Seluruh elemen masyarakat perlu dibangkitkan semangatnya untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan pemilu dan memiliki keberpihakan pada per" />
www.beritaintermezo.com
01:59 WIB - BAPETEN Beri Penghargaan Kepada APRIL Grup | 01:55 WIB - Imnas Bengkulu Ingatkan Oknum Humas Bermain Dana Publikasi | 10:09 WIB - Sabet Juara I di Tiga Kejuaraan UKM LBC Serahkan Tropi ke Rektor | 10:07 WIB - Umat Nasrani Dukung Kegiatan 300 Ribu Pemuda Hijrah | 10:05 WIB - Lagi, Caleg Gerindra Divonis 3 Bulan Penjara | 13:47 WIB - Kota Bengkulu dan Iran Kerjasama Pengolahan Air Bersih dengan Teknologi Nano
DPD Minta Parpol Ajak Pemilih Tidak Pragmatis
Kamis, 28-02-2019 - 16:11:58 WIB
Wakil Ketua DPD RI, Akhmad Muqowam
TERKAIT:
 
  • DPD Minta Parpol Ajak Pemilih Tidak Pragmatis
  •  

    JAKARTA, (BI)-Seluruh elemen masyarakat perlu dibangkitkan semangatnya untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan pemilu dan memiliki keberpihakan pada perbaikan kualitas demokrasi.

    Demikian disampaikan Wakil Ketua DPD RI, Akhmad Muqowam dalam dialog interaktif "Pemilu dan Problematikanya"  di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (26/2/2019).

    Kalau tidak kata Muqowam, pelaksanaan pemilu disadari atau tidak semakin terlihat sebagai rutinitas semata. KPU sudah menjalankan tugasnya secara maksimal, namun pemilih masih pragmatis.

    "KPU sudah maksimal, tapi jika pemilih bersikap pragmatis. Yaitu, pemilih lebih memilih politik uang dibandingkan hati nuraninya untuk memilih caleg maupun capres yang berkualitas," ujarnya.

    Karena itu dia meminta parpol dan caleg memberikan berperan aktif untuk kualitas demokrasi yang lebih baik. Di sisi lain, pemilih juga harus menyadari upaya perbaikan kualitas kehidupan berbangsa itu tidak terlepas dari partisipasi di pemilu 2019 ini.

    Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah, Paulus Widiyantoro mengatakan sebagai penyelenggara pemilu,  KPU memiliki kewajiban untuk  mendidik pemilih agar sadar hak dan kewajibannya. Sedangkan pendidikan politik menjadi kewenangan parpol dan peserta pemilu.

    “Peserta dan pemilih harus koreksi diri dan menyadari pentingnya pelaksanaan pemilu untuk masa depan bangsa yang lebih baik. Jadi, baik penyelenggara, peserta dan pemilih, harus ada niat baik untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas,” kata Paulus.

    Senada dengan Paulus, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Fajar Saka mengatakan pihaknya mengutamakan pencegahan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh para calon legislatif, jika upaya sosialisasi ini tidak berhasil maka akan dilakukan penindakan.

    Fajar menambahkan, untuk menghentikan kebiasaan politik uang adalah pendidikan politik bahwa hal itu merusak proses demokrasi. Kami sudah mensosialisasikan bahwa akan dilakukan penindakan dalam aspek pidana untuk yang terbukti melakukan pelanggaran.

    "Termasuk mensosialisasikan pihak-pihak yang telah terbukti melakukan pelanggaran dan dihukum secara pidana, tujuannya untuk menimbulkan efek jera," tambahnya.

    Sementara itu, Kadiv Humas Kepolisian Jawa Tengah, Agus Triatmaja menjelaskan pihaknya telah mendeteksi berbagai potensi konflik termasuk memetakan daerah yang rawan konflik. Selanjutnya, menyusun strategi pengamanan sesuai dengan potensi tiap-tiap daerah.

    "Setiap tahapan pemilu selalu dilakukan penjagaan, dengan jumlah personil yang berbeda-beda melihat dari kategori kerawanan daerah. Sehingga kami berharap pemilu berjalan dengan  lancar dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan," ujar Agus.(Bir)



     
    Berita Lainnya :
  • DPD Minta Parpol Ajak Pemilih Tidak Pragmatis
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    3 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    4 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    5 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    6 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    7 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    8 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica