www.beritaintermezo.com
15:52 WIB - Peroleh Akreditasi, Scoot Gabung ke International Air Transport Association (IATA)   | 13:20 WIB - DPRD Rohil Terima Ranperda APBD Tahun 2023 | 13:12 WIB - Sukses Transformasi PTPN V, Jatmiko Santosa Dinobatkan 100 Top CEO 2022 | 13:09 WIB - Perusahaan RAPP Gelar Bakti Sosial Dalam Rangka RGE Founder's Day 2022 | 13:05 WIB - Jadi Inspektur Upacara HUT Korpri ke-51, Afrizal Sintong : Korpri Adalah Rumah Bersama | 13:02 WIB - Ciuman Tangan Wabup Rohil Kepada Ibu Guru Saat Mengunjungi SDN 003
Bupati Inhil Buka Rakor Kampanye Imunisasi Campak Rubella
Kamis, 19-07-2018 - 16:19:44 WIB

TERKAIT:
   
 

Inhil (Beritaintermezo.com)-Bupati Indragiri Hilir HM Wardan membuka secara resmi Rapat Koordinasi Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Kabupaten Inhil Tahun 2018 di Aula Lantai 5 Sekretariat Daerah (Setda) Inhil, Rabu (18/7/18).

Pada kesempatan itu turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau (Kadiskes) Hj Mimi Yuliani Nazir, Kapolres Inhil, Dandim 0314 Inhil, Kadiskes Inhil H Zainal Arifin SKM, Narasumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Dr Yusrizal Candra dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Inhil Hj Zulaikhah Wardan.

Rapat tersebut diikuti oleh Camat se Inhil, Kepala UPT Dinas Kesehatan se Inhil, Kepala Puskesmas se Inhil, serta lintas sektor terkait.

Rubella, atau yang dikenal juga dengan Campak Jerman ini menyebar melalui droplet bersin atau ingus orang yang terinfeksi penyakit ini.

Virus rubella menyebar sangat cepat. Orang yang terinfeksi rubella akan mengalami berbagai gejala, salah satu gejala yang paling ketara ialah suhu tubuh akan naik secara drastis, mengalami pilek sampai hidung tersumbat cukup lama, hingga muncul ruam merah pada wajah dan seluruh tubuh.

Kadiskes Inhil dalam laporannya menyampaikan, imunisasi ini dilaksanakan karena virus rubella belum menginfeksi seluruh masyarakat.

"Inhil mendapat target sebanyak 95 persen. Jadi kita harus berhasil memberikan imunisasi minimal 95 persen karena kalau kurang dari 95 persen kita dianggap gagal. Sasaran dilakukan kepada balita usia 9 bulan sampai anak usia 15 tahun. Imunisasinya berbeda dengan imunisasi polio. Karena imunisasi ini dengan injeksi," papar Zainal.

Tujuan nasional dari kampanye ini ialah untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/ CRS tahun 2020. Hal tersebut dikatakan oleh Kadiskes Provinsi Riau saat memberi penjelasan mengenai bahaya rubella.

"Tujuan khususnya, tentunya ialah meningkatkan kekebalam masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat, memutuskan transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan campak dan rubella, serta meburunkan angka kejadian CRS," terangnya.

Sementara itu, Bupati Inhil menyebutkan Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/ kecacatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020.

"Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye (imunisasi massal) dan introduksi MR ini," ujarnya.

Untuk menyukseskan kampanye tersebut, Bupati Wardan mengajak dinas/ lembaga terkait, beserta perangkat kerjanya, organisasi masyarakat sipil, dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam imunisasi massal MR.

"Terlebih lagi kepada Ibu-ibu, karena biasanya kalau Ibu-ibu bergerak semua kegiatan akan berjalan lancar. Seperti pengalaman tahun lalu saat pelaksanaan IVA Test, kita sukses sekali berkat peran serta Ibu-ibu. Jadi kepada camat, kepala desa dan lurah saya harap berdayakan Ibu-ibu atau organisasi wanita di daerahnya masing-masing untuk pelaksanaan imunisasi MR ini," harap orang nomor 1 di Inhil ini.

Usai pembukaan rapat koordinasi kampanye imunisasi MR tersebut, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari pusat.(adv/edi)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Inhil Buka Rakor Kampanye Imunisasi Campak Rubella
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    9 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica