www.beritaintermezo.com
17:32 WIB - Ini Hadiah Istimewa Firdaus di HUT ke-234 Kota Pekanbaru | 17:28 WIB - Pariwisata, Sektor Baru Penggerak Perekonomian Riau | 17:26 WIB - IR Raih 1 Silver 2 Bronze di i-IDeA 2018 UiTM Perlis Malaysia | 17:23 WIB - Nasruddin Hasan : Jangan Samakan Program Pendidikan Dijawa Dengan Daerah | 17:21 WIB - Kembangkan Wisata Berbasis Budaya, Andi Rachman Disambut Tari Persembahan di Istana Sayap Pelalawan | 17:19 WIB - Heboh, Banjir TKA Cina Malah Didukung Ketum Hanura OSO
Diksi Fiksi Rocky Gerung Bagian Pengetahuan Ilmiah.
Kamis, 12-04-2018 - 17:32:04 WIB

TERKAIT:
 
  • Diksi Fiksi Rocky Gerung Bagian Pengetahuan Ilmiah.
  •  

    JAKARTA, (BI)-Hendardi, Ketua Setara Institute menilai pelaporan atas Rocky Gerung, akademisi UI dan salah satu pendiri SETARA Institute, ke Polda Metro Jaya, itu menunjukkan tidak adanya kejelasan delik-delik yang bisa menjerat seseorang yang diduga melakukan penistaan agama.

    “Pelaporan itu mempertegas bahwa delik penyebaran kebencian atas dasar SARA dalam Pasal 28 ayat (2) UU ITE dan juga delik penodaan agama dalam Pasal 156a KUHP adalah pasal karet yang tidak memiliki batasan presisi pada jenis-jenis tindakan seperti apa delik itu bisa diterapkan itu tidak jelas,” demikian keterangan Hendardi, Kamis (12/4/2018).

    Menurut Hendardi, dengan rumusan yang sumir delik-delik semacam itu maka siapapun bisa dijerat.

    Sejak awal Setara Institute menganggap bahwa ketentuan-ketentuan di atas kata Hendardi, adalah bermasalah dan memasung kebebasan dan hak asasi manusia. “Kasus Rocky dan Ade Armando adalah contoh nyata terbaru bagaimana kebebasan berpendapat dipasung dan bisa dikriminalisasi,” ujarnya.

    Padahal menurut Hendardi, apa yang dikatakan Rocky tentang diksi fiksi adalah bagian dari pengetahuan ilmiah yang bisa diuji secara logis dalam Ilmu Logika.

    Sebagai pengetahuan, maka Rocky bebas menyampaikannya dan bahkan justru memberikan pencerahan banyak orang yang selama ini melekatkan keburukan dan sifat negatif pada diksi yang netral itu.

    “Sebagai pengetahuan pula, maka seyogyanya pandangan Rocky cukup dijawab dengan pandangan yang membantahnya bukan dengan pelaporan pidana. Apalagi pernyataan itu disampaikan dalam forum diskusi dan tegas sekali tidak ada pretensi dan niat jahat merendahkan agama, kelompok, dan lain-lain,” ungkapnya.

    Karena itu dia meminta kepolisian semestinya tidak gegabah memproses laporan-laporan kasus seperti itu karena kebabasan sesungguhnya hak setiap warga negara yang bisa dinikmati dan bukan dipasung.

    “Pembatasan kebebasan berpendapat akan mematikan nalar kritis warga yang justru dibutuhkan untuk memperkuat dan mendewasakan kita berdemokrasi,” ungkapnya.

    Dengan demikian, agar tidak menjadi keranjang sampah laporan-laporan kasus seperti ini, apalagi banyak didasari oleh motif-motif politik, maka Polri harus memiliki pedoman kerja yang rigid dan akuntabel dalam menangani laporan warga.

    “Karena Polri itu bukan alat konstestasi politik, maka kecermatan menangkap motif pelaporan adalah bagian kunci yang harus menjadi pertimbangan Polri dalam bertindak. Jika tidak peka dan presisi dalam bertindak, trial by the mob akan menjadi pola penegakan hukum di negara ini,” katanya. (Bir).





     
    Berita Lainnya :
  • Diksi Fiksi Rocky Gerung Bagian Pengetahuan Ilmiah.
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    4 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    5 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    6 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    7 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    8 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    9 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica