08:24 WIB - Setelah Setahun Sukses Berkegiatan, BEM FIKOM - UIR Syukuran Ke Panti Asuhan | 08:17 WIB - PT BSP Akan Supprot Kegiatan PWI Riau | 07:51 WIB - Presiden Joko Widodo Lantik Wan Thamrin Gubernur Definitif Riau | 17:37 WIB - Hindari Antrian Panjang, Masyarakat Ramai Urus BPJS di MCS Point | 17:27 WIB - LPPM UIR Seminarkan Tantangan Universitas Hadapi Era Industri 4.0 Bersama Prof. Luiz dari Inggris | 17:00 WIB - Peristiwa Nduga Harus Jadi Bahan Evaluasi Bagi TNI, Polri dan BIN
Tim DLH Rohil Ambil Sample Air Sungai Rokan Yang Menyebabkan Ikan Mati
Kamis, 15-11-2018 - 16:37:45 WIB

TERKAIT:
 
  • Tim DLH Rohil Ambil Sample Air Sungai Rokan Yang Menyebabkan Ikan Mati
  •  

    BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com) - Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan investigasi kelapangan untuk mengambil sample air dan ikan sungai Rokan guna mecari tahu penyebab matinya berbagai jenis ikan diperairan sungai Rokan sekitar Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil Kecamatan Bangko.

    "Kami sudah turun kelapangan bersama tim analis labor lingkungan untuk mengambil sample air di muara sungai Rokan, tepatnya daerah Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil Kecamatan Bangko. Hasil dari pengambilan sample ini nantinya akan diuji di laboratorium lingkungan Pekan Baru dan Laboratorium Rokan Hilir," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil, Suwandi S Sos, Kamis (15/11) di Bagansiapiapi.

    Dijelaskan Suwandi, pengujian sample dilakukan didua tempat sebagai pembanding antara hasil labor di Pekan Baru dengan hasil Labor yang di Rokan Hilir. Selain sample air tim DLH juga mengambil sample ikan hasil tangkapan nelayan sungai Rokan yang menurut para nelayan ikannya memiliki ciri fisik terkontaminasi bahan kimia.

    "Selain mengambil sample air, kami juga mengambil sample ikan dari nelayan yang baru pulang mencari ikan dimuara sungai Rokan, informasi dari nelayan ikan yang didapatnya memiliki ciri fisik terkontaminasi bahan kimia. Tapi kita belum bisa menyimpulkan awal karena kita masih menunggu hasil uji sample di Labor Pekan Baru dan Labor Lingkungan Rohil yang nanti hasilnya akan dibandingkan," jelasnya.

    Masa pengujian sample dilaboratorium dikatakan Suwandi diperkirakan selama tiga minggu, setelah hasil uji lab keluar pihaknya akan melakukan ekspos dengan mengundang pihak terkait termasuk beberapa Kepenghuluan yakni dari Kepenghuluan Jumrah, Kepenghuluan Teluk Pulau sampai Kepenghuluan Labuhan Tangga.

    "Kami minta waktu selama tiga minggu, setelah uji labor keluar kita akan ekspos dengan mengundang dinas terkait termasuk pemerintah Kepenghuluan apa sebenarnya sumber pencemaran air sungai Rokan. Jika ini memang diduga dari limbah sawit, tentu nanti akan kita tinjau kelapangan PKS-PKS yang beroperasi di Rohil yang membuang limbahnya ke sungai Rokan," ungkap Suwandi.

    Ia mengharapkan untuk sementara waktu agar masyarakat beberapa kepenghuluan dapat bersabar sampai hasil labor keluar. Dari pengujian awal pengambilan sample air disampaikan Suwandi didapat hasil PH 5 pada air sungai Rokan di Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil, namun PH 5 yang menandakan keasaman air tersebut belum bisa disimpulkan apakah disebabkan limbah pabrik atau peristiwa alam musim hujan dibarengi pasang besar air laut. (zal)



     
    Berita Lainnya :
  • Tim DLH Rohil Ambil Sample Air Sungai Rokan Yang Menyebabkan Ikan Mati
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    3 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    4 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    5 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    6 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    7 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    8 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica