www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Pertama di Riau Terapkan Aplikasi Siskeudes, Wabup Minta Desa di Rohul Transparansi Pengelolaan Keua
Selasa, 06-02-2018 - 08:22:17 WIB

TERKAIT:
   
 

Rohul (Beritaintermezo.com)-Sebanyak 139 Desa di Kabupaten Rokan Hulu, sebagai penerima bantuan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa pada tahun 2017 lalu, telah menerapkan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes).

Penerapan aplikasi Siskeudes di setiap desa penerima DD tersebut, karena Pemerintah Pusat mewajibkan seluruh pemerintah desa se-Indonesia untuk menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerjasama dengan ementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk pengelolaan Keuangan Desa yang kucuran dananya cukup besar.

‘’Rokan Hulu (Rohul), satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Riau, seluruh desanya telah menerapkan aplikasi Siskeudes tahun 2017. Dalam hal pengelolaan keuangan desa baik bantuan ADD yang bersumber dari APBD Rohul dan DD yang dikucurkan Pemerintah Pusat. Alhamdulilah, dengan penerapan Siskeudes tersebut, Pusat menetapkan 10 (sepuluh) desa di Kabupaten Rohul terbaik dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2017 ,’’ungkap Wabup Rohul H Sukiman kepada wartawan, Senin (5/2/2018).

Menurutnya, 10 desa di Kabupaten Rohul yang ditetapkan terbaik dalam hal pengelolaan keuangan desa melalui Aplikasi Siskeudes, itu merupakan salah satu prestasi yang cukup membanggakan.

Karena salah satu rencanan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Provinsi Riau, lanjut Sukiman, selain melaksanakan kegiatan replanting kebun kelapa sawit dan penyerahan sertifikat tanah serta program padat karya tunai tahun 2018.

Nantinya orang nomor satu di Indonesia itu, akan meninjau salah satu dari 10 desa di Rohul yang dinilai terbaik dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2017.

‘’ Salah satu kunjungan Presiden Joko Widodo ke daerah kita, selain melaksanakan replanting kebun kelapa sawit dan penyerahan sertifikat tanah. Bapak Presiden akan melihat secara langsung pelaksanaan Siskeudes terbaik, disalah satu desa dari 10 desa di Rohul yang ditetapkan Pusat itu,’’ katanya.

Sepuluh desa di Rokan Hulu yang dinilai terbaik dalam hal pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes tahun 2017 diantaranya, Desa Bangun Purba Barat Kecamatan Bangun Purba, Desa Teluk Aur, Desa Marga Mulya, Desa Rambah Samo Kecamatan Rambah Samo.

Selanjutnya, Desa Tambusai Timur Kecamatan Tambusai, Desa Kepayang Kecamatan Kepenuhan Hulu, Desa Kepenuhan Hilir, Desa Ulak Patian Kecamatan Kepenuhan, Desa Menaming, Desa Suka Maju Kecamatan Rambah.

‘’Kita harapkan, melalui aplikasi Siskeudes yang diterapkan oleh Pemerintah Desa se Rohul, diharapkan pengelolaan keuangan desa, mulai dari perencanaan, penatausahaan, pembukuan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan aturan perundang-udangan yang berlaku,’’ katanya.

Mantan Dandim Inhil itu menyebutkan, penerapan aplikasi Siskeudes itu, selain dapat terhindar dari penyimpangan atau penyalahgunaan dana, baik yang bersumber dari dana desa, alokasi dana desa, dan lainnya.

Sukiman menjelaskan, dalam hal penerapan aplikasi Siskeudes, dimana pemerintah desa harus mengentri seluruh data Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) ke aplikasi Siskeudes.

Mulai dari perencanaan hingga laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan desa, harus dientri ke aplikasi itu. Karena aplikasi yang dirancang BPKP itu, untuk menjamin pembangunan desa sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Sebab penerapan aplikasi Siskeudes, salah satu bentuk inovasi sistem pelaporan keuangan desa yang
mengedepankan aksesibilitas serta efektif dan efisien waktu.

Sukiman menambahkan, dengan diterapkannya, pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes, tidak lain  untuk menertibkan administrasi dalam melakukan pelaporan dan mengelola keuangan desa serta mempermudah pengawasan keuangan desa oleh Pemerintah daerah dan Pusat. (Adv/hms/joh)



 
Berita Lainnya :
  • Pertama di Riau Terapkan Aplikasi Siskeudes, Wabup Minta Desa di Rohul Transparansi Pengelolaan Keua
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica