www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Kehabisan Bahan Bakar, Kapal Pengangkut Kelapa Dari Inhil Tenggelam di Laut Karimun
Selasa, 16-01-2018 - 10:05:33 WIB

TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com) - Kecelakaan laut terjadi di Perairan Karimun, Senin (15/1). Kapal Motor (KM) Ariel Jaya 03 bermuatan sekitar 40 ton kelapa bukat tenggelam di perairan antara Durai dan Moro.

Insiden ini tidak menelan korban jiwa. Semua awak kapal berhasil diselamatkan dua kapal yang melintas di perairana tersebut. Informasi yang dihimpun, KM Ariel Jaya berlayar  berklayar sekitar pukul 09.00 WIB dari Sungai Dendan, Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau tujuan Batam.

Namun dalam perjalanan, tepatnya di Perairan Kepala Riau, Moro, sekitar pukul 14.00 WIB, kapal tersebut kehabisan bahan bakar. Kapal itu pun terbawa arus dan terseret ombak hingga ke Perairan Rukau Besar dan Rukau Kecil, Kecamatan Durai.

"Saat kehabisan bahan bakar, kapal itu hanyut dan kandas di atas batu di Pulau Rukau Besar. Saat terduduk itu, ada 2 kapal yang melintas, yakni KM Zulfikar dan KM Aulia Jaya serta kapal patroli Posal Moro. Kedua kapal tersebut kemudian menyelamatkan para ABK kapal KM Ariel," ungkap warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Informasi adanya kapal tenggelam pun akhirnya sampai juga ke Mako Lanal Tanjungbalai Karimun. Danlanal Letkol Laut (P) Totok Irianto menugaskan anggota Posal Moro untuk melakukan proses Searc dan rescue (SAR) dan evakuasi korban ke pulau terdekat.  

"Pada hari Sabtu, tanggal 13 Januari 2018, KM Ariel Jaya tenggelam sebagian badan di Perairan Rukau. Muatan kelapa habis terbawa arus air laut. Senin, (15/1) sekitar pukul 06.00 WIB, awak kapal tersebut ditolong kapal jaring yang melintas karena melihat 3 orang ABK kapal yang melambaikan tangan," ungkap Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Totok Irianto, kemarin.

Kata Totok, saat ini kapal masih bisa dikandaskan di Pulau Besar, Kecamatan Moro. Sebagian ABK kapal telah dibawa ke Pulau Durai oleh kapal nelayan jaring yang tengah melaut di sekitar perairan itu dan dievakuasi ke daerah itu.
Sementara, 1 ABK lainnya berada di kapal sambil menunggu air pasang agar kapal tersebut bisa dievakuasi ke Moro.

" Kapal itu akan dievakuasi  ke Pulau Durai oleh kapal lain dari Guntung dan dibantu oleh kapal patroli Posal Moro dan Posmat Durai TNI AL Tanjungbalai Karimun. Proses evakuasi masih menunggu air surut dan akan dipasang drum sebagai pelampung kapal. Selanjutnya, akan ditarik saat air laut pasang. (hk/hen)



 
Berita Lainnya :
  • Kehabisan Bahan Bakar, Kapal Pengangkut Kelapa Dari Inhil Tenggelam di Laut Karimun
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica