www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Dewan Minta Pemkab Beri Pelatihan Kepala Desa
Jumat, 30-09-2016 - 17:34:12 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com) - kepala desa yang baru dilantik harus diberikan pelatihan tentang ilmu pemerintahan desa. Hal ini perlu dilakukan mengingat peran kepala desa merupakan ujung tombak awal dari jalannya pemerintahan daerah. Sebagai institusi yang berhadapan langsung dengan masyarakat tentunya diperlukan penguatan ilmu.

Demikian dikatakan Ketua Komisi A DPRD Rohil, Abu khoiri disela-sela hearing dengan Pemkab Rohil, Kamis (29/9) siang diaula kantor DPRD Rohil, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi. Hearing itu tampak dihadiri oleh asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rohil Rusli Syarif S Sos Msi, Sekretaris Bapemas Syamsul Kidul, Kabag Tapem Ahmad Aslan, Kabag Pemdes Jasrianto, dan Kabag Hukum Fadli SH serta Camat serohil.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akrab disapa Aboy itu mengatakan memang sudah seharusnya kepala desa atau Datuk penghulu yang baru menjalani pelatihan ilmu kepemerintahan desa beserta segala pola kerja administrasinya. Selain itu, Kepala desa nantinya juga akan mengeluarkan produk hukum sendiri yang mengatur pemerintahan suatu desa, sesuai dengan kebutuhan hukum yang diperlukan oleh desa masing-masing.

Produk Hukum yang dimaksud sebutnya seperti peraturan desa yang nantinya akan disahkan oleh pemerintah daerah. Dimana muatan hukum yang dimiliki oleh peraturan desa itu sangat kuat jika memang digunakan dan sesuai dengan kesepakatan bersama masyarakat. "saat ini kepala desa sudah dilantik semua yang tentunya kepala desa yang baru juga melakukan perombakan dan pembentukan staf pembantunya. Namun hal itu hendaknya harus dipertimbangkan dari berbagai aspek, "Pesannya.

Ia mengingatkan kepada kepala desa agar semua langkah yang diambil harus mempunyai kandungan isi yang kuat, jangan hanya dilakaukan untuk proses sementara karene mempertimbangkan keuntungan kelompok saja, akan tetapi semua itu harus dilandasi dengan hukum yang kuat.

Selain belajar pola pemerintahan, pelatihan kepala desa untuk penggunaan ADD dan dana lainnya yang dialokasikan oleh pemerintah untuk desa juga harus sesuai penggunaannya. Jangan sampai dana yang digunakan salah sasaran bisa mendatangkan efek buruk pada desa itu sendiri nantinya.

"Desa harus tampil maksimal dalam segala hal, terlebih lagi sudah dipilih oleh masyarakat secara demokratis. Jadi semuanya sudah harus bagus dalam melaksanakan tugas mulianya untuk mengayomi masyarakat, "pungkasnya.  (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Dewan Minta Pemkab Beri Pelatihan Kepala Desa
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica