www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
Bupati Karimun Canangkan Satu Hari Satu Ayat Alquran DiSekolah
Sabtu, 11-03-2017 - 08:45:41 WIB
TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com) - Karimun Aunur Rafiq mencanangkan program satu hari satu ayat (one day one ayat) Al-Qur'an bagi seluruh siswa sekolah mulai jenjang SD hingga SMA. Launching program itu dilaksanakan dasar di SMP Negeri 2 atau juga disebut SMP Binaan Tebing, Karimun, Jumat (10/3) pagi.

"Program one day one ayat ini sudah menjadi pemikiran pemerintah Karimun terdahulu, ketika Bupati dijabat Pak Nurdin dan saya sebagai Wakil Bupati. Namun, baru pada hari ini atas izin Allah baru bisa dicanangkan dan dilaunching untuk sekolah-sekolah," ungkap Rafiq.

Kata Rafiq, tujuan dilaksanakan program itu adalah untuk membangun karakter generasi muda Karimun agar semakin cinta dan termotivasi untuk belajar membaca Al-Quran dengan cara menghafalnya dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari nantinya untuk masa depan mereka di waktu yang datang.

"Tujuan kedua adalah untuk melatih kualitas sumberdaya manusia. Insya Allah, sama-sama kita ketahui, sesama umat muslim bagi orang-orang yang hafal Al-Quran akan diberikan kecerdasan oleh Allah SWT. Kemudian, juga diberikan keimanan yang kuat, perilaku yang baik dan warna sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Karimun," tuturnya. 

Menurut Rafiq, dalam pelaksanaannya, program one day one ayat akan dimasukkan dalam muatan lokal di sekolah-sekolah. Program itu masuk dalam bidang studi agama Islam, para siswa dimintakkan untuk menghafal satu ayat yang dimulai dari ayat-ayat pendek yang ada dalam Al-Quran setiap hari.

Rafiq menyebut, program one day one ayat juga sebagai motivasi bagi siswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan, Pemkab Karimun juga akan memberikan kebijakan bagi siswa SD yang hafal Al-Quran 10 atau 5 juzz, maka akan diberikan rekomendasi masuk ke SMP Binaan.

Begitu juga, untuk siswa SMP yang hafal 15 atau 20 juzz Al-Quran juga diberikan rekomendasi untuk masuk ke SMA unggulan yang juga memperoleh rekomendasi dari Pemerintah Daerah. Bahkan, jika ada siswa tamatan SMA yang hafal 30 juzz maka akan diberikan kemudahan untuk masuk perguruan tinggi di Karimun.

Kepala Dinas Pendidikan Karimun menyambut baik kebijakan Bupati Karimun yang telah membuat program one day one ayat bagi seluruh sekolah yang ada di Karimun. Menurut dia, program tersebut jelas akan menjadikan anak-anak Karimun, khususnya yang muslim seorang hafids Al-Quran.

"Sudah banyak program yang dibuat pemerintah daerah Karimun untuk menjadikan anak-anak Karimun menjadi anak yang Qurani. Maka tak heran, banyak diantara anak-anak Karimun yang sudah hafidz Al-Quran. Bahkan tak sedikit juga yang mengikuti MTQ tingkat internasional seperti di Malaysia dan Iran," pungkasnya. (Tambunan)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Karimun Canangkan Satu Hari Satu Ayat Alquran DiSekolah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica