www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Dua tiang Layar Tongkang Jatuh Kelaut,
Tingkat Kunjungan Perayaan Bakar Tongkang Bertambah 6000
Jumat, 21-06-2019 - 06:47:40 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com) - Tingkat Kunjungan Perayaan Ritual Bakar Tongkang (RBT) tahun 2019 bertambah sebanyak 6000 pengunjung dari perayaan di tahun sebelumnya 70.000 pengunjung. Wisata ini menjadi sejarah dengan pengunjung terbanyak setiap tahunnya.

Demikian dikatakan Bupati Rohil, H Suyatno AMp disela-sela menyaksikan prosesi RBT di Bagansiapiapi, Rabu (19/6) sore. "Saya sangat bergembira, dimana jumlah pengunjung perayaan Rbt tahun ini meningkat dari 70.000 menjadi 76.000. Hal ini tentunya menjadi kebanggan bagi kita semua karena daerah kita dikunjungi puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah dan belahan dunia," Ucapnya.

Bupati berharap tingkat kunjungan tahun 2020 nanti bisa mendekati angka 100.000 pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung, maka secara otomatis akan mampu menambah PAD disektor pariwisata dan ekonomi masyarakat juga ikut meningkat. "Mungkin selama ini kendalanya adalah jalan menuju kota Bagansiapiapi yang selama ini rusak parah, namun tahun ini jalan tersebut sudah mulai diperbaiki. Jadi tahun depan kita harap pengunjung bisa bertambah," Harap Suyatno.

Selain dari pada itu, Bupati juga mengajak semua pihak untuk mempromosikan wisata yang ada dinegeri seribu kubah ketingkat nasional bahkan ke tingkat internasional. Ivent wisata bakar tongkang ini adalah salah satu aset daerah yang harus kita jaga dengan baik. Apalagi agenda tahunan ini sudah masuk kelender nasional. "Untuk propinsi riau wisata yang sudah masuk kelender nasional hanya tiga yakni wisata Bono, tour de Siak dan ritual bakar tongkang," Ucap Suyatno.

Sebagaimana yang kita ketahui, ritual bakar tongkang ini dikenal dengan perayaan ulang tahun Dewi Ki hu Ong ya. Dimana tujuannya adalah untuk menentukan arah rezeki bagi masyarakat Tionghoa. Dimana tahun ini kedua tiang tongkang jatuh kearah laut yang menandakan kalau rezeki lebih banyak kelaut. Disisi lain, bakar tongkang ini bertujuan dimana kapal yang dibuat itu tidak bisa membawa mereka pulang ke negara asalnya.

Tepat pada pukul 16.00 Wib, Bupati Suyatno didampingi Sugianto alias Raja Baut, Deputi Kementrian Pariwisata RI, dan jumlah pejabat penting lainnya menaiki replika tongkang dengan menyapa puluhan ribu wisatawan yang ada dilokasi pembakaran dengan memegangi dupa sambil bersorak-sorak.

Lebih kurang sekitar 15 menit replika tongkang itu pun habis terbakar api. Detik-detik yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat pun tiba, kedua tiang tongkang jatuh ke arah laut yang merupakan pertanda rezeki tahun ini lebih banyak kelaut. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Tingkat Kunjungan Perayaan Bakar Tongkang Bertambah 6000
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica