Penyebutan nama Ketum PKB A. Muhaimin Iskandar atau Cak Imin oleh Jokowi sebagai salah satu cawapres dari lima cawapres yang ada dikanton" />
www.beritaintermezo.com
20:00 WIB - PH dan JPU Saling Tolak, Agus Salim Menunggu Keadilan di Putusan Sela | 18:20 WIB - PT RAPP Salurkan Bantuan Banjir untuk Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu | 18:12 WIB - PWI Riau Kunjungi Wartawan Senior Yang Mengalami Sakit. | 14:05 WIB - Syamsuar : Perlu Sinergi Untuk Membenahi Sistem Transportasi Riau | 12:10 WIB - Tim Futsal Polres Meranti Juara di Turnamen Futsal Sago Old Star 2019 | 07:29 WIB - Plt Bupati Serahkan DPA 2019 Kepada OPD Kampar.
Jokowi Sebut Cak Imin Salah Satu Cawapres, Bukti Pengaruh PKB Besar
Selasa, 17-07-2018 - 13:10:39 WIB

TERKAIT:
 
  • Jokowi Sebut Cak Imin Salah Satu Cawapres, Bukti Pengaruh PKB Besar
  •  

    JAKARTA,(BI)-Penyebutan nama Ketum PKB A. Muhaimin Iskandar atau Cak Imin oleh Jokowi sebagai salah satu cawapres dari lima cawapres yang ada dikantonginya, tentu menjadikan Cak Imin dan PKB sangat spesial. Hal itu beralasan, karena suara PKB dan nahdliyin sangat besar.

    “Di pilkada Jawa Timur Saifullah Yusuf – Puti (PKB dan PDIP) dan Jawa Tengah, Sudirman Said – Ida Fauziyah (Gerindra, PKB, PAN, PKS) kenaikan suara di kedua pilgub itu adalah suara PKB sekitar 8 juta. Tentu suara ini jadi pertimbangan politik realistis Jokowi untuk dua periode,” tegas pengamat politik dari Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia ( Sigma), Said Salahudin, Senin (16/7/2018).

    Karena itu kata Salahuddin, kalau PKB meninggalkan koalisi Jokowi, tentu menjadi ancaman tersendiri di pilpres 2019 nanti. Apalagi untuk Pilgub Jateng suaranya 41 % atau sekitar 3 juta milik PKB, sedangkan di Jatim 46 % atau sekitar 5 juta suara PKB. “Memang suara PKB tak bisa dianggap sepele,” ujarnya.

    Dengan demikian kata Salahuddin, meski belum benar-benar ditunjuk sebagai cawapres, tapi penyebutan nama Cak Imin secara langsung oleh Jokowi mempunyai makna politis tersendiri. Sehingga PKB sebagai parpol paling spesial diantara parpol pendukung Jokowi yang lain.

    Cak Imin sebagai cawapres itu menjadi anugerah bagi PKB yang tidak didapatkan oleh parpol pendukung Jokowi lainnya. Apalagi Jokowi mengatakan daftar cawapresnya sudah mengerucut menjadi lima nama. “Itu artinya, selain Muhaimin, tersisa empat nama lagi. Diantara yang empat itu disebut-sebut ada juga nama tokoh dari luar parpol,” ungkapnya.

    Artinya lanjut dia, peluang Golkar, PPP, NasDem, Hanura, dan parpol lain untuk menempatkan kadernya sebagai pendamping Jokowi menjadi semakin kecil. “Penyebutan nama Cak Imin sebagai salah satu cawapres merupakan keberhasilan strategi PKB memengaruhi Jokowi,” jelas Salahuddin lagi.

    Diantara strategi itu sejak jauh-jauh hari Cak Imin dan elit PKB gencar melempar jargon: "PKB akan mendukung Jokowi jika Muhaimin yang menjadi cawapres, meluncurkan JOIN (Jokowi-Cak Imin), Cinta (Cak Imin untuk Indonesia), Jokowi akan terancam kalah”, dan lain lain.

    Strategi PKB itu terbukti efektif. Sebab jika syarat itu tidak dipenuhi, maka jika dibaca secara 'a contrario' itu artinya ada kemungkinan PKB akan mendukung capres yang lain. Ini kata dia, tentu tidak diharapkan oleh Jokowi.

    Strategi PKB itu bahkan seolah menempatkan dirinya sebagai kelompok 'oposisi'. “Strategi politiknya komunikasi langsung dengan SBY, Prabowo dan lain-lain untuk menjajaki peluang poros ketiga. Termasuk dengan kubu Prabowo. Jadi, PKB cukup berhasil meski belum pasti menjadi cawapres Jokowi,” pungkasnya.(Bir)



     
    Berita Lainnya :
  • Jokowi Sebut Cak Imin Salah Satu Cawapres, Bukti Pengaruh PKB Besar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    3 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    4 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    5 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    6 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    7 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    8 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica