www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Kembangkan Wisata Andalan, Pemkab Rohil Promosikan Lewat Youtube
Selasa, 23-08-2016 - 13:04:40 WIB
Jembatan Kembar Pedamaran I dan II.
TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com) - Berbagai Objek wisata Kabupaten Rokan Hilir yang saat ini belum dikembangkan secara maksimal seperti Pinggiran Sungai Rokan, Tempat pemandian air panas, Pulau tilan, danau Napangga, Pulau jemur, Jembatan Kembar Pedamaran I dan II, Parit Bay Park termasuk Wisata Danau Janda Gatal akan dipromosikan melalui You Tube dengan melakukan kerjasama dengan Infokom Propinsi riau.

"kita telah lakukan Kerjasama dengan Pihak Informasi dan Komunikasi (Infokom) Propinsi Riau untuk memasukan Potensi Wisata Rohil ke You Tube. Dengan begitu Potensi yang ada akan diketahui dan dikenal oleh Masyarakat Luas baik dalam Negeri maupun Manca Negara, "Kata Kadisparpora Rohil, Zulkarnaen belum lama ini, di Bagansiapiapi.

Untuk mempromosikan daerah lewat you tube tersebut tentunya memerlukan anggaran yang cukup besar,.anggaran dimaksud yakni untuk melakukan pembangunan serta pengembangan Objek wisata yang ada seperti pembersihan tepi sungai Rokan, karena sungai Rokan ini berhadapan langsung dengan Kantor Bupati Rohil, "kata Zulkarnaen.

Dijelaskan, Wisata Sungai Rokan ini ada dua versi yang pertama melakukan Pembersihan dan yang kedua melakukan pembangunan jalan setapak menuju Parit Atmo. karena Wisata sungai Rokan ini sangatlah Luas sehingga harus memerlukan anggaran yang cukup besar untuk mengembangkan nya.

Disparpora Rohil berjanji akan mengupayakan untuk mengembangkan berbagai Objek Wisata yang ada di Rokan Hilir secara Bertahap. Apalagi wisata Sungai Rokan ini banyak digemari oleh masyrakat untuk berrekreasi bersama Keluarga. Karena selain tempatnya indah juga udaranya masih segar alami, "tuturnya.

diterangkannya lagi, Beberapa waktu yang lalu Wisatawan dari Kota Dumai berkunjung ke Rohil dengan menggunakan 37 Bus Wisata untuk mengunjungi Potensi Wisata seperti Sungai Rokan, Jembatan Pedamaran, Museum sejarah, museum Tionghoa, Danau Janda gatal dan wisata lainnya. Nah, ini tentunya suatu pertanda objek wisata Rokan Hilir diminati dan digemari oleh masyrakat luas, "Ujar Zulkarnaen.

Apabila itu nantinya terealisasi maka Rokan Hilir akan sering dikunjungi oleh para wisatan lokal maupun manca negara. "kalau saat ini Objek wisata Rohil yang telah berkembang dan masuk didalam kelender Nasional hanya Ritual Bakar Tongkang, "sebutnya.

Jika semua pendukungnya telah terealisasi dengan baik, maka kita akan siap melakukan Promosi Potensi Wisata yang ada melalui You Tube. Dengan begitu apa yang ada di daerah akan diketahui dan dilihat oleh masyrakat Luas, "Pungkasnya.

*Danau Janda Gatal Dijadikan Wisata Pemancingan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan mengembangkan dan mengangkat Status Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko. Dimana Kepenghuluan itu memiliki Danau yang disebut dengan Nama "Danau Janda Gatal". Danau yang terletak dipinggiran Sungai rokan itu memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata andalan Rohil.

Taman Kota Bagansiapiapi.

Untuk memanfaatkan Icon Tersebut, Pemkab Rohil akan mengembangkan Danau itu sebagai salah satu Objek Wisata Rohil. Pasalnya, selain tempat nya bagus juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Nah, Jika danau itu dikembangkan dengan serius maka sangat diyakini akan mampu menarik Wisatawan Untuk berkunjung, "Kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Belum lama ini, di Bagansiapiapi.

Keseriusan Pemkab Untuk mengembangkan Danau yang disebut Janda Gatal itu sebagai tempat Objek wisata ia meminta konsultan untuk merencanakan pembangunan nya. "tahun ini anggaran untuk pembangunan danau itu akan kita masukan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rohil, "Katanya.

Suyatno mengatakan, Negeri seribu kubah selain memiliki objek wisata seperti Pulau jemur, pulau tilan, danau napangga, jembatan pedaran, Parit Bay Park juga memiliki objek wisata yang disebut dengan nama danau janda gatal. Danau itu sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah untuk memancing.

"Jika Danau itu kita olah maka hasilnya sangat Luar Biasa yang secara Otomatis akan mampu menambah Pendapatan asil daerah (PAD) disektor kepariwisataan. Karena lokasinya sangat bagus dan menawan, apalagi selama ini masyarakat banyak memanfaatkan danau tersebut sebagai wisata memancing ikan. Jika ini dikembangkan maka kepenghuluan parit aman akan ramai dikunjungi, "Ujarnya Optimis.

Dilanjutkan, Selain kepenghuluan itu akan ramai tentunya juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat seperti berjualan makanan dan minuman agar pengunjung betah. Disebutkan, Untuk anggaran pembersihan danau itu pemkab rohil telah menganggarkan dana di APBD sebesar Rp3 Miliar. "Dana pembersihan danau itu dialokasikan kedinas pariwisata kebudayaan pemuda dan olahraga (Disparsenibudpora) Rohil, "tuturnya.

*Sarana dan Prasarana Danau Akan Dilengkapi

Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) mengaku  telah menganggarkan Anggaran untuk melengkapi dan membenahi sarana dan prasarana untuk pengembangan objek wisata danau janda gatal sebesar Rp2 Milliar. Sayangnya, Anggaran yang telah dianggarkan melalui APBD Rohil hingga saat ini belum digunakan oleh instansi terkait.

"Anggarannya sudah kita masukkan di APBD Rohil tahun 2015 lalu sebesar Rp2 Milliar, namun hingga saat ini danau itu belum juga ada satupun pekerjaan yang dilakukan oleh instansi terkait. Entah apa kendalanya hingga danau janda gatal itu belum juga dikerjakan kita pun belum tau, "beber Bupati Suyatno beberapa waktu lalu.

Menurut Bupati, Danau janda gatal itu tempatnya sangat strategis dan cocok biladikembangkan sebagai tempat wisata pemancingan. Selain itu, danau janda gatal itu juga memiliki pemandangan yang sangat indah disaat air laut terjadi pasang surut.
"apabila air laut surut maka sungai itu ikut mengering dan terlihat seperti lapangan Golf, sebaliknya jika air laut pasang maka danau itu akan kembali diisi oleh air yang dipenuhi berbagai jenis ikan sungai, "sebutnya.

Beberapa waktu yang lalu jelas Bupati ada investor yang tertipu dengan pemandangan yang ada diseputaran danau janda gatal itu. Dimana para investor melapor kepada pemkab bahwa sangat tertarik dengan pemandangan danau janda gatal dan ingin berinvestasi untuk membangun lapangan bermain Golf.

Wisata Tepian sungai Rokan, Batu enam sangat ramai dikunjungi saat hari libur.

Sayangnya, Investor itu saat berkunjung kedanau itu bertepatan dengan air surut. "kalau air surut memang terlihat cantik, tapi kalau air pasang pemandangan yang terlihat cantik itu akan tenggelam, "ujarnya sembari bercanda dengan investor tersebut.

Ia juga berkeyakinan jika danau janda gatal itu dikembangkan secara maksimal, maka sangat diyakini wisata pemancingan itu akan terus ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah ditanah air. "Kenapa tidak? selain bisa melepaskan hobby memancing, pengunjung tentunya juga bisa melihat pemandangan yang indah disaat air pasang surut terjadi, "tuturnya.

Agar para pengunjung bisa betah saat berlibur didanau janda gatal itu, disepuran danau itu nantinya akan dibangun cafe serta mendatangkan pedagang untuk berjualan bermacam aneka makanan dan minuman. "kita sangat yakin kalau danau itu nantinya bakal ramai dikunjungi wisatawan, untuk itu Instansi terkait kita minta untuk segera membenahi dan melengkapi sarana dan prasarana diseputaran danau tersebut, "pinta Suyatno.

*Usulkan Anggaran Rp20 Miliar Kepusat

Untuk mengembangkan Objek Wisata Danau Janda Gatal sebagai wisata pemancingan, pemkab Rohil akan mengusulkan Anggaran kepemerintah Pusat sebesar Rp20 Milyar. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan Objek wisata Danau Jando Gatal dengan Laus Lahan 13 Hakter (Ha).

Dukungan Untuk mengembangkan Danau Janda gatal itu telah didukung oleh berbagai Pihak, salah satu nya mantan Bupati Bengkalis Syamsurizal. Dimana eks Bupati Bengkalis itu meminta kepada Disparpora Rohil untuk mengembangkan Danau itu secara serius. Pasalnya, nama wisata Danau Janda Gatal itu termasuk unik dan perlu keseriusan pemerintah untuk mengembangkannya, "kata Samsurizal yang disampaikan olehKadisparpora Rohil, Zulkarnaen Nur beberapa waktu lalu, di Bagansiapiapi.

Diterangkan, sebagaimana yang diketahui Danau jando gatal ini memiliki sejarah yang cukup melegenda tentang asal muasalnya. Nama Danau Janda Gatal itu dulunya ditempati oleh masyrakat yang banyak berstatus Janda, selain itu daerahnya banyak ditumbuhi oleh Rumput liar yang apabila disentuh maka tubuh akan terasa gatal gatal, "kata Zulkarnaen.

Bupati Rohil, H Suyatno Amp didampingi ketua DPRD Rohil, Nasruddin Hasan dan Instansi terkait meninjau Danau janda gatal beberapa waktu lalu. Danau bersejarah ini akan dikembangkan sebagai tempat pemancingan.

Saat ini lanjutnya mayoritas masyarakat di Danau Janda gatal itu cukup Banyak. Sayangnya masyrakatnya masih banyak memiliki kantong kemiskinan dengan menempati Rumah Layak Huni (RLH) yang diberikan oleh pemerintah. saat ini bangunan RLH yang terbuat dari papan itu telah banyak yang lapuk dimakan oleh waktu.

Kedepan nya Daerah itu akan kita bangun berbagai fasilitas baik untuk objek wisata maupun pemukiman masyrakat nya. "Diatas lahan seluas 13 Hekter itu nantinya akan dibangun Objek wisata Kolam Pancing. Karena danau itu lahan nya terpisah-pisah maka kita akan membangun jembatan penghubung antara danau satu kedanau yang lain nya dengan menggunakan jembatan Gantung yang terbuat dari kayu, "Ujar Zulkarnaen.

selain itu kita juga akan membangun Pos Penjagaan beserta tempat tinggalnya. "saat ini kita masih dalam tahap mengurus Surat Keterangan Tanah (SKT) danau janda gatal itu, karena apabila SKT nya tidak ada maka kita tidak bisa mengusulkan anggaran kepemerintah Pusat, "pungkasnya. (Adv/zal)



 
Berita Lainnya :
  • Kembangkan Wisata Andalan, Pemkab Rohil Promosikan Lewat Youtube
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica