www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Penggarapan PBBP2 Melalui Program PTSL Terbuka Lebar
Jumat, 12-10-2018 - 13:27:46 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com)-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) peluangnya semakin terbuka lebar untuk merebut pendapatan pajak, Salah satunya objek Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBBP2) diwilayah Kecamatan Bagan Sinembah.

Seluruh lahan dan bidang tanah di Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat dilakukan pengukuran BPN Rokan Hilir dalam rangka mensukseskan Program Strategis Nasional PTSL yang dicanangkan Bupati Suyatno beberapa waktu lalu.

Kepala BPN Rokan Hilir, HM Rocky Soenoko, SH MSi menjelaskan, program luncuran pemerintah pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ini sangat memberi dampak yang positif bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat. Seluruh bidang tanah di 62 kepenghuluan dan kelurahan diukur dan dipetakan, jumlahnya tersebar di 15 Kecamatan.

Program PTSL, selama melakukan pengukuran tapak rumah dan kebun secara resmi, masyarakat akan memiliki satu bidang tanah yang telah bersertifikat, setidaknya yang tidak bersedia tetap wajib tanahnya diukur dan dipetakan.

Selain itu, Program ini bisa menghindari berbagai polemik sengketa dan konfik khususnya sengketa batas, terhindar dari pihak-pihak lain yang sengaja ingin mengklaim tanah atau lahan yang bukan miliknya secara melawan hukum, jika belum disertipikatkan apalagi tidak diukur.

"Pemerintah daerah terbantu memiliki data-data objek pajak yakni PBBP2, karena selama ini pemerintah daerah merasa sulit memperoleh pendapatan hasil PBBP2, lantaran tidak mengetahui siapa pemilik tanah, letak, dan batasnya tersebut," kata Rocky Soenoko, Kamis (11/10).

Lanjut Rocky, dengan program PTSL, Alhamdulillah, wilayah Bagan Sinembah Barat sudah selesai dilakukan pengukuran, sehingga satu persoalan pertanahan terkait potensi sengketa batas telah diselesaikan oleh warga sendiri. "Insya Allah satu bidang tanah satu kepemilikan dan satu surat tanah dapat diwujudkan terlebih disertifikatkan oleh pemiliknya, amanlah itu," ujarnya.

Sedangkan Untuk Bagan Sinembah Barat, sudah selesai dilakukan pengukuran dan dipetakan, bahkan dipaduserasikan dengan peta tata ruang Provinsi, sehingga setiap orang dapat mengetahui RT/RW di wilayahnya sendiri. Apakah itu pemukiman, perkebunan, atau merupakan kawasan. Kini kami beralih melakukan pengukuran di daerah Bagan Sinembah Kota, yang sedang berjalan mencapai 400 persil dan tahun depan dituntaskan.

Ia menambahkan, bahwa pemda diuntungkan dalam program PTSL ini, bayangkan OPD terkait kini punya peta bidang tanah dan menerbitkan PBBP2 baru sebagai buah PTSL tahun 2017 sebanyak 7000 persil dan 16.000 persil di tahun 2018, dengan subjek kepemilikan terkini.

Menurut Rocky, bahkan OPD terkait dapat menggunakan peta kami ini sebagai rujukan inventarisasi data lahan, bangunan, dan penggunaan tanahnya ladang kah atau kebun sawit, bangunan rumah atau ruko yang juga sebagai sarang walet.

Berapa potensi yang akan didapat jika hal ini diseriusi, seluruh perangkat pemangku kepentingan di Rohil membangun potensi daerahnya lewat pajak, yang saat ini setidaknya BPN sejak 2017 telah merintisnya.

Untuk itu kita mengajak Kepala OPD, Camat, Lurah, Penghulu, dan seluruh elemen masyarakat untuk membangun perekonomian negeri seribu kubah, bergerak melakukan pendataan tanah atau lahan masyarakat, agar segera diukur oleh BPN supaya tanah atau lahan masyarakat menjadi legal sebagai kepemilikannya," ungkap Rocky sembari mengajak. (zal)




 
Berita Lainnya :
  • Penggarapan PBBP2 Melalui Program PTSL Terbuka Lebar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica