www.beritaintermezo.com
01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers | 01:27 WIB - Pilkada Serentak 2024, PDIP Pelalawan Buka Penjaringan Hanya Untuk Cawabup | 14:01 WIB - Ini Dia Para Pemenang PTPN IV Regional III Performance League 2024
Komit Kembangkan Perpustakaan di Rohul, Bupati Sukiman Hadiri Rokornas Bidang Perpustakaan di Jakart
Selasa, 27-03-2018 - 08:05:13 WIB

TERKAIT:
   
 

Rohul (Beritaintermezo.com)-Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) dalam mengembangkan dan tatakelola perpustakaan di Rohul, dengan harapan dapat memberikan pelayanan dan meningkatkan minat baca siswa-siswi di Rohul, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman di dampingi Kepala Dinas Perpustakaan Dan Arsip Rohul DR Dipendri menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan, di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018).

Dalam acara yang digelar oleh Perpusnas RI itu menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bidang perpustakaan di Gedung Perpusnas, Jalan Medan Merdeka Selatan, jakarta pusat Rakornas antara lain untuk mendorong literasi dan minat baca nasional.

"Pemerataan akses perpustakaan bagi masyarakat menjadi salah satu target yang ingin dicapai oleh Perpusnas melalui pengembangan pustakawan bergerak," kata Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando di Gedung Perpusnas, Senin (26/3/2018).

Rakornas dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) dengan ditandai pemencetan tombol sirene. JK selanjutnya akan meresmikan Perpustakaan Digital di Gedung Layanan Perpusnas. Hadir dalam acara ini Ketua MPR Oesman Sapta Odang (OSO) dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Rakornas Perpustakaan bertujuan untuk mengidentifikasikan permasalahan dan isu-isu strategis terkait dengan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca. Selain itu untuk menyelaraskan sasaran program dan pembudayaan kegemaran membaca.

”Pengembangan perpustakaan dan literasi ini terkait erat dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Untuk diketahui, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia saat ini menempati peringkat 113 dari 188 negara. IPM dibentuk oleh tiga indikator dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan yang memadai, dan standar hidup layak. Dalam indikator pengetahuan yang memadai terdapat penilaian terhadap kinerja membaca.

Data Central Connecticut State University mengenai The World's Most Literate Nation pada 2016 menyatakan peringkat literasi Indonesia di posisi 60 dari 61 negara. Sedangkan riset Perpusnas pada 2017 menunjukkan frekuensi membaca orang Indonesia rata-rata 3-4 kali per minggu.

Lama waktu membaca per hari rata-rata hanya 30-59 menit. Jumlah buku yang dibaca per tahun rata-rata sekitar 5-9 buku sehingga diperoleh rata-rata tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia adalah 36,48 atau rendah.

Berdasarkan hal tersebut, pembangunan sumber daya manusia menjadi prioritas pembangunan nasional, dan posisi literasi menjadi strategis untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing.

Dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 penguatan literasi menjadi salah satu prioritas yang mendukung prioritas nasional pembangunan manusia melalui kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar.

Rakornas juga akan dilangsungkan di Hotel Bidakara, Jakarta, 26-28 Maret 2018. Nantinya juga akan hadir para narasumber dari Komisi X DPR, Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggj, Duta Baca Indonesia Najwa Shihab, dan Kepala Dinas Perpustakaan Tapanuli Selatan.

Di samping itu, akan digelar sesi paralel yang membahas isu-isu strategis mengenai pengembangan perpustakaan sekolah, perpustakaan pendidikan tinggi, perpustakaan umum, dan perpustakaan daerah.

Usai Rakornas, juga akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, 26-28 Maret 2018. Rapat itu akan menghadirkan sejumlah narasumber, seperti dari Komisi X DPR, Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, Duta Baca Indonesia Najwa Shihab, dan Kepala Dinas Perpustakaan Tapanuli Selatan.

Tambah Bupati Rohul Sukiman, di Rakornas tahun ini juga akan digelar sesi paralel yang membahas isu-isu strategis mengenai pengembangan perpustakaan sekolah, perpustakaan pendidikan tinggi, perpustakaan umum, dan perpustakaan daerah.

“Sehingga, kita menyambut baik langkah dilakukan pemerintah pusat dalam menaikkan minat baca di masyarakat, karena membaca itu sangat penting bagi masyarakat,” kata Bupati Rohul Sukiman. (Adv/hms/joh)



 
Berita Lainnya :
  • Komit Kembangkan Perpustakaan di Rohul, Bupati Sukiman Hadiri Rokornas Bidang Perpustakaan di Jakart
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica