www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Tingkatkan Pemahaman, Baznas Karimun Berikan Bimtek Kepada 70 UPZ
Rabu, 24-05-2017 - 07:41:11 WIB

TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com)-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada 70 petugas Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di pulau Karimun bertempat di aula Masjid Agung Karimun, Selasa (23/5). Bimtek tersebut menghadirkan narasumber dari Baznas Provinsi Kepri Cahyo dan Wakil Ketua Baznas Karimun, Nasrial.

"Tujuan dilaksanakan Bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para UPZ dalam pengumpulan dana zakat, infak dan sedekah. Dengan begitu, maka diharapkan petugas UPZ bisa meningkatkan profesional dalam pengumpulan dana ZIS di setiap daerah. Sehingga, bisa membantu Pemerintah Daerah dalam pengentasan kemiskinan di daerah ini," ungkap Nasrial.

Kata Nasrial, para UPZ yang dikumpulkan sebanyak 70 orang itu berasal dari petugas UPZ kantor yang terdiri dari petugas UPZ kantor Pemerintahan Daerah maupun instansi vertikal seperti Kepolisian dan sebagainya. Kemudian petugas UPZ masjid yang ada di pulau Karimun ini.

Menurut dia, ketika para UPZ sudah memiliki pengetahuan tentang pengumpulan dana ZIS dari para narasumber, maka ke depannya para petugas UPZ dapat memberikan pelayanan terhadap Muzaki (orang yang berzakat,red). Artinya, para petugas tersebut bagaimana menarik para Muzaki lainnya untuk menyisihkan pendapatannya bisa berzakat, infaq maupun bersadaqah.

"Jika dalam dunia perdagangan, para UPZ itu diibaratkan seperti seorang sales. Mereka harus benar-benar mampu mempromosikan kepada umat muslim, agar berzakat, infaq dan sadaqah. Nah, tidak lama lagi memasuki bulan suci Ramadhan, mari kita berlomba-lomba beramal dan bersedekah," ujar Nasrial.

Dijelaskan, Baznas Karimun dalam pengumpulan dana zakat pada tahun 2016 lalu sudah mencapai Rp2,3 Miliar lebih. Dan pada triwulan pertama di tahun 2017 ini sudah menyalurkan dana zakat sebanyak Rp351 Juta lebih kepada para penerima zakat yang ada di Kabupaten Karimun termasuk bantuan beasiswa pendidikan, bantuan insentif dan modal usaha.

Cahyo, dari Baznas Provinsi Kepri memberikan apreasiasi kepada Baznas Karimun yang telah berhasil mengumpulkan dana zakat melampaui target yang ditentukan oleh Baznas Provinsi. Ini membuktikan kalau kinerja para UPZ sudah berjalan sangat baik. Begitu juga, kesadaran masyarakat dalam membayar zakat juga sudah cukup tinggi.

"Jumlah zakat yang terkumpul di Karimun paling tinggi di Kepri. Saya bangga melihat tingginya jumlah dana zakat yang berhasil dikumpulkan di daerah ini. Banyaknya zakat yang terkumpul ini, membuktikan kalau kesadaran masyarakat dalam membayar zakat sudah bangat baik," pungkasnya. (hk/tambunan)



 
Berita Lainnya :
  • Tingkatkan Pemahaman, Baznas Karimun Berikan Bimtek Kepada 70 UPZ
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica