www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
Dinas Pariwisata Karimun Adakan Lomba Lampu Colok Ramadhan
Selasa, 23-05-2017 - 08:55:56 WIB
Lampu Colok (Int)
TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com)-Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Karimun kembali menyelenggarakan lomba lampu colok (lampu hiasan dengan lampu minyak tanah) yang menghiasi malam pada Bulan Ramadhan tahun 1438 Hijriyah ini. Lomba lampu colok yang sudah menjadi daya tarik bagi wisatawan di Karimun ini sempat hilang sejak lima tahun lalu. Kepala Seksi Atraksi Promosi dan Kerjasama Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Karimun Benny Yudhistira kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/5) mengatakan, banyak pihak yang menyayangkan tidak diselenggarakannya lomba lampu colok sejak 5 tahun belakangan ini.

"Pada Ramadhan tahun ini, kita akan mengadakan festival gerbang lampu colok yang sudah sejak lima tahun tidak kita adakan. Tahun ini, festival itu akan kita upayakan semeriah mungkin. Sehingga, nantinya bisa menjadi momen yang indah bagi perantauan yang akan pulang kampung ke Karimun," ungkap Benny.

Kata Benny, indahnya cahaya lampu colok yang menghiasi jalan di Karimun akan menjadi pemandangan luar biasa bagi perantauan yang akan pulang kampung serta bagi para wisatawan luar negeri yang ingin berkunjung ke daerah ini, khususnya wisatawan dari negeri serumpun yang memiliki kebuyaan sama.

Menurut dia, festival lampu colok merupakan tradisi masyarakat Melayu Islam pesisir. Budaya ini sudah dilakukan selama turun temurun sejak dahulu di Karimun. Hanya saja, pemasangan lampu colok di malam Ramadhan sedikit mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, sesuai dengan perkembangan zaman.

"Saat ini, sudah 19 kelompok masyarakat yang mendaftar sebagai peserta Festival lampu colok. Dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar ini, maka bisa dipastikan kalau festival ini memang sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat Karimun. Mereka bukan mengejar hadiah semata, melainkan ingin menyemarakkan malam bulan Ramadhan," jelasnya.

Pihaknya akan terus membuka pendaftaran hingga puncak penilaian pada tanggal 17 dan 18 Juni 2017 mendatang. Untuk kriteria penilaian, seperti bangunannya yang bernuansa Islami, keindahan dan kemeriahannya, partisipasi masyarakat untuk pengadaan lampu colok sepanjang jalan dan setiap rumah, serta memiliki tinggi yang tidak mengganggu jalan raya dan memakan badan jalan.

Soal hadiah, Benny menyebut, untuk hadiah, pemerintah telah menyiapkan Rp9 juta untuk terbaik pertama, Rp7 juta untuk terbaik kedua, Rp5 juta untuk terbaik ketiga, Rp3 juta untuk juara harapan satu, serta Rp2 juta untuk juara harapan2. Semua hadiah bagi pemenang dipotong dengan pajak.

Benny berharap, iven tahunan saat bulan Ramadhan ini akan selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Dia juga meminta kepada masyarakat Karimun dapat terus berpartisipasi menggelar festival tersebut. Untuk pengamana, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Pemadam Kebakaran, Kepolisian, serta Dinas Perhubungan. (hk/tambunan)



 
Berita Lainnya :
  • Dinas Pariwisata Karimun Adakan Lomba Lampu Colok Ramadhan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica