www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
Karmila Sari Sosialisasi Perda dan Serahkan 10 Ribu Bibit Pohon ke Rantau Kopar
Jumat, 10-11-2017 - 06:56:24 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com) - Anggota DPRD Riau asal Rohil Karmila Sari S Kom MM balik pulang ke Rohil, kali ini ia datang ke Rantau Kopar. Kedatangannya untuk melakukan sosialisasi perda nomor 8 tahun 2014 tentang pengelolaan lingkungan hidup dan penaatan hukum lingkungan hidup Provinsi Riau ini di lakukan di SMAN 1 Rantau Kopar, Rohil, Selasa (7/11) kemaren.

"Antusias anak-anak kelas 2 SMA dan klas 3 SMA dan camat beserta perangkat desa, kapolsek, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dalam mengikuti acara ini terlihat dari semangat mrk menjawab quiz saya tentang perda ini," kata Karmila.

Ia menjelaskan, beberapa pertanyaan mereka tentang menumbuhkan kesadaran mengelola lingkungan dan perhatian mereka terhadap lingkungan sangat bagus dan beranalisa. Iapun senang melihat perkembangan anak-anak didik yang berwawasan luas. "Saya sandingkan acara ini dengan pemberian 10 ribu pohon dari Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Provinsi Riau terdiri dari Matoa, Durian, Sirsak, Gaharu dan Jengkol.

pohon-pohon tersebut diberikan ke empat Kepenghuluan yang ada di Rantau Kopar diantaranya Bagan Cempedak, Sei Rangau, Rantau Kopardan Sekapas.

Ia meminta kepada masyarakat, sekolah untuk mendukung Adiwiyata, kantor-kantor termasuk kantor kapolsek, perkarangan masyarakat dan kelompok masyarakat. Niat pihaknya memberikan pohon ini agar buah dan manfaat yang dihasilkan bisa memberi pendapatan ekonomi bagi masyarakat Rantau Kopar selain membiasakan karakter mencintai pohon dengan merawatnya yang secara tidak langsung menumbuhkan kesadaran dalam mengelola dan melindungi lingkungan hidup mereka secara harmonis.

"Memakai sumber daya ada secara bijak agar dapat dimanfaatkan utk generasi skr dan mendatang dan seterusnya. acara ini disertai dengan berita acara serah terima dengan camat dan penghulu-pwnghulu agar mereka dapat mempertanggungjawabkan perkembangan dan pemanfatan pohon- pohon ini," jelas politisi Partai Golkar ini.

Sementara itu acara Sosialisasi Perda No 8 tahun 2014 tentang pengelolaan lingkungan hidup dan penataan hukum lingkungan hidup di Provinsi Riau dilakukan di Manggala Sempurna, Kecamatan Tanah Putih.  Perda ini memberi informasi termasuk diantaranya tentang hak dan kewajiban masyarakat dalam mengelola lingkungan hidup, bagaimana menyampaikan laporan pencemaran, apa tuntutan dan hukuman terhadap pelaku pencemaran dan menjaga keseimbangan lingkungan hidup agar terus harmonis yang bisa dimanfaatkan untuk generasi sekarang dan masa depan.

Hal kecil itu tidak buang sampah sembarangan, penanaman pohon (one man one tree), tidak membuka lahan dengan membakar. karena dominan lahan gambut di Rohil maka pemanfaatan harus bijaksana agar tidak terulang lagi kebakaran, rusaknya ekosistem, semakin berkurang dan keruhnya air dan lain-lain.

"Sosialisasi ini disandingkan dengan pelatihan lapangan cara pembenihan Ikan Lele karena dianggap sebagai alternatif pendapatan ekonomi. selama ini masyarakat Rohil mengandalkan perkebunan sawit untuk pemanfaatan lahan," katanya.

Alternatif budidaya ikan ini menjadi solusi masyarakat utlntuk menjaga lingkungan dan mendapatkan pendapatan ekonomi yang menjanjikan sehingga kedepan manggala sempurna harapannya menjadi sentra pembenihan dimana masyarakat Rohil tdk erlu mencari benih ikan lele di daerah lain lagi sehingga lebih ekonomis.

Antusias masyarakat terutama yang memang berkecimpung sebagai kelompok budidaya ikan memberikan pertanyaan bersahutan dan langsung mempraktekkan cara menyuntik untuk melakukan pembenihan ikan lele. "Pelatih saya bawa dari lulusan pertanian UNRI yaitu Ridha hatchery yang sudah berpengalaman dan terbukti," ujarnya.

Tak hanya  itu Karmila juga memberi bantuan bibit ikan sebanyak 15 ribu ikan nila ( bantuan  Diskanlut Provinsi Riau) kepada kelompok-kelompok yang ada di Manggala Sempurna ini untuk dibesarkan. Dengan sedikit demi sedikit berbuat hal yang bermanfaat untuk masyarakat, insha Allah masyarakat akan semakin kreatif dan tidak mengeluh dengan kondisi yang terjadi. (rls/zal)



 
Berita Lainnya :
  • Karmila Sari Sosialisasi Perda dan Serahkan 10 Ribu Bibit Pohon ke Rantau Kopar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica