menghadapinya.

Hidup ini tidak  selalu berjalan lancar dan  menyenangkan hati, terkadang ada riak riak kecil bahkan beratnya beban kehidupan membuat kita merasa seperti terhimpit. Sebagai anak Tuhan, mari kita selalu haus dan rindu untuk selalu disegarkan oleh kebenaran Firman Tuhan. Sehingga seberat apapun beban kehidupan, iman percaya kita kuat dan dimampukan Nya untuk menghadapinya.

Demikian intisari yang disampaikan oleh Liturgis (pemimpin Liturgi) Ibadah Letkol Kes Novita Sinaga pada kegiatan ibadah dengan topik "Kunci Kemenangan Daud" di Gereja Oiekumene Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Rabu (20/11/19).

"Lalu Daud mengambil tongkatnya di tangannya, dipilihnya dari dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya dipegangnya di tangannya. Demikianlah ia mendekati orang Filistin itu".  (1 Samuel 17:40)", serentak jemaat membaca.

Selanjutnya pengkotbah Pdt. Lasma membacakan juga dari 1 samuel 17: 4 "gambaran sosok Goliat yang tinggi besar kuat dengan memakai peralatan perang lengkap, berbeda dengan Daud yang seorang anak bungsu   dengan tubuh yang kecil, masih muda dan  keseharian nya hanya memelihara ternak ayahnya, dengan melihat dua kondisi yang berbeda bukankah sebenarnya ini adalah sebuah pertempuran yang tidak seimbang. Secara manusia bagaimana mungkin seorang Daud bisa mengalahkan raksasa sebesar Goliat? Daud dengan segala keterbatasannya harus berhadapan dengan Goliat yang memiliki banyak kelebihan yang luar biasa. Tetapi kita melihat pada akhirnya Daud bisa mengalahkan goliat."

"Dalam 1 Samuel 17:40 dikatakan bahwa Daud mengambil 5  batu untuk mengalahkan Goliat, demikian juga ambillah 5 kunci kemenangan Daud, yaitu:

1. Batu keberanian Ayat 36
selama 40 hari goliat menantang tentara Israel namun tidak ada seorangpun yang berani. Hanya Daud yang berani maju ke depan utk mengalahkan Goliat. Mengapa Daud berani? Karena Cara pandang Daud berbeda dengan yang lain. Daud tidak melihat Goliat sebagai pendekar tetapi Daud menyamakan Goliat dengan binatang yang telah dikalahkan.

2. Batu pengalaman
Ayat 37 Dengan pengalaman Daud , Daud yakin Allah akan menjadikannya menang, Daud mengingat kemenangan-kemenangan yang Tuhan berikan kepadanya pada masa lalu. Bila pengalaman yang dahulu Tuhan sudah menolong maka Tuhan juga akan menolong dia didalam melawan goliat. Pengalaman Daud menjadi bekal bagi dia untuk menghadapi masalah masalah baru termasuk melawan goliat",ucap Pdt Lasma.

Selanjutnya Pdt Lasma menjelaskan bahwa yang ke 3. Batu penyerahan diri.
Ayat 45, dengan penyerahan diri kepada Tuhan, Daud akan mampu dan sanggup mengalahkan Goliat. Daud menyadari bahwa dia tidak sanggup melawan Goliat seorang diri. Dia menyerahkan diri kepada Tuhan dan melibatkan Tuhan di dalam peperangan itu. Dua sisi yang berbeda antara Daud dan goliat. Goliat mengandalkan kekuatan nya, Daud mengandalkan Tuhan.

4. Batu prioritas
Ayat 46 -47 Daud mempunyai Prioritas tertingginya yaitu menjaga kemuliaan Nama Allah.

5. Batu iman. Ayat 48, Daud berlari menyongsong Goliat bukan menjauhi nya. Daud berlari dengan iman. Goliat yang besar harus dihadapi dengan iman yang besar juga. Kuasa Nya tidak akan pernah tercurah sebelum kita melangkah untuk mempraktekkan iman kita. Daud melangkah dengan iman, sehingga dia bisa mengalahkan goliat.

"Lalu apa yang dapat kita pelajari melalui firman Tuhan ini. Dalam kehidupan ini, kita menghadapi banyak ‘Goliat' seperti perekonomian yang terpuruk, hubungan keluarga yang kurang baik, tagihan yang tidak terbayar, orang yang tak bisa disenangkan, kebiasaan yang sulit diubah, kegagalan yang tak terlupakan, masa depan yang tak menentu dan masih banyak goliat2 lainnya.

Kita merasa bahwa Goliat itu itu tidak sebanding dengan kita. Kita merasa bahwa kita terlalu lemah untuk mengalahkan goliat yang kita hadapi. Tetapi melalui firman Tuhan ini kita diingatkan dan dikuatkan, Daud yang bisa dan mampu mengalahkan Goliat. Demikian juga dengan kita pasti bisa dan mampu untuk mengalahkan goliat.

Ambillah 5 batu, ambillah 5 kunci kemenangan Daud dan pergunakan lah sehingga kita akan mampu mengahadapi dan mengalahkan Goliat2 yang ada di dalam kehidupan kita," ujar Pdt Lasma mengakhiri khotbahnya.

Kegiatan ibadah berjalan dengan hikmat dan aman. Amin!***(int1)



 
Berita Lainnya :
  • Pdt Lasma ke Jemaat Gereja Oiekumene Lanud Rsn: Contohlah Cara Daud 'Mengalahkan' Goliat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica