Sebanyak 139 Desa di Kabupaten Rokan Hulu, sebagai penerima bantuan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa pada tahun 2017 lalu, telah mene" />
www.beritaintermezo.com
16:09 WIB - Polres Dairi Buka Puasa Bersama, Santuni Anak Yatim dan Kaum Duafa Dalam p | 15:53 WIB - Ibu-ibu Pengajian Al Hidayah Perawang Tetap Solid Dukung Paslon Nomor 4 | 20:17 WIB - Suka Nyinyir Kritik Pemerintah, Fahri Tetap Pakai Fasilitas Negara Keluyuran ke Luar Negeri | 20:10 WIB - Bila Rim-Uli Terpilih Bupati, Ini Yang Akan Dilakukan di Dairi | 20:06 WIB - Terancam Digusur, Ribuan Pedagang Pasar Kemiri Muka Depok Mengadu Ke DPD RI | 07:40 WIB - Prof Aras Mulyadi Pendaftar Ketiga Balon Rektor Unri 2018-2022
Pertama di Riau Terapkan Aplikasi Siskeudes, Wabup Minta Desa di Rohul Transparansi Pengelolaan Keua
Selasa, 06-02-2018 - 08:22:17 WIB

TERKAIT:
 
  • Pertama di Riau Terapkan Aplikasi Siskeudes, Wabup Minta Desa di Rohul Transparansi Pengelolaan Keua
  •  

    Rohul (Beritaintermezo.com)-Sebanyak 139 Desa di Kabupaten Rokan Hulu, sebagai penerima bantuan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa pada tahun 2017 lalu, telah menerapkan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes).

    Penerapan aplikasi Siskeudes di setiap desa penerima DD tersebut, karena Pemerintah Pusat mewajibkan seluruh pemerintah desa se-Indonesia untuk menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerjasama dengan ementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk pengelolaan Keuangan Desa yang kucuran dananya cukup besar.

    ‘’Rokan Hulu (Rohul), satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Riau, seluruh desanya telah menerapkan aplikasi Siskeudes tahun 2017. Dalam hal pengelolaan keuangan desa baik bantuan ADD yang bersumber dari APBD Rohul dan DD yang dikucurkan Pemerintah Pusat. Alhamdulilah, dengan penerapan Siskeudes tersebut, Pusat menetapkan 10 (sepuluh) desa di Kabupaten Rohul terbaik dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2017 ,’’ungkap Wabup Rohul H Sukiman kepada wartawan, Senin (5/2/2018).

    Menurutnya, 10 desa di Kabupaten Rohul yang ditetapkan terbaik dalam hal pengelolaan keuangan desa melalui Aplikasi Siskeudes, itu merupakan salah satu prestasi yang cukup membanggakan.

    Karena salah satu rencanan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Provinsi Riau, lanjut Sukiman, selain melaksanakan kegiatan replanting kebun kelapa sawit dan penyerahan sertifikat tanah serta program padat karya tunai tahun 2018.

    Nantinya orang nomor satu di Indonesia itu, akan meninjau salah satu dari 10 desa di Rohul yang dinilai terbaik dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2017.

    ‘’ Salah satu kunjungan Presiden Joko Widodo ke daerah kita, selain melaksanakan replanting kebun kelapa sawit dan penyerahan sertifikat tanah. Bapak Presiden akan melihat secara langsung pelaksanaan Siskeudes terbaik, disalah satu desa dari 10 desa di Rohul yang ditetapkan Pusat itu,’’ katanya.

    Sepuluh desa di Rokan Hulu yang dinilai terbaik dalam hal pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes tahun 2017 diantaranya, Desa Bangun Purba Barat Kecamatan Bangun Purba, Desa Teluk Aur, Desa Marga Mulya, Desa Rambah Samo Kecamatan Rambah Samo.

    Selanjutnya, Desa Tambusai Timur Kecamatan Tambusai, Desa Kepayang Kecamatan Kepenuhan Hulu, Desa Kepenuhan Hilir, Desa Ulak Patian Kecamatan Kepenuhan, Desa Menaming, Desa Suka Maju Kecamatan Rambah.

    ‘’Kita harapkan, melalui aplikasi Siskeudes yang diterapkan oleh Pemerintah Desa se Rohul, diharapkan pengelolaan keuangan desa, mulai dari perencanaan, penatausahaan, pembukuan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan aturan perundang-udangan yang berlaku,’’ katanya.

    Mantan Dandim Inhil itu menyebutkan, penerapan aplikasi Siskeudes itu, selain dapat terhindar dari penyimpangan atau penyalahgunaan dana, baik yang bersumber dari dana desa, alokasi dana desa, dan lainnya.

    Sukiman menjelaskan, dalam hal penerapan aplikasi Siskeudes, dimana pemerintah desa harus mengentri seluruh data Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) ke aplikasi Siskeudes.

    Mulai dari perencanaan hingga laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan desa, harus dientri ke aplikasi itu. Karena aplikasi yang dirancang BPKP itu, untuk menjamin pembangunan desa sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Sebab penerapan aplikasi Siskeudes, salah satu bentuk inovasi sistem pelaporan keuangan desa yang
    mengedepankan aksesibilitas serta efektif dan efisien waktu.

    Sukiman menambahkan, dengan diterapkannya, pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes, tidak lain  untuk menertibkan administrasi dalam melakukan pelaporan dan mengelola keuangan desa serta mempermudah pengawasan keuangan desa oleh Pemerintah daerah dan Pusat. (Adv/hms/joh)



     
    Berita Lainnya :
  • Pertama di Riau Terapkan Aplikasi Siskeudes, Wabup Minta Desa di Rohul Transparansi Pengelolaan Keua
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    4 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    5 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    6 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    7 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    8 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    9 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica