Bupati Siak yang juga Gubernur Riau terpilih, Syamsuar, mengunjungi Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Senin senja (16/7). Ia kelihatan san" />
09:13 WIB - UIR-Pemkab Kampar Sepakat Majukan Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat | 09:09 WIB - Bupati Irwan Hadiri Rakor Bersama Mentri Keuangan Sri Mulyani Bahas Rencana Pemberian Fasilitas Perp | 09:35 WIB - Meranti Batalkan Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-39 Provinsi Riau 2020, Ini Alasannya | 09:15 WIB - Pembukaan Porkab Rohil Tanggal 16 Desember Ditaman Budaya | 09:11 WIB - 26 Koperasi Berprestasi di Rohil Stuban ke Surabaya | 09:07 WIB - Jadi Locus Penuntasan Stunting di Indonesia, Kepulauan Meranti Targetkan 2020 Bebas Stunting
Kunjungi LAM Riau, Syamsuar Minta LAM Menegur Terhadap Hal yang Ganjil
Rabu, 18-07-2018 - 08:55:30 WIB

TERKAIT:
 
  • Kunjungi LAM Riau, Syamsuar Minta LAM Menegur Terhadap Hal yang Ganjil
  •  

    Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Bupati Siak yang juga Gubernur Riau terpilih, Syamsuar, mengunjungi Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Senin senja (16/7). Ia kelihatan santai dan bersahaja.

    Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (Ketum DPH) LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar, kepada pers mengaku bahwa tak ada agenda khusus dalam pertemuan itu. "Biasa saja, pertemuan antara abang adik maupun anak kemanakah dalam lingkungan adat. Ya, silaturahim," kata Datuk Syahril yang seperti Syamsuar juga pernah mengenyam pendidikan di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Pekanbaru.

    Syamsuar di LAMR disambut oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Datuk Seri H. Al Azhar, selain Datuk Seri Syahril sendiri. Di samping itu adalah Wakil Ketua Umum MKA Datuk H.R. Marjohan dan Sekum MKA Datuk H. Taufik Ikram Jamil. Setelah pembicaraan berlangsung, Syamsuar meminta seorang stafnya di Siak yakni Yan Prana untuk ikut bergabung.

    Datuk Syahril mengatakan, secara garis besar, Syamsuar meminta LAMR mendukungnya dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini. Bentuknya berbagai macam, termasuk tidak segan menegur sapa terhadap hal-hal yang dinilai ganjil.

    "Sesuai dengan kemampuan yang ada pada LAMR, tentu maksud gubernur terpilih itu, menyebabkan organisasi ini merasa tersanjung. Di sisi lain, LAMR sendiri tanpa diminta pun sejak awal sudah bertekad memberi kontribusi positif bagi pembangunan Riau, siapa pun pemimpinnya," cakap Syahril.

    Apalagi, sambungnya, visi dan misi Syamsuar sebagai gubernur, amat jelas. Benang hijaunya adalah bagaimana memartabatkan masyarakat Riau untuk lebih baik.

    Secara organisatoris pula, bagi LAMR, gubernur adalah payung panji. Sehingga dengan demikian, kebijakan gubernur harus senantiasa menjadi perhatian.

    Syamsuar sendiri sekarang ini dari kaca mata adat menurut LAMR adalah Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Siak. Sebagaimana ditentukan dalam AD/ART LAMR, setelah dilantik menjadi Gubernur Riau, ia akan ditabalkan menjadi Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau.

    Mengutip pernyataan Syamsuar dalam kunjungannya di LAMR, Syahril mengatakan di antara kebijakan yang akan diambil Syamsuar adalah tetap memelihara keragaman Melayu Riau. Misalnya Bahasa Melayu Riau memiliki berbagai dialek, tidak hanya Riau pesisir, tetapi juga ada dialek Kampar, Rokan, dan Kuansing, yang semuanya menjadi kekayaan daerah ini dan patut dipelihara bersama-sama.

    Berkaitan dengan hal itu, kata Syahril, bersama LAMR, muatan lokal di Riau baik melalui pendidikan formal maupun ruang publik patut diperkuat. Siak telah lama melakukannya bahkan melahirkan sedikitnya delapan peraturan daerah yang tak mustahil bisa diubahsuaikan untuk Riau masa depan seperti berkaitan dengan busana maupun kuliner Melayu.  (rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Kunjungi LAM Riau, Syamsuar Minta LAM Menegur Terhadap Hal yang Ganjil
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    6 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    7 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    8 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica