www.beritaintermezo.com
12:06 WIB - Periksa 28 Kotak Suara : Bawaslu Riau nyatakan KPU Rohul Tidak Melakukan Pelanggaran. | 10:45 WIB - Majukan Pelalawan, RAPP dan MKP Jalin Silaturahmi | 10:38 WIB - Pemkot Bengkulu Dukung Kampanye Stop Rokok Ilegal | 19:49 WIB - Kerjasama Telkomsel, UIR Gunakan 6 Aplikasi Berbasis Online | 08:21 WIB - Terima Laporan Kecurangan, Bawaslu Riau Selenggarakan Sidang Administrasi Acara Cepat di Rohul dan S | 09:45 WIB - RAPP Hibahkan Gedung Baru SPKT Polres Pelalawan Kepada Kapolda Riau
Bencana Banjir Bengkulu Ditetapkan Status Siaga Darurat
Senin, 29-04-2019 - 07:17:52 WIB

TERKAIT:
 
  • Bencana Banjir Bengkulu Ditetapkan Status Siaga Darurat
  •  

    Bengkulu (Beritaintermezo.com) - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah  mengatakan dari hasil pemantauan lapangan dan laporan semua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten dan Kota, serta termasuk juga hasil kajian tim reaksi cepat penanganan penanggulangan bencana alam yang hampir terjadi merata di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Bengkulu, untuk korban jiwa terdata sudah sebanyak 10 orang, 8 orang dinyatakan hilang, 2 orang luka berat dan 2 orang luka ringan. Hal tersebut diungkapkan Gubernur dalam keterangan persnya di kantor BPBD Provinsi Bengkulu.

    Untuk jumlah pengungsi memasuki hari kedua bencana banjir dan longsor, terdata mencapai 12 ribu orang dan 13 ribu jiwa yang terkena dampak bencana.

    Sedangkan dari sisi sosial ekonomi masyarakat, jumlah ternak yang mati, sapi sebanyak 106 ekor, kambing atau domba 21 ekor dan kerbau sebanyak 4 ekor.

    “Untuk kerusakan infrastruktur sangat masih terjadi dalam wilayah Bengkulu, termasuk di wilayah jalan nasional dan provinsi di kawasan jalur lintas barat Sumatera, dan juga pemukiman masyarakat, dilaporkan jumlah rumah yang mengalami rusak berat 184 unit, fasilitas pendidikan 4 unit, jalan dan jembatan, gorong-gorong di 15 titik tersebar dalam wilayah Provinsi Bengkulu,” ungkap Gubernur, Minggu, (28/4/2019).

    Gubernur menjelaskan bahwa dampak dari bencana alam banjir dan longsor yang merata terjadi dalam wilayah Provinsi Bengkulu ini, yang menyebabkan hampir keseluruhan infrastruktur mengalami kerusakan, ditarsir kerugian yang dialami mencapai ratusan milyar rupiah.

    “Dengan kejadian bencana ini, sebagai bahan evaluasi sekaligus menyusun tindak lanjut penanganan masa panik, dan persiapan kita dalam upaya rehabilitasi pasca dua hari bencana. Apalagi Pemprov bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota serta pihak terkait, kita sudah mendirikan pos pengungsian, termasuk untuk tanggap darurat berupa penyediaan pangan dalam bentuk dapur umum di beberapa titik,” jelasnya.

    Meskipun demikian, ia atas nama Kepala Daerah juga telah menghimbau seluruh elemen masyarakat baik itu instansi pemerintah vertikal, swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ikut bersama-sama berkontribusi dalam bentuk memberikan bantuan terutama masa panik dan pasca bencana.

    “Kita akui masyarakat yang masih banyak terisolasi membutuhkan bahan pangan, karena rumah mereka tidak bisa difungsikan. Begitu juga yang dibutuhkan di bidang kesehatan berupa obat-obatan termasuk, selimut. Mari kita bersama-sama berpartisipasi untuk berkontribusi penangangan bencana di Bengkulu ini,” imbuhnya.

    Selain itu, Gubernur juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota, agar mengusulkan peningkatan status, siaga darurat atau tanggap darurat dari dampak bencana alam. Kemudian juga melakukan evaluasi terhadap kebutuhan bahan pokok masyarakat setempat dan langsung mendistribusikan ke korban bencana.

    “Kita juga minta kepada pihak PLN agar jaringan listrik dapat berfungsi dengan kondisi aman pada titik-titik bencana, agar aktifitas pengungsi korban banjir dan longsor bisa tetap berjalan sebagai mana yang diharapkan. Termasuk juga kepada pihak Pertamina soal kesiapan stok BBM,” pungkasnya. (Ert)



     
    Berita Lainnya :
  • Bencana Banjir Bengkulu Ditetapkan Status Siaga Darurat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    3 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    6 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    7 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    8 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica