www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Parit Aman Desa Wisata Baru Rokan Hilir
Kamis , 07-11-2019 - 15:01:02 WIB

TERKAIT:
   
 

Bagansiapiapi (Beritaintermezo.com)-Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp menyampaikan rasa bangga, dan apresiasi kepada Penghulu dan salah sesorang pemuda Kepenghuluan Parit Aman bernama Wawan yang telah mampu  membangun komunikasi dan menggerakan partisipasi pemuda dan masyarakat dalam mempersolek dan menata lingkungan di Kepenghuluan Parit Aman menjadi Kepenghuluan yang indah. Sehingga, Kepenghuluan Parit Aman tumbuh dan berkembang menjadi Desa Wisata dan sekaligus sebagai destinasi Wisata baru di Kabupaten Rokan Hilir.

Menurutnya, dukungan  dari Penghulu, dan peran serta dari lembaga masyarakat Kepenghuluan Parit Aman dan segenap warga masyarakat lainnya, menjadi modal dasar yang mengantarkan Parit Aman untuk nanti menjadi Desa Wisata yang pertama Kabupaten Rokan Hilir.

Suyatno meminta dilakukan kegiatan pembinaan dan pendampingan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan olahraga terhadap prakarsa dan peran serta masyarakat Kepenghuluan Parit Aman, dan dapat pula Kepenghuluan Parit Aman sebagai peletakan dasar dalam  pendampingan bagi spirit masyarakat Kepenghuluan Parit Aman dalam  pengembangan Desa Wisata.

Terwujudnya Desa Wisata ini sangat dipengaruhi oleh keaktifan dan semangat membangun desa, dari jajaran lembaga penggerak masyarakat desa beserta masyarakatnya.

Oleh karena itu Bupati Suyatno berharap masyarakat Kepenghuluan Parit Aman, selaku pemilik Desa sekaligus tuan rumah bagi para pangunjung, agar terus berupaya mewujudkan sadar wisata, dengan menerapkan program Sapta Pesona. Yakni memujudkan lingkungan desa yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan," Pesan Suyatno.

Selain dari pada itu, Ia juga minta di Kepenghuluan Parit Aman mengembangkan kreatif dan khas Desa yg unik, sehingga menjadi daya tarik untuk orang berkunjung ke Kepenghuluan Parit Aman. Penyajian kuliner yang nyaman, bersih dan higenis.

Apa yang telah dilakukan oleh Penghulu dan pemuda (Wawan) dan masyarakat  Parit Aman dapat memotivasi Penghulu dan bermunculan di Kepenghuluan yang lain. Penumbuhan kembali semangat gotong royong merupakan sesuatu yang penting, karena semangat gotong royong merupakan budaya masyarakat desa yang perlu ditumbuhkembangkan dan dilestarikan," Tutup Suyatno.

**Resmikan Kampung Bersih Merah Putih

Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp meresmikan kampung bersih merah putih yang terletak dikepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko. Peresmian itu ditandai dengan penguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Rohil, Hj Wan Mardiana Suyatno.

Peresmian itu turut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) rohil Drs H Jamiludin, Sekda Drs H Surya Arfan MSi, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Para Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Humas dan Protokoler Hermanto S Sos, Camat Bangko Rijalul Fikri, Para lurah/datuk penghulu, tokoh pemuda, dan undangan lainnya.

Camat Bangko, Rijalul Fikri dalam sambutannya mengatakan kalau jumlah kepenghuluan parit aman saat ini beejumlah 4.621 jiwa. Selain itu masih banyak terdapat kantong kemiskinan. Namun demikian, masyarakatnya banyak pemikiran untuk membangun kampung agar setara dengan kampung-kampung yang lainnya.

Agar terhindar dari lingkaran hitam narkotika, para pemuda dikampung itu diajak untuk melakukan kegiatan positif seperti olahraga dan kegiatan positif lainnya. "Terbentuknya kampung bersih merah putih ini berkat kekompakan masyarakatnya. Dimana masyarakatnya menghiasi rumah masing-masing menggunakan barang bekas, kemudian disetiap rumah dihiasi dengan pagar menggunakan bambu," Kata Rijalul Fikri.

Masyrakat setempat sebut Rijalul sangat mengharapkan jalan dari bundaran perkuburan hingga ke simpang dua ratus bisa diperbaiki.  Karena saat jalan tersebut kondisinya rusak parah. Selain itu, penerang listrik juga sangat dibutuhkan mengingat daerah itu sangat sepi dan sunyi.

Sementara itu, Bupati Suyatno menyampaikan kalau daerah parit aman memang banyak yang harus kita perhatikan, terutama masalah insfraruktur dan penerang listrik. "Kalau masalah jalan itu sudah diukur dan anggarannya akan dimasukkan dalam APBD. Kalau penerang jalan insya allah besok (Jumat'red) sudah dipasang," Ujarnya.

Bupati mengakui kalau ia pertama kali melihat kampung bersih merah putih ini lewat WA yang dikirimkan oleh tokok pemuda setempat. "Kemaren saya lagi dijakarta, begitu masuk pesan saya lihat fotonya bagus, kemudian saya tanya itu daerah mana, ternyata parit aman," Kata Suyatno sembari memuji kalau rumah-rumah warga terlihat begitu cantik.  (Adv/hms/zal)



 
Berita Lainnya :
  • Parit Aman Desa Wisata Baru Rokan Hilir
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica