Masih maraknya korupsi dan suap yang dilakukan oleh pejabat negara khususnya di daerah, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengusulkan " />
www.beritaintermezo.com
08:24 WIB - Setelah Setahun Sukses Berkegiatan, BEM FIKOM - UIR Syukuran Ke Panti Asuhan | 08:17 WIB - PT BSP Akan Supprot Kegiatan PWI Riau | 07:51 WIB - Presiden Joko Widodo Lantik Wan Thamrin Gubernur Definitif Riau | 17:37 WIB - Hindari Antrian Panjang, Masyarakat Ramai Urus BPJS di MCS Point | 17:27 WIB - LPPM UIR Seminarkan Tantangan Universitas Hadapi Era Industri 4.0 Bersama Prof. Luiz dari Inggris | 17:00 WIB - Peristiwa Nduga Harus Jadi Bahan Evaluasi Bagi TNI, Polri dan BIN
DPR/MPR Usulkan Perubahan Sistem Pilkada leh DPRD
Sabtu, 10-03-2018 - 08:08:37 WIB

TERKAIT:
 
  • DPR/MPR Usulkan Perubahan Sistem Pilkada leh DPRD
  •  

    JAKARTA (Beritaintermezo.com)-Masih maraknya korupsi dan suap yang dilakukan oleh pejabat negara khususnya di daerah, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengusulkan agar kepala daearah dipilih kembali oleh DPRD. Dipilih oleh DPRD itu sebagai langkah untuk meminimalisir terjadinya politik uang dalam setiap pilkada.

    “Terbukti, pilkada langsung sarat dengan politik transaksional dengan mengandalkan kekuatan uang, modal yang masif dan sudah sangat membahayakan. Sehingga setelah menjabat banyak kepala daerah dari mulai gubernur, bupati dan walikota kena OTT KPK,” tegas politisi Golkar itu, Jumat (9/3/2018).

    Tentu kata Bamsoet, hal itu sangat menyedihkan. Karena itu apakah tidak sebaiknya pemilihan kepala daerah dikembalikan kepada DPRD tingkat provinsi, kota, dan kabupaten. Sedangkan pemilihan anggota DPRD, DPR, dan presiden-wakil presiden tetap dipilih secara langsung oleh rakyat.

    Menurut Bamsoet, pemilihan kepala daerah melalui DPRD sama sekali tidak mengkhianati nilai-nilai demokrasi. “Karena DPRD yang memilih kepala daerah merupakan representasi dari masyarakat di daerah,” ujarnya.

    Bamsoet yakin, DPRD akan memilih kepala daerah yang berkompeten. Sebab, jika asal memilih, DPRD akan berhadapan dengan masyarakat.

    Dengan demikian wacana dipilih DPRD itu perlu dikaji kembali. “Kami sudah sampaikan ke Komisi II DPR. Nanti Komisi II DPR mengomunikasikan ke parpol melalui fraksinya,” pungkasnya.

    Menanggapi banyaknya kepala daerah yang kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK karena melakukan korupsi dan suap, sehingga ada usulan kepala daerah dipilih oleh DPRD untuk meminimalisir politik uang, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mendukung usulan dipilih DPRD tersebut.

    “Soal dipilih oleh DPRD itu, bukan hanya DPR yang memiliki pandangan, tapi MPR juga mendukung. Sebetulnya dari dulu kami sepakat, tapi karena gara-gara PerppuPak SBY, maka wacana itu batal,” kata Zulkifli.

    Menurut Ketum PAN itu, pemilihan kepala daerah melalui DPRD merupakan solusi politik agar tidak ada lagi calon kepala daerah yang kena OTT KPK. Selain itu bisa menghemat anggaran negara dimana, pilkada memerlukan biaya yang besar.

    "Biaya pilkada sangat besar, belum lagi politik uang yang marak, semua tidak mendidik rakyat. Pasang saksi saja yang murah Rp 200 ribu. Paket murah, paket hemat, orang perlu makan, perlu datang, Rp 160 miliar dari mana duitnya? Dari mana bagi-bagi baju, bendera, bagi-bagi kaos, kartu nama, ada masyarakat minta disumbang ini dan itu?" ungkapnya.

    Dengan begitu, maka calon kepala daerah agar dipilih akan berusaha mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya.  “Tapi, darimana uangnya? Makanya saya menyarankan agar semua sama-sama mencari jalan keluar untuk meminimalisir tindak pidana korupsi,” katanya. (Bir).



     
    Berita Lainnya :
  • DPR/MPR Usulkan Perubahan Sistem Pilkada leh DPRD
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    3 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    4 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    5 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    6 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    7 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    8 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica