www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Perkebunan dan Pertanian Sektor Perekonomian Di Rohil
Minggu, 11-05-2019 - 12:51:01 WIB
Bupati meninjau tanaman holtikultura di bantaian, kecamatan Batu Hampar.
TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) sampai saat ini masih terus mengembangkan sektor perkebunan dan pertanian. Pasalnya, kedua program tersebut sangat bermanfaat dan sebagai sektor perekonomian bagi masyarakat khususnya dinegeri seribu kubah.

Baru-baru ini Bupati Suyatno  beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi kebun kencur milik warga di Desa Sungai Nyamuk, Kecamatan Sinaboi. Kedatangan Bupati Suyatno dan rombongan disambut Camat Sinaboi Hasyim, Datuk Penghulu Raja Bejamu dan Sungai nyamuk, serta petani kencur.
 
Sebelumnya tanaman kencur yang di tanami petani milik warga Sinaboi ini menarik perhatian sebagai komoditi di bidang pertanian yang sangat menjanjikan selain padi dan sawit.
 
"Kita sangat bangga memiliki petani yang kreatif dalam memamfaatkan lahannya menjadi komoditi yang menjanjikan dan menambah pendapatan petani selain tanaman sawit dan padi. Bayangkan saja, jika di Rohil petani kreatif seperti ini, Insa Allah jika seperti ini masyarakat Rohil akan bertambah makmur dan sejahtera dan akan kita tindak lanjuti tanaman kencur ini," Ucapnya disela kunjungan.
 
Sementara itu, Camat Sinaboi Hasyim menyambut baik atas kunjungi Bupati Suyatno ke wilayah kerjanya dalam rangka melihat langsung tanaman kencur milik warga di Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sinaboi. "Kami atas nama masyarakat Sinaboi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang melihat langsung tanaman kencur milik warga ini," katanya.
 
Menurut Hasyim tanaman kencur ini sangat menjanjikan dan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan kedepannya perlu di budidayakan karena tidak sulit untuk menanamnya. Selain itu juga mempunyai harga jual yang lumayan tinggi di pasaran dan tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya.
 
"Bayangkan saja dengan luas tanah cukup ukuran 30 x 30 M persegi,dengan masa waktu tanam selama 9 bulan sudah bisa di panen,dan jika menanamnya maksimal akan menghasilkan 1 ton tanaman kencur siap jual,Bisa di bayangkan dengan harga jual 1 kg Kencur saat ini sebesar Rp29.000,-,jika dikalikan 1 ton/1000 Kg x Rp29.000 ribu sama dengan Rp29.000.000.- sekali panen," terangnya.
 
Sementara untuk bibit awal tanaman kencur ini,sambung Hasyim lagi dapat dibeli di toko pertanian. Namun, setelah ditanam bibit kencur ini bisa di budi dayakan, sebab tanaman ini sebelum panen sudah ada tunas untuk  ditanam pasca panen.
 
Untuk itu Hasyim mengajak masyarakat untuk mengambil peluang ini dengan menanam kencur ini. "Ayo kita menanam kencur untuk menambah pendapatan keluarga," pungkasnya.

Bupati menyerahkan alat perontok padi kepada petani dikecamatan rimba melintang.

*Serahkan Alat Perontok Padi Kepada Petani

Bupati Rokan Hilir,  H Suyatno AMp menyerahkan 10 unit alat perontok padi ( power tresor) bantuan dari pusat untuk sepuluh kelompok tani di Rokan Hilir.

Bantuan tersebut langsung di serahkan bupati suyatno dan turut di hadiri kepala dinas ketahanan pangan holtikultura provinsi riau, kepala dinas ketahan pangan Rohil, Isa ahmadi dan undangan lainnya.

Bupati suyatno mengatakan Kalau bantuan ini salah satu bentuk kepedulian pemerintah pusat dan pemerintah derah kepada petani rokan hilir, dengan alat tersebut diharapakan dapat memudahkan pekerjaan para petani pasca panen.

"Petani tidak repot lagi menghempas padi, cukup memasukkan padi yang sudah di arit kedalam mesin dan menghasilkan gabah besih," papar Suyatno.

Selain itu, Bupati Suyatno mengharapkan kepada kelompok penerima bantuan untuk dapat menjaga dan merawat alat tersebut dengan baik, untuk kepentingan kelompok dan masyarakat pada umumnya.

Sementra itu, kepala dinas ketahanan Pangan Rohil, Isa ahmadi menjelaskan, 10 unit alat perontok padi di berikan kepada sepuluh kelompok tani tersebar di empat kecamatan dirohil yakni kecamatan rimba melintang, Sinaboi, pekaitan dan kecamatan pekaitan.
"Dengan adanya alat perontok padi, petani tidak lagi bersusah payah, dapat menghemat waktu, efektif, dan efeaien," harap Isa.

Selaian itu, jelas Isa, melalui program serasi untuk tanaman padi dirokan hilir saat ini dari IP seratus meningkat menjadi IP dua ratus.
Bupati Suyatno meninjau kebun kencur dikecamatan Sinaboi.

*Tinjau Tanaman Holtikultura Dibantaian

Bupati Rokan Hilir (Rohil), H suyatno AMp di dampingi kadis ketahanan pangan Rohil, isa ahmadi, melakukan kunjungan kerja di kepenghuluan bantaian hilir, kecamatan Batu Hampar meninjau tanaman holtikultura.

Bupati Rokan Hilir H suyatno menyampaikan apresiasi kerja keras para petani khususnya kelompok tani tunas mandiri yang telah berupaya mengembangka tanaman holtikultura.

"Jujur saya merasa kagum melihat berbagai tanaman yang tumbuh subur di sungai sialang, kepenghuluan bantaian hilir. Ini tentunya tidak terlepas bimbingan dari Kepala dinas, PPL, dan Babinsa setempat untuk mengembangkan tanaman holtikultura," Ungkapnya.

Selain itu, Bupati Suyatno berpesan kepada kelompok tani untuk mengundang dirinya jika melakukan panen raya nantinya. "Nanti saya akan ajak ibu PKK dan instansi yang terkait, untuk panen raya," Katanya.

Adapun tanaman holtikultura yang di kembangkan kelompok tani tunas mandiri berupa, melon, bawang merah, jagung, pare, jabu madu, kool, gambas cabe dan tanaman lainnya. (Adv)


1.
2.
3.



 
Berita Lainnya :
  • Perkebunan dan Pertanian Sektor Perekonomian Di Rohil
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica