www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
APRIL dan Tanoto Foundation Susun Program Stunting di Riau
Sabtu, 29-10-2022 - 14:54:23 WIB

TERKAIT:
   
 

Pelalawan (Beritaintermezo.com)-PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bagian dari APRIL Group turut mengambil peran mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting di Provinsi Riau.


Upaya Pemerintah melibatkan kalangan swasta untuk berperan aktif dalam membantu menurunkan angka prevalensi stunting merupakan bentuk upaya menghidupkan semangat gotong-royong dan kepedulian sosial di tengah masyarakat.

Peran swasta sangat diperlukan untuk mengisi ruang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) di daerah sekitar operasional perusahaan yang memiliki prevalensi stunting cukup tinggi.

Berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan RI, prevalensi balita stunting di Indonesia sebesar 24,4 persen pada tahun 2021. Artinya hampir seperempat Balita Indonesia mengalami stunting pada tahun lalu. Namun demikian angka tersebut lebih rendah dibanding tahun 2020 yang diperkirakan mencapai 26,9 persen.

Percepatan penurunan stunting pada balita merupakan program prioritas pemerintah yang dilaksanakan secara efektif, konvergen, dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor di tingkat pusat dan daerah.

Community Development (CD) Strategic Manager RAPP, Bertone Anwar menyampaikan APRIL Grup bersama Tanoto Foundation berkomitmen membantu pemerintah Provinsi Riau untuk menurunkan angka prevalensi stunting hingga 50 persen pada balita di desa-desa Riau. Komitmen serius ini bahkan dimasukkan ke dalam agenda APRIL2030, di mana APRIL menargetkan pencapaian penurunan stunting di Provinsi Riau bisa terwujud pada tahun 2030 atau lebih cepat.

"Kita harus mengejar target angka stunting 14 persen di tahun 2024, artinya per tahun harus turun 2,7 persen. Untuk mengejar ini kita perlu upaya yang lebih besar dan programnya juga lebih konvergen atau keroyokan. Kita semua memiliki peran untuk percepatan penurunan stunting terutama melalui pendampingan teknis komunikasi perubahan perilaku," papar Bertone.

Bertone menambahkan Strategi Nasional pilar nomor 2 berbicara mengenai perubahan perilaku komunikasi ini sangat penting.

"Dulu waktu kita masih bayi di bawah usia 6 bulan sudah dikasih makan pisang atau masih ada ibu-ibu yang anaknya susah makan, lalu supaya mau makan dikasih apa aja yang penting ngunyah padahal tidak ada nutrisinya. Artinya ada kebiasaan orangtua yang berdampak terhadap kurangnya pemenuhan nutrisi anak, jadi ini perlu diluruskan, makanya pemerintah mencanangkan strategi komunikasi perubahan perilaku," jelasnya.

APRIL dan Tanoto Foundation telah menyusun 4 program utama untuk pencegahan stunting di Provinsi Riau, antara lain pendampingan teknis komunikasi perubahan perilaku (Stranas Pilar #2), pendampingan teknis aksi konvergensi (Stranas Pilar #3), mobilisasi Tim Pendamping Keluarga (TPK), program inovasi deteksi risiko kehamilan dan pilot program Rumah Anak SIGAP. Program-program tersebut dilaksanakan bermitra dengan Yayasan Cipta, Kemendagri, Kemenkes, Kemendesa, BKKBN, Sehati dan LSM lokal.***



 
Berita Lainnya :
  • APRIL dan Tanoto Foundation Susun Program Stunting di Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica