www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
Diresmikan Presiden Joko Widodo, Pulau Asam Dijadikan KEK
Senin, 03-04-2017 - 09:55:14 WIB

TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com)-Presiden Joko Widodo bakal meresmikan Pulau Asam menjadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Persyaratannya sedang dipersiapkan Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Ada tiga persayaratan yang tengah dipersiapkan, salah satunya adalah analisis makro ekonomi.

"Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, maka Bapak Presiden akan meresmikan Pulau Asam menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. Rencananya, peresmian itu akan dilakukan pada tahun ini juga.
Semua tim tengah bekerja untuk menyiapkan proses dokumentasi. Sebab, tahun depan sudah dimulai," ujar Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kepri Syamsul Bahrum di Tanjungbalai Karimun. 

Kata Syamsul, Pemerintah Provinsi Kepri bersama Pemerintah Kabupaten Karimun tidak hanya menjadikan Pulau Asam di sisi barat Pulau Karimun Besar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Namun, kedepan pulau itu akan dijadikan sebagai kawasan kota baru di Kabupaten Karimun.

"Di Pulau Asam, Karimun sudah investasi tiga perusahaan besar yang bergerak di bidang Oil Storage Terminal, Shipyard, Logistic Base, pariwisata dan trading. Selain sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Pulau Asam juga akan dijadikan sebagai kawasan kota baru di Karimun," tutur Syamsul.

Menurut dia, dengan masuknya investasi perdagangan, mau tak mau Pulau Asam yang sebelumnya tidak berpenduduk maka kedepan akan didiami oleh masyarakat. Menurut dia, masyarakat yang ada disana nantinya bukan hanya sebagai penghuni melainkan juga sebagai penduduk. Antara penghuni dan penduduk memiliki arti yang berbeda.

Dijelaskan, untuk penyiapan infrastruktur di Pulau Asam membutuhkan waktu sekitar 3 tahun. Kemudian, operasional akan dimulai pada tahun keempat. Sementara, tahun kelima perusahaan bisa beroperasi secara penuh. Diminta, semua pihak bisa memberi dukungan untuk menjadikan Pulau Asam sebagai kawasan baru di Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq sebelumnya menyambut baik adanya informasi kalau Pulau Asam direstui menjadi KEK oleh pemerintah pusat. Menurut dia, dengan direstuinya Karimun menjadi KEK, maka akan membuka iklim investasi yang makin baik di Karimun. Disamping investasi yang sudah ada di kawasan itu.

Dijelaskan, payung hukum yang mengatur tentang Kawasan Ekonomi Khusus adalah UU No 39 tahun 2009 diteruskan dengan Peraturan Pemerintah No 02 tahun 2011. Sejak terbitnya UU dan PP tersebut, sebenarnya sudah ada beberapa wilayah di Indonesia KEK nya mulai berjalan.

"Kawasan Ekonomi Khusus adalah suatu kawasan yang memiliki suatu keterbatasan wilayah yang diberikan keunggulan secara geografis, geo ekonomis yang diberikan izin untuk melaksanakan kegiatan ekspor-impor, penyimpan logistik, peningkatan SDM, energi dan kegiatan lainnya," tutur Rafiq. (tambunan)



 
Berita Lainnya :
  • Diresmikan Presiden Joko Widodo, Pulau Asam Dijadikan KEK
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica