www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
Wabup Sukiman Panen Raya di Desa Pasir Maju
Kamis, 25-01-2018 - 09:40:25 WIB

TERKAIT:
   
 

Rohul (Beritaintermezo.com)-Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman bersama Forkopimda, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Rohul Mubrizal SP MMA, Rabu (24/1) melakukan panen padi sawah dilahan 25 hektar milik kelompok tani Harapan Maja Setia Desa Pasir Maju Kecamatan Rambah.

Pada acara panen padi kelompol tani yang dinilai berhasil atas binaan Dinas TPH Kabupaten Rohul itu, melalui program upaya khusus (Upsus) pengembangan komoditi padi jagung dan kedele tahun 2017 itu.

Selain Bupati, hadir Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, para kepala Dinas, Badan dan Kantor dilingkungan Pemkab Rohul, Kades Pasir Maju Anang Junaidi dan kelompok tani Harapan Maja Setia serta masyarakat setempat.

Wabup Rohul H Sukiman mengajak para petani sawah di Kecamatan Rambah Samo khususnya Desa Pasir Maju untuk bersama-sama mengsukseskan program Upsus penanaman padi di Kabupaten Rohul.

Menurutnya, luas sawah di Desa Pasir Maju Kecamatan Rambah  tahun 2017 seluas 86 hektar. Panen padi perdana diawal tahun 2018 dapat. Tentunya dengan adanya panen padi bersama yang dilakukan ini, dapat memotivasi dan semangat kepada para petani dalam meningkatkan produksi padi.

Dengan harapan terjadi peningkatan hasil produksi panen padi milik petani yang sangat bagus sehingga dapat membawa keuntungan bagi para petani yang berdampak pada kesejahteraan petani.

Sukiman menyampaikan lahan sawah di Rohul yang sudah banyak di alih fungsikan menjadi perkebunan, harus diupayakan kembali menjadi lahan persawahan seperti semula. Untuk itu, masyarakat diminta mengaktifkan kembali lahan yang tidur, dan lahan alih fungsi menjadi lahan sawah.

Dalam pada itu, Kepala Dinas TPH Rohul Mubriza SP MMA menyampaikan, pihaknya pada tahun 2017 telah melaksanakan program dan kegiatan pengembangan tanaman padi sawah seluas1.714,25 hektar yang dananya bersumber dari APBD Provinsi dan APBN  dengan kegiatan, pengembangan Desa Mandiri Benih seluas 70 hektar dengan sumber dana APBD Riau.

Selanjutnya pengembangan tanaman padi Inbrida Sawah seluas 1.444,25 hektar sumber dana dari APBN Tugas Pembantuan tahun 2017.

"Padi sawah dan padi gogo milik petani di Rohul yang akan dipanen pada tahun 2018 seluas 7.972 hektar. Diantaranya Padi sawah seluas 1.440 Ha, dan padi gogo 6.532 Ha," jelasnya.

Mubrizal menambahkan, setiap tahunnya, petani padi sawah dan padi gogo mendapat bantuan varietas unggul bibit padi, pupuk dan alat mesin pertanian, dalam rangka memotivasi petani agar tetap bertahan diusahanya sebagai petani padi, tidak melakukan alih fungsi lahan dari lahan sawah menjadi lahan perkebunan.

"Panen padi di Desa Pasir Maju ini merupakan padi yang ditanam bulan November 2017, dengan luas lahan yang termasuk program upsus pajale seluas 86 hektar. Namun yang baru bisa dipanen seluas 25 hektar," terangnya.

Kemudian lawan sawah yang menjadi sasaran kegiatan Upsus pajale di Desa Pasir Maju ini , merupakan lahan tadah hujan, belum dialiri irigasi, namun hasil penanaman dan produksinya sangat berhasil. (Adv/hms/joh)



 
Berita Lainnya :
  • Wabup Sukiman Panen Raya di Desa Pasir Maju
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica