www.beritaintermezo.com
16:34 WIB - UKW PWI Riau Angkatan XIX Digelar 19-20 Oktober, Dibuka 10 Kelas dan Gratis | 11:02 WIB - PTPN V Dukung Penguatan Desa Wisata Buluh Cina | 10:47 WIB - Forkopimda Legalkan Aktivitas Pemungutan Limpasan Batu Bara di Sungai Bengkulu | 10:44 WIB - Pengurus Purnawirawan Polri Sosialisasikan UU PKDRT dan Perlindungan Anak Kepada Bhayangkari Meranti | 09:45 WIB - Berjualan di Trotoar, Tim Trantib Berikan Surat Peringatan Kepada PKL | 08:11 WIB - HUT Kabupaten Kuntan Singingi ke-23, Panitia Gelar LKTJ Untuk Wartawan se-Riau
APRIL GROUP Umumkan Periode Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan
Selasa, 05-07-2022 - 07:23:06 WIB

TERKAIT:
   
 

PANGKALAN KERINCI (Beritaintermezo.com)-Sebagai bagian dari langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terpadu, APRIL Group mengumumkan periode rawan kebakaran di seluruh unit bisnis dan mitra pemasoknya, mulai 1 Juli hingga 30 September 2022.

Dalam periode ini, APRIL menyiapsiagakan tim operasional pencegahan karhutla untuk merespon setiap titik panas (hotspot) atau potensi kebakaran yang muncul di wilayah operasional dan sekitarnya. APRIL juga meningkatkan patroli darat dan udara, serta terus melanjutkan kerja sama dengan masyarakat lokal dalam pencegahan karhutla.

Upaya terpadu berkelanjutan ini sejalan dengan komitmen APRIL terhadap kebijakan ‘No Burn Policy’ sejak tahun 1993 dan mematuhi persyaratan Pemerintah Indonesia untuk mengatasi risiko yang ditimbulkan oleh kebakaran. Pendekatan strategis APRIL untuk mengurangi risiko kebakaran didasarkan pada empat elemen kunci, yaitu: pencegahan (prevention), persiapan (preparation), pemadaman (suppression) dan pemulihan pascakebakaran (recovery).

"Pengalaman bertahun-tahun menunjukkan bahwa hal terpenting dalam pencegahan kebakaran adalah kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, masyarakat, dan pemegang konsesi lainnya," kata Craig Tribolet, Head of Sustainability Operation APRIL Group, Sabtu (2/7/2022) di Pangkalan Kerinci.

APRIL telah menginvestasikan sumber daya yang cukup besar dalam pencegahan kebakaran, salah satunya melalui keterlibatan dengan masyarakat lokal. Sejak 2014, program Desa Bebas Api (Fire Free Village Program/FFVP) dibentuk untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan lahan tanpa bakar serta praktik pengelolaan hutan yang bertanggung jawab di desa-desa setempat.

Program FFVP meliputi total area seluas 803.684 ha yang dijalankan melalui perjanjian kerjasama dengan masyarakat lokal. Sampai tahun 2021, program FFVP telah menjangkau 215 desa yang berada di sekitar wilayah konsesi APRIL. Program ini berhasil mengurangi jumlah lahan yang rusak akibat kebakaran dari 4.279 ha di 2013 menjadi 532 ha di 2021, atau sebesar lebih dari 87%, di desa yang berpartisipasi dalam program ini.

"Prinsip pencegahan merupakan inti dari FFVP dan menjaga lahan dari kebakaran," tambah Craig.

APRIL juga berinvestasi dalam teknologi deteksi dan pemadaman kebakaran yang canggih. Perusahaan menggunakan teknologi deteksi kebakaran dari sistem National Aeronautics and Space Administration (NASA) - Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (Modis) – dan teknologi pemantauan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Sistem pemantauan titik panas melalui satelit ini melengkapi kemampuan menara pemantauan kebakaran dan menara kamera pengawas yang terletak di sekitar area yang dikelola perusahaan. Untuk mengoptimalkan tindakan pencegahan, APRIL juga berkomitmen untuk merespon kebakaran di kawasan masyarakat dalam radius 3 km dari batas perusahaan, berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

Per 31 Desember 2021, APRIL memiliki 260 petugas pemadam kebakaran profesional dan 39 kelompok masyarakat pencegahan dan pengendalian kebakaran yang dapat dikerahkan dengan cepat untuk mencegah dan memadamkan kebakaran saat terdeteksi. APRIL juga mengoperasikan Fire Hotline 24 jam (+62 811 707 2121) agar masyarakat dapat melaporkan kebakaran yang terjadi di sekitar area perusahaan.***



 
Berita Lainnya :
  • APRIL GROUP Umumkan Periode Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    9 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica