www.beritaintermezo.com
14:46 WIB - Tiket Pilgubri M. Nasir Lengkap Eddy Yatim: Kami Fokus Seleksi Wagubri | 19:10 WIB - Antusias Siswa SMA Pekanbaru Mengenal Asal Usul Migas Lewat PHR Journey Room | 15:26 WIB - Pemkab Pelalawan Daerah Terbaik 1 di Riau dan 10 Besar Terbaik se-Indonesia | 14:38 WIB - PWI Terima Surat Dukungan Resmi Pemprov Riau Tuan Rumah HPN 2025 | 11:14 WIB - Konsisten Dukung Talenta Muda Esports Indonesia, Tri Kembali Gelar H3RO Esports 5.0 | 10:17 WIB - Dewan Pers Minta Stakeholder dan Koorporasi Utamakan Perusahaan Pers Dalam Beriklan
Bupati : Penghulu Jangan Takut Diperiksa dan Laksanakan Kegiatan Sesuai Aturan
Kamis, 07-09-2023 - 10:02:01 WIB
Kadis PMD Rohil, Yandra saat berbincang dengan beberapa Datuk Penghulu dikantor PMD Rohil, Jalan Kecamatan, Komplek Perkantoran batu enam, Bagansiapiapi.
TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com)-Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Afrizal Sintong, S.Ip  secara resmi menutup kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi Penerapan Smart Village. Kegiatan yang digelar disalah satu hotel di Bagansiapiapi itu ditutup Selasa (5/9) sore.

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengingatkan kepada pihak desa yang sudah memiliki alat si koncang untuk mengoperasikannya agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Penghulu laksanakan saja kegiatannya sesuai dengan aturan, kalau sudah sesuai aturan kita tidak perlu takut. Jangan takut nanti di periksa itu dan diperiksa ini, memang iya memeriksa kita banyak mulai dari Tipikor Polres, Tipikor Polda, Kejati, Kejari, BPK, dan Inspektorat," Ujar Bupati Afrizal.

Terkait alat si koncang, bupati Rohil mengharapkan kepada pihak desa untuk dapat dipergunakan, Ia tidak ingin menjadi temuan tindak pidana korupsi (Tipikor).

"Masalah si koncang, Saya minta si koncang ini betul-betul bisa kita gunakan, artinya uang ini ada manfaatnya jangan jadi benda yang tidak digunakan, ini bisa jadi temuan Tipikor, artinya disia-siakan uang negara, tidak ada manfaatnya," Ucapnya lagi.

Orang nomor satu di negeri seribu kubah itu mengharapkan kepada pihak desa maupun petugas operator untuk memanfaatkan si koncang.

"Kami minta kepada operator supaya harus bijak, dan si koncang harus bisa memanfaatkan, jangan sampai uang sudah kita gunakan tau-tau tidak dimanfaatkan dan saya harapkan kepada datuk penghulu, BPKep, para Ketua RT dan RW yang merupakan bagian dari pemda untuk bisa berkerjasama dan mendukung kebijakan pemerintah daerah," Pesan Bupati.

Ditempat yang sama, Kadis PMD Rohil, Yandra juga menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan mimbingan teknis sosialisasi penerapan Smart Village tersebut.

"Terkait bimbingan teknis sosialisasi penerapan Smart Village ini, artinya desa cerdas. Dalam konteks ini kegiatan yang didanai oleh dana desa, artinya desa yang berkerjasama dengan pemberi materi. Bapak bupati merespon bahwa desa cerdas ini dalam rangka penguatan program si koncang yang sudah tersedia," Sebutnya.

Lebih lanjut ditegaskan, alat si koncang itu harus bisa disempurnakan aplikasi atau ditambah fitur ataupun programnya sehingga pelayanan di tingkat waktu lebih komprehensif.

"Menurut pantauan kami koneksitas ke disdukcapil itu ada beberapa item pelayanan surat itu sudah bisa koneksitas seperti pengurusan kartu keluarga (KK) surat keterangan kematian, akte kelahiran, akte kematian itu sudah konek," ujarnya.

Dalam kegiatan bimtek ini, lanjut Yadra akan diperagakan langsung oleh pihak Disdukcapil melalui teknisi dari pada pihak penyedia aplikasi si koncang. Artinya tidak ada alasan bagi kepenghuluan untuk tidak mengoperasionalkan anjungan aplikasi si koncang karena pelayanan di Disdukcapil sudah konek.

"Sangat memudahkan masyarakat dalam konteks rentang kendali terutama kita yang tinggal di daerah pengujung seperti kecamatan Tanjung Medan, Simpang Kanan, Pasir Limau Kapas (Palika) tidak perlu lagi si pemohon datang ke Disdukcapil. Kalau hanya sekedar untuk pengurusan pendaftaran administratif. Itulah efek positif dari program si koncang ini. Kalau untuk penerbitan KTP itu memang harus di Disdukcapil," Terangnya.

Dalam kesempatan itu Kadisdukcapil Rohil, Andi Rahman juga menyampaikan manfaat dari program si koncang, pertama memperpendek rentang waktu dan rentang jarak. Kemudian mempermudah dan menghemat biaya transportasi, biaya makan dan lain sebagainya bagi masyarakat yang hendak mengurus administratif kependudukan ke kabupaten.

"Program ini sangat banyak manfaatnya. Nah kita berharap si koncang ini dapat dijalankan karena banyak sekali program pelayanan yang bisa dilayani melalui aplikasi si koncang," Kata mantan Sekretaris KPU Rohil itu.

Dijelaskan, untuk tahap awal ini pelayanan yang diberikan pihaknya yaitu terkait pengurusan administratif kependudukan yang bersifat penting.

"Untuk pelayanan bagi pemohon yang langsung datang ke kantor juga kita sediakan, pelayanan melalui si koncang kami akan bentuk tim sendiri agar tidak bercampurkan dengan pelayanan biasa, sehingga kedua pelayanan manual dan online bisa sejalan. Kita selalu siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," Pungkasnya. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati : Penghulu Jangan Takut Diperiksa dan Laksanakan Kegiatan Sesuai Aturan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica