www.beritaintermezo.com
08:45 WIB - Dengan Aplikasi JKN, Kini Peserta JKN Bisa Pindahkan Lokasi FKTP Dengan Mudah | 08:40 WIB - BPOM Pekanbaru Sita Ribuan Kardus Kosmetik dan Obatan Ilegal | 08:23 WIB - Dibuka Pj Gubernur, Wabup Sulaiman Hadiri Pembukaan MTQ Ke XLII Provinsi Riau Tahun 2024 | 08:20 WIB - Ramai di Kunjungi, Stand Bazar Rohil Sajikan Berbagai Produk UMKM | 19:35 WIB - Soal Pilkada, Bawaslu Riau Lakukan Evaluasi dan Rekrutmen Panwascam, Catat Jadwalnya | 16:41 WIB - Buka UKW ke XXIII, Elly Wardani : Kompetensi Menguji Profesional Wartawan dan Kualitas Berita
100.000 Benih Ikan Ditabur di Danau Bokuok Kampar
Kamis, 22-03-2018 - 08:13:04 WIB

TERKAIT:
   
 

Kampar (Beritaintermezo.com)-Direktorat Jendral Perikanan Budidaya (DJPB) Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI) bersama Balai Perikanan Budi Daya Air Tawar Sungai Gelam -Jambi menabur benih ikan/calon induk sebanyak 100.000 ekor di kawasan Danau Bokuok Desa Aur Sati Kecamatan Tambang, (20/3/18) lalu.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Kepala Balai Perikanan Budi Daya Air Tawar Sungai Gelam - Jambi Johari, Ketua Asosiasi Pakan Mandiri Nasional Syafrufdin, Wakil Ketua DPRD Kampar Faisal, Anggota DPR H Kasru, Zomrotun, Firman Wakyudi, Kadis Perikanan Provinsi Riau Herman Mahmud, Danramil Kapten Lilik, Kapolsek Tambang AKP Hanono S.

Dalam arahannya Dirjen PJB Slamet Sorbjokto mengatakan bahwa penebaran 100.000 benih ikan Jelawat dan Nilam adalah Restocking atau penebaran kembali, hal ini bermaksud untuk menjaga jumlah persediaan ikan di kawasan Danau Bokuok.

Kegiatan ini sejalan dengan kebijakan DJPB untuk mendorong seluruh aktivitas perikanan budidaya agar mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan, karena restocking adalah upaya untuk pemulihan kembali stok ikan di alam.

Restocking, kata dia, tidak boleh menggunakan sembarang benih ikan, harus ikan-ikan yang habitatnya di perairan setempat. Kalau pun harus mendatangkan benih ikan dari luar, maka disarankan untuk ditebarkan di kolam, waduk atau perairan umum tertutup agar tidak menyebar.
“Pemulihan kembali stok ikan di alam, dengan harapan ikan-ikan di Danau Bokuok tetap terjaga keberadaannya, di samping itu juga bisa meningkatkan produksi perikanan dan mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Dikatakannya lagi, oleh Menteri KKP Susi Pudjiastuti, DJPB ditargetkan memproduksi benih baik ikan air tawar, payau dan laut sebanyak 25 juta ekor benih pada 2017. Saat ini target tersebut sudah mencapai 200 persen.

“200 persen yang terealisaai, dari 25 juta benih yang ditargetkan sudah 50 juta dan tersebar di 20 provinsi,”
Semantara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Usman Amin dalam sambutaanya menyampaikan, bahwa saat ini Kampar merupakan daerah penghasil terbesar ikan air tawar. Dimana setiap hari bisa surplus 50 sampai 60 ton/harinya.

Hal ini berhasil juga tidak terlepas dari hasil sentra Ikan Patin dengan nama Kampung Patin yang terdapat di Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar, penghasil Ikan Lele atau Kampung Lele Desa Hangtua Kecamatan Perhentian Raja, penghasil Ikan Baung dibendugan Sei Paku Kecamatan Kampar Kiri, serta sentra ikam Jelawat Desa Rana Kecamatan Kampar.

Hanya saja dalam budi daya ikan air tawar kos yang dikeluarkan untuk pakan mencapai 70%, untuk itu gerakan pakan mandiri sangat perlu dikembangkan setiap daerah karena akan bisa mengurangi dari 70% menjadi 60% kebawah. Memang saat ini di kampar sudah tercatat lebih kurang 300 pakan mandiri atau pengolahan pakan ikan sendiri.
Provinsi Riau saat ini sudah mulai melakukan pengolahan pakan ikan dari bahan baku limbah sawit. Untuk itu Kampar yang merupakan pertanian sawit terbesar di Riau, maka Kampar harus melakukan hal ini.

Dalam hal ini selain penaburan bibit ikan, Dirjen juga secara simbolis menyerahkan 1 Paket Pakan Mandiri kepada Kelompok Patin Barokah dan 1 Paket kepada Kelompok Usaha Bersama Kampung Patin Desa Koto Masjid KecXIII Koto Kampar.

Sementara itu kepala Desa Air Sati Abdul Razak mengucapkan terimakasih kepada DJPB yang telah memberikan bantuan bibit, sebab Danau Bokuok ini dalam acara Maau sudah berjalan sebelum kemerdekaan RI. Dalam setiap tahun acara tersebut terus hadir puluhaan ribu masyarakat dan dihadiri terus oleh Gubrenur Riau. (jin)



 
Berita Lainnya :
  • 100.000 Benih Ikan Ditabur di Danau Bokuok Kampar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica