Bupati Bengkalis Amril Mukminin menerima gelar adat Datuk Monti Alam dari  Suku Sakai Bathin 8 dan 5 Kabupaten Bengkalis dan Siak.
www.beritaintermezo.com
08:36 WIB - Jika Lolos Seleksi, Pemkab akan biayai Mahasiswa Kedokteran Unri Asal Rohil | 08:31 WIB - Pelepasan Jemaah Haji Dikediaman Bupati Karimun Diwarnai Ishak Tangis | 08:25 WIB - Polsek Bangko Amankan Dua Pelaku Sabu Dikebun Sawit | 08:18 WIB - RAPP dan Pemerintah Pelalawan Bersinergi Wujudkan Kabupaten Ramah Anak | 08:06 WIB - Persiapan Pilkada 2020, Bawaslu Riau Kunjungan Kerja Ke Kuansing. | 07:38 WIB - DPRD Bengkulu Gelar Paripurna Mendengarkan Padangan Fraksi Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD
Datuk Monti Alam Gelar Bupati Bengkalis Dari Suku Sakai
Kamis, 02-05-2019 - 08:44:24 WIB
Penabalan gelar adat Datuk Monti Alam kepada Bupati Bengkalis
TERKAIT:
 
  • Datuk Monti Alam Gelar Bupati Bengkalis Dari Suku Sakai
  •  

    BATHIN SOLAPAN (Beritaintermezo.com)-Bupati Bengkalis Amril Mukminin menerima gelar adat Datuk Monti Alam dari  Suku Sakai Bathin 8 dan 5 Kabupaten Bengkalis dan Siak.

    Penabalan gelar adat diserahkan oleh para petua Suku Sakai diantaranya Muhamamd Yatim di Rumah Adat Suku Sakai, di Desa Kesumbu Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Rabu 1 Mei 2019.

    Penabalan gelar adat Datuk Monti Alam dalam bentuk tepung tawar di Rumah Adat Sakai, oleh para petua adat diantaranya Bathin Moajolelo Kh. Amat S, Bomban Petani Kh. Bukhori dan Bomban Minas H. Bonsu.

    Prosesi Penabalan Diawali dengan pemasangan bongkong atau bekong atau ikat pinggang warna hijau, oleh, Kh. Bukhori, kemudian pesangan selempang oleh Kh.  Amat S, dan Datuk H M Yatim Iyo Bangso, memasangkan Deta berwarna hitam dengan lis warna putih di kepala dan menyerahkan keris kepada Datuk Monti Alam.

    Pada waktu bersamaan dilakukan propesi acara menurunkan atau pemberian gelar kepada anak kemenakan Datuk M Nasir  sebagai Iyo Bangso atau Datuk Bathin 14 atau Bathin Sobanga, Pemberian bokong, Deta dan keris pusako serta tongkek hutan pusako

    Kemudian pemberian gelar kepada Anita dengan gelar Mak Ino Kuning, ditandai pemberian Setopong Pompo Ono, kain tiga warna yang dipasangkan ke kepala dan pemakaian konde atau ikat pinggang, serta keris dan ipuk tau manyem gilo.

    Pelaksanaan adat disebut upah-upah dilaksanakan Datuk M Yatim untuk Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Datuk Nasir sebagai pucuk Bathin Sobanga.

    Upah-upah adalah kepala kambing yang sudah dimasak diatas nasi kuning.

    Pemberian Upah-Upah kepada Bupati Amril Mukminin sebagai tanda pemberian semangat dan selamat dalam menjalankan tugas negara dan adat di negeri Melayu.

    Usai penapalan adat Datuk Monti Alam, Bupati Bengkalis Amril Mukiminin, mengucapkan terimakasih kepada para orang-orang tua tokoh adat.

    Pemberian adat ini mengandung makna sebuah amanah yang harus diemban. Untuk itu kata Amril Mukminin, dirinya akan menjalankan amanah ini sebaik mungkin.

    Dalam menjalankan roda pemerintahan, akan selalu mendengarkan saran dan masukan dari para tokoh masyarakat yang ada di Negeri Junjungan.

    Selain itu, dialkukan pelantikan empat tongkek yang akan menjalankan amanah kemasyarakatan.

    Tampak hadir pada acara tersebut Kajari Bengkalis Heru Winoto, Danramel   Mandau Kapten Inf Y Mendrofa, para pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Bengkalis, Kapolres Bengkalis AKPB Yusuf Rahmanto, Plt Camat Bathin Solapan Azwar, Camat Mandau Riki  Rihardi, Camat Bantan Reza Revindra, Camat Siak Kecil M Fadlul Wajdi tokoh adat, agama dan ratusan masyarakat. ***



     
    Berita Lainnya :
  • Datuk Monti Alam Gelar Bupati Bengkalis Dari Suku Sakai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    4 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    5 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    6 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    7 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    8 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica