Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Senin (17/9/18) di Gedung Engku " />
www.beritaintermezo.com
21:10 WIB - Pemkab Rohil Tidak Lagi Membiayai Honorer Guru Swasta, Ini Alasannya... | 08:17 WIB - Kader Golkar Jangan Takut Merebut Kemenangan | 18:40 WIB - Datangkan 500 Ahli Geologi ke Pekanbaru, Pengda IAGI Riau Akan Perkenalkan Wisata Ulu Kasok | 17:52 WIB - Besok Konfercab PWI Bengkalis Dibuka | 16:40 WIB - PT RAPP Berikan Pelatihan Budidaya Nenas Kepada 43 Petani di Pulau Padang | 16:27 WIB - Penuhi Panggilan Bawaslu, Bupati Sukiman Dicecar 28 Pertanyaan.
Bupati Inhil Hadiri Sosialisasi SPIP
Kamis, 20-09-2018 - 09:00:10 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Inhil Hadiri Sosialisasi SPIP
  •  

    Inhil (Beritaintermzo.com)-Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Senin (17/9/18) di Gedung Engku Kelana, Tembilahan.

    Sosialisasi yang digelar oleh Inspektorat Kabupaten Inhil ini bekerjasama dengan perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

    Hal - hal yang berkenaan dengan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dalam sosialisasi disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Dikdik Sadikin.

    Dasar penyelenggaraan kegiatan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Sedangkan, SPIP sendiri merupakan upaya yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

    Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan dalam sambutannya mengharapkan, penerapan SPIP dapat menciptakan budaya pengawasan terhadap organisasi dan kegiatan sehingga mampu mendeteksi secara dini potensi penyimpangan yang akan terjadi dan meminimalisir tindakan yang dapat merugikan negara.

    Melihat pentingnya penerapan SPIP dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran organisasi serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik maka, dikatakan Bupati, pimpinan instansi/organisasi harus dapat menjadikan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pada unit kerja terkecil tapi hingga kepada masing-masing individu.

    Selain berada dalam kerangka mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik, HM Wardan mengatakan, SPIP juga merupakan upaya membentuk mekanisme administratif saja tetapi juga upaya melakukan perubahan sikap dan perilaku (soft factor).

    "Peraturan yang ada bukan merupakan akhir namun merupakan awal dari langkah perbaikan. Oleh Karena itu, implementasi SPIP sangat bergantung kepada komitmen, teladan pimpinan dan niat baik dari seluruh elemen dan pejabat dan pegawai instansi pemerintah," tutup Bupati.

    Dalam sosialisasi, 11 OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil berhasil meraih penghargaan Penilaian Maturitas SPIP Level 3 dari Perwakilan BPKP Wilayah Riau yang diterima secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan.

    Usai menerima penghargaan, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengucapkan terima kasih atas kerja keras Inspektorat dan sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil yang meraih penghargaan.

    Untuk mencapai hasil ini, Inspektorat sudah memulai langkah sejak Maret 2017 sehingga bisa berhasil mencapai penilaian maturitas level 3 dengan memenuhi 5 unsur dalam SPIP dimaksud.

    Adapun unsur - unsur SPIP yang dinilai, mengacu pada konsep Sistem Pengendalian Intern yang dikemukakan oleh The Committee of Sponsoring Organization of the Treadway Commission (COSO) meliputi lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan pengendalian intern.(adv/edi)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Inhil Hadiri Sosialisasi SPIP
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    3 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    4 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    5 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    6 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    7 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    8 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    9 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica