www.beritaintermezo.com
22:13 WIB - Asian Agri Rekomendasikan Bibit Topas Untuk Peningkatan Produktivitas TBS Petani | 21:51 WIB - Siap Maju Pilkada 2024, Sulaiman Kembalikan Formulir Pendaftaran | 14:46 WIB - Tiket Pilgubri M. Nasir Lengkap Eddy Yatim: Kami Fokus Seleksi Wagubri | 19:10 WIB - Antusias Siswa SMA Pekanbaru Mengenal Asal Usul Migas Lewat PHR Journey Room | 15:26 WIB - Pemkab Pelalawan Daerah Terbaik 1 di Riau dan 10 Besar Terbaik se-Indonesia | 14:38 WIB - PWI Terima Surat Dukungan Resmi Pemprov Riau Tuan Rumah HPN 2025
Antisipasi Karlahut, Kapolsek Simpang Kanan Cek Mesin Damkarlahut Disetiap Kepenghuluan
Selasa, 27-02-2024 - 18:24:46 WIB

TERKAIT:
   
 

SIMPANG KANAN (Beritaintermezo.com)-Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), Kepolisian Sektor (Polsek) Simpang Kanan, Polres Rohil melakukan pengecekan mesin Damkarlahut Disetiap Desa/kepenghuluan yang ada di kecamatan itu.

"Kita sudah perintahkan para Bhabinkamtibmas untuk bekerjasama dengan aparatur pemerintahan desa maupun kepenghuluan bersama dengan masyarakat peduli api untuk melakukan pengecekan kesiapan mesin-mesin tersebut," Kata Kapolsek Simpang Kanan, Ipda Martin Luther Munte, SH, Selasa (27/2).

Martin mengatakan, Bencana Karlahut bisa saja terjadi kapan saja, makanya kita harus mempersiapkan alat-alat kelengkapan pemadam titik api dari sejak dini.

Diterangkan Kapolsek Martin, Untuk Kepenghuluan Bukit Damar pelaksana kegiatan pengecekan mesin Damkarlahut adalah Bhabinkamtibmas Bukit Damar Bripka Mariadi, PJ.Penghulu Bukit Damar Supriadi S.Pd, Sekdes Sona Anwarudin, dan Kaur Perencanaan Juni Hambali.

Untuk wilayah Bukit Damar, terdapat inventaris satu (1) unit mesin Damkarlahut dengan 4 (empat) set APD dengan rincian 1 (satu) Mesin Damkarlahut Merk Honda Mini Striker, 1 (satu) buah selang penghisap, 1 (satu) buah selang pembuang, 1 (satu) buah Nozel, 4 (empat) buah Helm Damkar, 4 (empat) buah Baju Damkar, 4 (empat) pasang sepatu Bot. "Kesemuanya itu dalam keadaan baik dan lengkap," Ujarnya.

Selanjutnya untuk Kepenghuluan Bagan Nibung yang melaksanakan pengecekan adalah Bhabinkamtibmas Bagan Nibjnb Bripka Yudi Arjuna, Pj.Penghulu Bagan Nibung Tamson S.Pd, dan Sekdes Kiki Itasari.

Untuk hasil giat pengecekan terdapat Inventaris 1 (satu) Mesin Damkarlahut dengan 3 (tiga) set APD dengan rincian 1 (satu) Mesin Damkarlahut Merk Shinsegae SG-GWP 20, 1 (satu) buah selang penghisap, 1 (satu) buah selang pembuang, 1 (satu) buah Nozel, 3 (tiga) buah Helm Damkar, 3 (tiga) buah Baju Damkar, 3 (tiga) pasang sepatu Bot.

Kemudian dilanjutkan ke kepenghuluan Simpang Kanan, pelaksana kegiatan adalah Bhabinkamtibmas Simpang Kanan Bripka Eka Iwan, dan Ketua RW 08 Rawa Mulia, Hakim Hasibuan.

Hasil kegiatan pengecekan di daerah itu  terdapat Inventaris 1 (satu) Mesin Damkarlahut dengan rincian 1 (satu)) unit Mesin Damkarlahut Robin Merk Tesla CX 200, 1 (satu) buah selang penghisap, 1 (satu) buah selang pembuang, 1 (satu) buah Nozel.

Untuk Kepenghuluan Kota Parit lanjut mantan penyidik Tipikor polres Rohil itu sebagai pelaksana kegiatan adalah Bhabinkamtibmas Kota Parit yakni Bripka Juli Handoko dan perangkat desa M.Hazizi Lubis.

Didaerah itu terdapat Inventaris 2 (satu) Mesin Damkarlahut dengan rincian 2 Mesin Damkarlahut Merk Robin, 2 (dua) buah selang penghisap, 2 (dua) buah selang pembuang, dan 2 (dua) buah Nozel.

Dan terakhir adalah kepenghuluan Bukit Selamat yang dikomandoi oleh Bhabinkamtibmas Bripka Ahmad Sazali, Sukses Zainudin Sinaga, Kadus Sidorejo P.Rambe dan Kasipem Abdul Rauf.

Hasil dari pengecekan terdapat Inventaris 4 (empat) unit Mesin Damkarlahut dengan rincian 1 (satu) unit Mesin damkarlahut Robin merk MITSUTOMO 7 HP, 1 (satu) unit Mesin damkarlahut Robin merk SHARK 6,5 HP, 1 (satu) unit Mesin damkarlahut Robin merk HAKIRO 6,5 HP, 1 (satu) unit mesin damkarlahut MINI TRACKER, 4 (empat) buah selang penghisap, 3 (tiga) gulung selang 300 m, dan 5 gulung selang panjang 100 m.

Kapolsek Martin menjelaskan, Adapun tujuan dilakukannya giat Pengecekan terhadap Mesin Damkarlahut oleh para Bhabinkamtibmas Polsek Simpang kanan diwilayah Desa /Kepenghuluan masing - masing adalah sebagai bentuk kesiapsiagaan sarana dan prasarana dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla.

 Selain dari pada itu, juga mengingat saat ini telah memasuki musim kemarau dengan kondisi cuaca yang cukup panas sehingga hal tersebut dapat memicu terjadinya Karhutla di wilayah Kecamatan Simpang Kanan. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Antisipasi Karlahut, Kapolsek Simpang Kanan Cek Mesin Damkarlahut Disetiap Kepenghuluan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica