www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Pemko Pekanbaru Terapkan PSBM, Tampan Kamis Besok Dua Kecamatan Lagi Menyusul
Selasa, 08-09-2020 - 08:52:22 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Pemerintah Kota Pekanbaru akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM), Kamis (10/9/) besok. Kecamatan yang mendapat PSBM pertama adalah Kecamatan Tampan. Hal itu sesuai hasil muspida di Komplek Perkantoran Tenayan Raya. Dalam rapat tersebut dibahas tentang penerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

Untuk pelaksanaan PSBM perdana ditunjuk Kecamatan Tampan.  

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, PSBM atau isolasi wilayah akan diterapkan mulai dua hari kedepan atau tepatnya pada, Kamis (10/9) besok.

"Dalam dua hari ini kita persiapkan dulu. Insya Allah Kamis besok akan kita mulai pada Kecamatan Tampan," kata Firdaus, usai menggelar rapat.

Periode penerapan PSBM nantinya akan berlangsung sama pada PSBB sebelumnya, yakni akan diterapkan selama dua pekan.

Pemilihan Kecamatan Tampan berdasarkan kajian tim ahli epidemiologi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Hal itu dilihat berdasarkan jumlah eskalasi pasien positif covid-19.

Dalam dua hari kedepan, Firdaus menyebut akan melakukan harmonisasi terkait regulasi PSBM dengan Peraturan Gubernur (Pergub). Regulasi akan dibentuk dalam Perwako.

"Saat ini sudah ada pedoman terkait penerapan PSBM dari Kementrian teknis. Dari Kemenkes dan Kemenpan RB sudah ada. Kita tinggal tunggu pergub untuk harmonisasi," jelasnya.

Firdaus juga mengaku saat ini tengah melakukan kajian terhadap penerima bantuan bagi Kecamatan yang menerapkan PSBM. Namun bantuan yang diterima tidak sebanyak kuota pada PSBB kemarin.

"Kita seleksi lagi penerima bantuan. Untuk pertama kita lakukan di kecamatan Tampan. Setelah itu baru Kecamatan lain untuk PSBM ini," tutupnya.

Terdapat Tiga Kecamatan Padat.
    
Sebelumnya waki walikota Pekanbaru mengatakan untuk penerapan PSBM terdapat tiga kecamatan terpadat dan terjadi peningkatan pasien positif.

Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi SSi, mengatakan, sebaran kasus positif corona paling banyak di Kecamatan Tampan. Meski begitu, penetapan kecamatan yang akan diterapkan PSBM sesuai hasil rapat.

"Kami mendapat masukan dari PHRI, penerapan PSBB skala kecamatan ini harus hati-hati sekali. Karena batasnya hanya jalan," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru Azwan, Sabtu, mengatakan, ia sudah memiliki nama-nama kecamatan yang akan menerapkan PSBB Mikro. Tiga kecamatan itu adalah Tampan, Marpoyan Damai, dan Bukit Raya.

"Ini tiga terbesar," singkatnya.

Ternyata, jumlah penduduk Kecamatan Tampan paling banyak. Makanya, penentuan kecamatan yang akan menerapkan PSBB akan dilaporkan tim kaji cepat di rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada 7 September. Setelah diputuskan dalam rapat itu, maka hasilnya segera dilaporkan ke gubernur Riau.

"Ada kemungkinan bukan satu kecamatan. Nanti gubernur yang menentukan. Setelah itu, beliau mengajukan ke menteri kesehatan," pungkas Azwan. ***(pg/jin)



 
Berita Lainnya :
  • Pemko Pekanbaru Terapkan PSBM, Tampan Kamis Besok Dua Kecamatan Lagi Menyusul
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica