www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
Pasar Simpang Pedamaran Difungsikan, 150 PKL Dipindahkan
Rabu, 25-04-2018 - 08:10:25 WIB
Plt Bupati Rohil meninjau lokasi
TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com) - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir (Rohil), Drs H Jamiluddin sudah beberapa kali melihat bangunan pasar di simpang pedamaran, jalan lintas Bagansiapiapi - Ujung Tanjung dan jalan ke jembatan pedamaran, tepatnya di depan simpang tugu selamat datang. Kali ini pelaksana tugas bupati Rohil Jamiludin juga datang melihat dan meninjau bangunan pasar yang telah dibangun tersebut.

Dia melihat keadaan los pasar dan kios pasar bersama kepala kakan Satpol PP dan Linmas rohil, Suryadi SE dan plt kasubag protokol, Romi Syahputra S.Ap dan Datuk Penghulu Labuhan Tangga Besar, Hasanuddin, Selasa (24/4).

“Kita fungsikan bangunan yang sudah dibangun. Kebetulan pasar yang lama tersebut sudah padat tidak dapat menampung para pedagang sehingga menghambat lalu lintas pengguna jalan raya. Oleh sebab itu kepala desa bersama masyarakat berembuk dan sepakat agar pedagang pasar yang lama dipindahkan ke bangunan pasar yang baru ini,” kata Jamiluddin.

Dia menjelaskan, dengan demikian maka pedagang tersebut akan menjadi tertib berjualan dan menjaga kebersihan pasar agar senantiasa selalu bersih, sehingga tidak ada lagi para pedagang berjualan di sembarangan tempat di lokasi pasar.

“Pada prinsipnya pemerintah menghimbau kepada masyarakat, apapun persoalannya, pada intinya untuk kebaikan desa, masyarakat dan Bumdesnya,” Ujar Jamiludin.

Direncanakan olehnya agar Bumdes dapat di berdayakan untuk menangani pasar di desa. Karena berdasarkan kunjungannya di sejumlah desa di daerah Jawa, kebanyakan Bumdes mengelola pasar desanya. “Oleh sebab itu kami belajar Bumdes merupakan salah satu ujung tombak kepala desa untuk membuka lapangan pekerjaan di desa,” tuturnya.

Bumdes diberdayakan sebutnya agar dapat juga mengelola di bidang kepariwisataan desa sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desanya. Seperti di desa labuhan tangga besar ini bisa di danau buatan, jembatan pedamaran dan tempat objek wisata desa lainnya. “Di rencanakan pada hari Minggu 06 Mei 2018 mendatang akan diresmikan penggunaan pasar labuhan tangga besar ini,” Jelas Mantan Wakil Ketua DPRD rohil tersebut.

Sementara itu, datuk penghulu Labuhan Tangga Besar, Hasanuddin menegaskan bahwa sekitar lebih kurang 150 pedagang di pasar lama akan di arahkan untuk berdagang di pasar yang baru ini. Sementara ruangan yang ada secara permanen di pasar baru sekitar 72 ruangan sedangkan lainnya nanti akan ditempatkan di los pasar lainnya.

“Diutamakan pedagang yang lama dipindahkan kesini, pada dasarnya cukup untuk semua para pedagang pasar lama untuk berdagang di pasar yang baru ini,”kata Hasanuddin.

Oleh sebab itu, agar semua kios dan para pedagang dapat menempati kios akan diatur kemudian sehingga semua para pedagang mendapatkan tempat untuk berjualan.

Dijelaskannya lagi, untuk tata cara penempatan para pedagang ini belum dapat dipastikan karena akan diatur dikemudian. Namun lebih diutamakan terlebih dahulu bagaimana memindahkan para pedagang lama tersebut kelokasi pasar baru. Tata cara penentuan penempatan belum bisa dipastikan oleh karena pasar yang baru belum sepenuhnya diserahkan ke pihak desa, dalam hal ini Bumdes. Namun jikalau telah diserahkan ke pihak desa maka pasar ini akan dikelola oleh Bumdes.

Sementara itu, bangunan pasar lama akan digunakan untuk balai pertemuan desa dan lapangan olahraga bagi pemuda. “Karena kalau sudah diserahkan ke desa, maka bisa mengelolanya dengan anggaran desa. Sebab bangunan kabupaten tidak bisa menggunakan ADD tetapi jikalau sudah menjadi milik desa maka bisa menggunakan Anggaran Desa," Pungkasnya. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Pasar Simpang Pedamaran Difungsikan, 150 PKL Dipindahkan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica