www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Advertorial
Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemkab Rohil Fokus Bangun SDM dan Insfraruktur Sekolah
Selasa, 20-09-2016 - 08:05:52 WIB
Bupati Rohil, H Suyatno Amp melakukan kerjasama dengan Universitas riau dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
TERKAIT:
   
 

Bagansiapipai (Beritaintermezo.com)-Dunia pendidikan dikabupaten Rokan Hilir (Rohil) dimasa kepemimpinan H Suyatno Amp bersama Drs Jamiluddin sangat banyak konsep dan program yang telah dicapai, salah satunya peningkatan sumber daya manusia (Sdm), pembangunan berbagai insfraruktur sekolah hingga memberikan bantua bagi siswa yang memiliki prestasi. Untuk meningkatkan mutu pendidikan dinegeri yang berjuluk seribu kubah, Bupati Suyatno mengalokasikan anggaran pendidikan diatas target nasional yakni sebesar 24 persen atau sekitar Rp450 Miliar dari total Rp2 Triliun lenih anggaran APBD tahun 2015.

Konsep peningkatan Sdm yang dibangun oleh kepala daerah bukanlah sekedar isapan jempol belaka, karena ia telah mengambil kebijakan dengan memprogramkan bantuan kuliah gratis kejenjang Strata satu (S1) bagi seluruh guru yang mengajar dirohil. Nah, dengan berkualitasnya para guru secara otomatis mutu pendidikan anak akan meningkat. Sejauh ini sedikitnya sudah ada 2.096 guru yang disekolahkan dibeberapa perguruan tinggi ternama yang ada di indonesia. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk meningkatkan Sdm agar kualitas mutu pendidikan bisa meningkat.

Saat ini jumlah guru yang tersebar dirohi sebanyak 10.423 orang dengan jumlah 901 sekolah yang tersebar di 18 kecamatan. 20 persen diantaranya sudah dikuliahkan untuk mengambil sertifikasi pendidikan sarjana dengan semua skala prioritas jenjang pendidikan mulai dari Play Grup, PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK serta perguruan tinggi dan sekolah tinggi yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, "Kata Bupati Suyatno.

fungsi dan peran guru katanya sangat besar karena paradigma menempatkan guru itu sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, sudah tidak relevan lagi. Kedepannya guru dipandang sebagai pekerja profesional. Tolak ukur peningkatan kinerja guru bisa dinilai melalui sertifikasi, pengkajian struktural maupun pengkajian fungsional. Untuk itu para guru akan mendapat pemberian insentif menurut urgensi dan kebutuhan setiap guru.

Nah, Dalam memantapkan soliditas dan solidaritas organisasi profesi guru yang kuat dan bermartabat, dibutuhkan wadah seperti PGRI dengan tekad membangun kekuatan dan kebersamaan untuk mewujudkan guru profesional, sejahtera, dan bermartabat dalam ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Memperbaiki Kualitas salah satu Komitmen pemerintah daerah dalam melaksanakan program kebijakan pencapaian prestasi pendidikan tersebut dipercaya kepada Dinas Pendidikan Rohil untuk memacu ketertinggalan, Dinas pendidikan mengambil langkah melakukan pemetaan dengan membenahi pendidikan dasar terlebih dahulu yang dimulai dari jenjang sekolah dasar (SD) dan madrasah.

Kerjasama Dengan Universitas Riau

Untuk meningkatkan mutu pendidikan pemkab Rohil melakukan kerjasama dengan universitas riau (Unri), kerjasama untuk memperkuat kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan Sdm itu dilakukan lewat penandatanganan nota kesepahaman atau momerendum of understanding (Mou).

Pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi mengatakan, pemkab rohil dan Unri merupakan mitra kerja yang erat sejak berdiri dan terbentuknya kabupaten yang berjuluk negeri seribu kubah ini. Kerjasama ini juga dibina dalam bentuk program dan sudah berjalan dengan baik dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa kemanusian.

Selama ini katanya pihak Unri selalu menawarkan ide dan gagasan terkait dengan pendidikan dan riset dalam sains teknologi dan cepat tanggap dalam permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas khusunya di rohil. Dimana tantangan dan permasalahan tentunya akan semakin Komplek dimasa mendatang, makanya harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh agar permasalahan yang ada bisa nantinya terselesaikan dengan baik, "kata Surya Arfan.

Selaku pemerintah daerah kita memperpanjang kerjasama antara Universitas Riau dan Pemkab Rokan Hilir. Hal ini dilakukan sesuai dengan visi dan misi dari bupati dan wakil bupati untuk mewujudkan Rohil sebagai "Kawasan Industri Guna Menuju Masyarakat Madani dan Mandiri yang Sejahtera".

Untuk pencapai visi tersebut saat ini telah disusun sebanyak 5 poin Misi Pembangunan Pemkab Rokan Hilir yakni Membanguan masyarakat rohil yang berbudaya melayu, berakhlak, beriman dan bertakwa, Mengembangkan industri Hulu dan Hilir sebagai alternatif pengganti sumber pendapatan daerah yang selama ini bersumber dari Migas sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru.

Pada poin ketiga disebutkan untuk mengembangkan SDM yang berkualitas melalui peningkatan derajat kesehatan dan derajat pendidikan baik individu dan masyarakat, kemudian poin berikutnya Mengedepankan prinsip Good Governance untuk pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan iklim investasi.

Selanjutnya Poin terakhir dari Misi kita untuk mengembangkan perekonomian yang bertumpu pada perluasan pembangunan infrastruktur pedesaan dan perkotaan untukpengembangan pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan dengan penekanankepada peningkatan pendapatan dan kemandirian masyarakat, "Jelasnya.

Anggarkan Beasiswa Berprestasi

Pemkab Rohil melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setiap tahunnya menganggarkan beasiswa yang memiliki prestasi sebanyak 30 orang. Dimana siswa itu dikualiahkan diperguruan tinggi ternama diindonesia seperti di Universitas gajah mada (Ugm), Institut Pertanian bandung (Itb) dan universitas lainnya.

Bupati Rohil, H Suyatno Amp menyerahkan bantuan kepada mahasiswa dari keluarga tidak mampu di Rohil.

Beasiswa yang dianggarkan melalui Anggaran pendapatan belanja daerah (Apbd) setiap tahunnya itu akan diberikan secara khusus kepada siswa yang benar-benar berprestasi. Dimana sebelum beasiswa itu diberikan Disdik terlebih dahulu melakukan seleksi seluruh sekolah tingkatan SMA/Sederajat. Kemudian akan diambil sebanyak 30 siswa dengan cara melakukan seleksi sesuai dengan kemampuan dan prestasi yang dimiliki siswa tersebut.

Kadisdik Rohil, Ir H Amiruddin mengatakan, Seleksi yang dilakukan itu berdasarkan prestasi yang diraih oleh siswa tersebut. Selain itu, para siswa juga diwajibkan untuk mengikuti tes dari kedua Universitas yang telah melakukan kerjasama dengan pemkab rohil. Nah, Bagi yang lulus tes tersebut itulah yang berhak kuliah dengan dibiayai oleh pemkab rohil.

Program pemberian Beasiswa itu sebelumnya juga telah dilaksanakan oleh pemkab rohil dengan dibiayai selama empat tahun untuk menyelesaikan studinya diuniversitas UGM maupun di IPB. Namun, jika dalam empat tahun siswa itu tidak juga bisa menyelesaikan studinya, maka biaya selanjutnya akan ditanggung oleh masing-masing siswa, "katanya.

Program beasiswa ini sebutnya salah satu program pemerintah daerah untuk meningkatkan Sumber daya manusia (SDM) yang saat ini masih lemah. Jika siswa itu telah menyelesaikan studinya, maka siswa tersebut harus mengabdi dengan bekerja dipemkab Rohil. " Jangan sampai dikualihkan pemkab tapi malah bekerja didaerah lain, hal yang sedemikian tentulah tidak kita inginkan, "ucap Amiruddin.

Berikan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menganggarkan dana bantuan beasiswa bagi mahasiswa dari kalangan keluarga tidak mampu sebesar Rp6,5 Miliar melalui Anggaran Pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) Rohil tahun 2015 lalu. Beasiswa itu diberikan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di negeri seribu kubah.

Dana Rp6,5 Miliar itu disalurkan oleh pemkab rohil kepada 2.442 Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ditanah air. Beasiswa itu berikan kepada mahasiswa untuk jurusan Diploma tiga (D3) dan Diploma empat (D4) sebanyak 136 orang dengan besaran masing-masing Rp2 Juta. kemudian untuk mahasiswa jurusan Strata satu (S1) sebanyak 2.306 orang dengan besaran yang diterima masing-masing Rp2,7 juta.

Plt Sekdakab Rohil, Surya Arfan mengatakan, Beasiswa tersebut diberikan berdasarkan seleksi yang sangat ketat. Dimana untuk tahap pertama tim melakukan seleksi administrasi dan melakukan survei kelapangan untuk mengunjungi universitas dimana mahasiswa itu menuntut ilmu.

Seleksi yang dilakukan pemerintah ini dalam upaya menerapkan serta menjalankan peraturan mentri dalam negeri (permendagri) nomor 32 dan nomor 39 tentang dana bantuan hibah dan bansos. "kita tidak berani menyalurkan anggaran kalau tidak sesuai dengan peruntukannya serta menyalahi aturan maupun ketentuan yang berlaku, "tutur Surya.

Selanjutnya survei dilapangan dengan mengunjungi setiap perguruan tinggi agar bantuan itu lebih teratur dan terarah serta terprogram dengan baik. Selain itu, Survei yang dilakukan tim keperguruan tinggi untuk mengantisifasi terjadinya penipuan proposal dari mahasiswa bodong. "Proposal diajukan atas nama mahasiswa, namun setelah dicek dikampus dimana mahasiswa itu kuliah tidak ditemukan biodatanya, "ketus Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Rohil itu.

80 Persen LPM Telah Berpendidikan SMA

Pemkab Rohil mengakui kalau saat ini sudah 80 persen Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (Lpm) telah berpendidikan SMA/Sederajat jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya mengantongi ijazah tamatan Sekolah dasar (Sd).
Hal ini tentunya telah terjadi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap Jabatan LPM yang ada ditiap-tiap kepenghuluan. Dengan begitu para LPM diyakini nantinya akan lebih mampu menggerakkan roda pembangunan dipedasaan.

Untuk mengembangkan suatu Desa, para LPM diharapkan harus lebih mampu menggerakkan potensi dengan memanfaatkan SDM yang dimilikinya untuk membangun desa. Karena LPM adalah orang yang berpengaruh besar bagi pembangunan desa, Selain itu majunya suatu Kabupaten dan kecamatan tergantung dari pembangunan didesa, "kata Surya Arfan.

Diakui Surya, Sejak Rohil berdiri pada tahun 1999 LPM dirohil kebanyakan berpendidikan SD. Nah, saat ini LPM sudah 80 persen mengantongi Pendidikan SMA, dengan begitu kita berharap LPM yang ada lebih mampu untuk meningkatkan SDMnya dalam pembangunan desa,"ujarnya optimis.

Alpeka Bos Diterapkan

Terhitung tahun 2016 sekolah wajib menggunakan Alpeka BOS (Aplikasi Laporan Pertanggung jawaban Keuangan Penggunaan Dana BOS). Untuk kabupaten rohil saat ini telah mulai dijalankan di 28 sekolah madsarah dilingkungan kementrian agama (kemanag) Rohil.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Rohil, H Agustiar Sag kalau Aplikasi itu diberlakukan dengan tujuan untuk untuk mempermudah sekolah dalam penyusunan dan pelaporan penggunaan dana BOS, Karena pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) Republik indonesia (RI) telah mengembangkan sistem dan perangkat lunak yang dapat digunakan oleh sekolah.

Aplikasi laporan pertanggungjawaban keuangan dana BOS tingkat sekolah ini sebutnya merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Unites States Agency for International Development (USAID / Indonesia). Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis oleh pihak sekolah, "Kata Agustiar.

Pada tingkat sekolah Aplikasi tersebut berguna untuk mengelola dan membuat laporan keuangan sekolah, terutama laporan penggunaan dana BOS. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan disusun sesuai dengan Juknis BOS.

Plt sekdakab Rohil , surya Arfan menyerahkan beasiswa berprestasi kepada siswa.

Diterangkan, Dengan menggunakan aplikasi ini sekolah tidak perlu lagi repot-repot menyusun laporan yang diwajibkan untuk laporan oleh sekolah. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini tidak ada alasan lagi bagi sekolah untuk terlambat melaporkan penggunaan dana BOS baik secara offline maupun secara online.

Aplikasi itu juga dibuat dengan memperhatikan pengguna (user) yaitu para bendahara di setiap sekolah. sehingga aplikasi itu dibuat sangat sederhana, mudah digunakan dan mudah dipelajari, karena Aplikasi itu di desain untuk dapat dipelajari secara mandiri.

Sebelum Aplikasi itu dijalankan, Kita telah melakukan pembinaan dan sosialisasi kesetiap sekolah madrasah. Jadi, kalau selama ini menggunakan sistem manual sekarang sudah memakai ilmu teknologi (It) dan harus dipahami oleh semua sekolah, "harapnya.

Siapkan Insfraruktur Untuk Terapkan 'full day scholl'

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui dinas pendidikan (disdik) Rohil mendukung rencana pemerintah pusat tentang penerapan sekolah seharian penuh atau full day scholl. Namun, sebelum itu diterapkan tentunya insfraruktur sekolah yang ada harus dibenahi dan dilengkapi terlebih dahulu.

Adanya wacana tersebut pada dasarnya kita sangat setuju, karena dengan itu kita bisa melihat bagimana respon dari para orang tua siswa. Mengenai penerapannya itu tentu kita lengkapi dulu insfrarukturnya, karena  dirohil ini masih banyak sekolah yang insfrarukturnya belum sepenuhnya mendukung, "Kata Kadisdik Rohil, Ir H Amiruddin MM.

Untuk penerapan full day scholl itu tidak ada masalah sama sekali. Namun resikonya sangat besar karena kita harus terlebih dahulu menyiapkan insfraruktur pendukung yang memadai seperti tempat berolahraga, Musala tempat beribadah, kantin sekolah dan lain sebagainya. Nah, untuk dirohil saat ini fasilitas sekolahnya masih belum lengkap dan memadai, "beber Amiruddin.

Dirinya menilai kalau Penerapan belajar seharian penuh ini mampu membangun karakter anak serta mengurangi kenakalan remaja. "Yang jelas full day scholl itu banyak positifnya, malahan untuk dipropinsi riau kota pekanbaru sudah mulai menerapkan program tersebut, "pungkasnya.
Bentuk Karakter Anak Lewat Paud

Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) mengharapkan kepada satuan pendidikan Sekolah pendidikan Anak Usia Dini (Pau) dapat membentuk karakter anak. Jika anak dibentuk karakternya sejak awal maka kedepannya anak-anak kita akan memiliki moral dan berakhlak serta budi pekerti yang mulia.

Pembentukan karakter anak memang menjadi dasar agar anak kedepannya bisa menanamkan nilai-nilai akhlak, moral dan budi pekerti. Selain itu membentuk karakter anak dari awal juga sebagai dasar pijakan utama dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pendidikan secara nasional, "kata Kadisdik Rohil, Ir H Amiruddin MM di Bagansiapiapi.

Membentuk karakter anak dari sejak awal katanya sangat berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, peradaban serta untuk mengembangkan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa. Untuk itu perlu anak usia dini memperoleh pendidikan formal di paud, karena paud itu dapat membentuk karakter anak, "kata mantan Asisten II bidang Ekbang sedakab rohil itu.

Ia juga memberikan saran kepada para orang tua jika anak telah berusia antara tiga sampai empat tahun bisa disekolahkan di paud. Karena diusia itu dinilai akan mampu membentuk karakter anak. Mengenai kualitas pendidikan katanya tidak terlepas dari kualitas dan kuantitas tenaga pengajar. Sebab, para tenaga pendidik juga harus memiliki kompetensi dan daya saing serta harus memiliki kualitas.

kualitas tenaga pendidik juga sangat mempengaruhi dengan kualitas siswa. Apabila tenaga pendidiknya memiliki kualitas maka anak didik nantinya juga akan berkualitas. Maka dari itu pihaknya berharap kepada sekolah pendidikan paud dapat dan mampu membentuk karakter anak didiknya secara baik, dengan begitu kedepannya kualitas pendidikan dinegeri seribu kubah ini bisa memiliki mutu yang lebih baik.(Adv/Hms/zal)




 
Berita Lainnya :
  • Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemkab Rohil Fokus Bangun SDM dan Insfraruktur Sekolah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica