www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
DPRD Karimun Laporkan Ada Calo Pengurusan Paspor
Selasa, 16-01-2018 - 10:01:09 WIB

TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com)-DPRD Karimun menerima laporan masyarakat adanya praktek percaloan dalam pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Klas II Tanjungbalai Karimun. Laporan mengenai pengurusan paspor non prosedural itu akhirnya ditindaklanjuti Komisi I DPRD Karimun untuk meminta penjelasan langsung dari Kepala Kantor Imigrasi Karimun Mas Arie Yuliansha Dwi Putra, Senin (15/1) pagi.

Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Karimun Anwar Abu Bakar dari PAN, didampingi sejumlah anggota seperti Sulfanow Putra dari PDIP, Rodiansyah dari Hanura dan Rohani dari Partai Golkar. Politisi DPRD Karimun itu disambut Kakanim Karimun Mas Arie didampingi sejumlah stafnya.

Ketua Komisi I DPRD Karimun Anwar Abu Bakar usai pertemuan itu mengatakan, pihaknya menerima informasi dari masyarakat terkait adanya praktek percaloan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Karimun. Informasinya, praktek tersebut sudah lama berlangsung dengan meminta imbalan uang hingga jutaan rupiah.

"Kami sudah menyampaikan informasi yang diterima dari masyarakat terkait adanya percaloan di Kantor Imigrasi Klas II Tanjungbalai Karimun. Alhamdulillah, pihak Imigrasi berjanji akan menindaklanjuti dan membenahi sistem yang ada di kantor ini dengan memperketat pengawasan internal," ungkap Anwar Abu Bakar, kemarin.

Anwar Abu Bakar menyebut, hasil dari pertemuan tersebut akan ditindaklanjutinya dengan mendatangi Dirjen Imigrasi di Jakarta. Untuk laporan dari masyarakat, pihaknya akan berusaha terus mencarikan solusi atau jalan keluar terbaik. Sehingga, tidak ada simpang siur informasi lagi yang beredar di masyarakat soal pengurusan paspor.

"Kami menyambut baik rencana dari Kantor Imigrasi Klas II Tanjungbalai Karimun yang akan melakukan pembenahan, baik secara internal maupun menindak pihak lain yang melakukan percaloan pengurusan paspor. Mudah-mudahan dengan niat ini akan terjadi perubahan lebih baik lagi dalam hal pengurusan paspor di Karimun," terang Anwar.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Klas II Tanjungbalai Karimun Mas Arie Yuliansha Dwi Putra mengucapkan terima kasih atas informasi yang disampaikan anggota DPRD Karimun. Dirinya menyebut, indikasi yang disampaikan anggota dewan itu belum bisa ditemukan kepastiannya.

"Menurut laporan intelijen yang melaporkan kepada saya, ada pihak ketiga yang memanfaatkan situasi dan kemudian meminjamkan ID dan paspor warga negara Malaysia serta nomor telepon. Kemudian, secara pribadi warga Karimun itu sendiri mengundang dan meminta mereka membayar antara Rp800 ribu sampai Rp2.300 ribu. Dari Malaysia itu sendiri mereka membayar antara 100 sampai 150 Ringgit Malaysia," terang Arie.

Kata Arie, indikasi kedua pihaknya telah memecat dua orang pegawai di Kantor Imigrasi Klas II Tanjungbalai Karimun yang tertangkap tangan dalam hal kepengurusan paspor dan mempercepat jadinya paspor. Kedua pegawai itu, satu orang di bagian cleaning service dan satu lagi di bagian cetak paspor.

"Petugas cleaning service itu membantu orang dengan biaya tambahan Rp150 ribu per kepala. Dan bagian cetak paspor itu juga tertangkap tangan melakukan transaksi transaksi yang tidak semestinya di belakang kantor. Keduanya langsung saya berhentikan saat itu juga," pungkas Arie. (hk/hen)



 
Berita Lainnya :
  • DPRD Karimun Laporkan Ada Calo Pengurusan Paspor
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica